1. Startup

Apps For Wordpress: Satu Tempat Untuk Segala Macam Aplikasi

Beberapa hari yang lalu, kerjasama antara Hootsuite dan Wordpress bisa membawa blogging pada babak baru, meski tentu, karena kerjasama ini baru saja terjadi, masih akan banyak kekurangan disana-sini. Kerjasama Wordpress dengan Hootsuite ini hanya salah satu kerjasama aplikasi yang bisa dinikmati oleh para user Wordpress. Dan aplikasi berbasis web memang banyak sekali, termasuk aplikasi yang dikeluarkan oleh satu penyedia jasa internet, seperti Wordpress.

Kini, Wordpress mempunyai satu tempat khusus untuk aplikasi-aplikasi mereka. Apps for WordPress merangkum dan mencatat aplikasi apa saja yang tersedia yang berhubungan dengan Wordpress, seperti Hootsuite, lalu untuk anda yang menggunakan iPhone ada beberapa aplikasi seperti Wordpress for iPhone, lalu untuk pengguna BlackBerry juga tersedia Wordpress untuk BlackBerry.

Untuk pengguna desktop juga terdapat kelompok ketegori yang termasuk Desktop Apps seperti BloGTK, ScribFire, Windows Live Writer dll. Untuk anda yang sangat tergantung pada aplikasi microblgging kini juga tersedia. Dan menurut blognya, aplikasi ini tergolong baru. Aplikasi yang ada antara lain seperti Tweetie 2 dan Twitterrific untuk pengguna iPhone, Twidroid untuk pengguna Android, dll.

Sepertinya membuat directory atau apps store sendiri akan menjadi salah satu trend untuk aplikasi-aplikasi berbasis web, terutama bagi mereka yang telah membuka API bagi para pihak pengembang yang memungkinkan terbentuknya aplikasi-aplikasi lain yang mungkin tidak terpikirkan oleh produsen situs itu sendiri.

Apakah trend ini juga akan masuk ke tanah lokal? Untuk startup internasional mungkin iya, untuk startup lokal, yang rata-rata masih belum membuka API secara luas, tapi rasanya jalan kesana sudah cukup terbuka, tinggal tunggu waktu.

Saya jadi ingat beberapa komentar tentang tahun 2010 adalah tahunnya API, artinya sudah saatnya para starup lokal membuka API mereka, selain memberi kesempatan pada pihak pengembang ketiga untuk ikut aktif, open API juga saya pikir bisa menjadi sarana mengukur tingkat popularitas aplikasi tertentu.

Bagaimana pendapat anda? Apakah menurut anda trend apps store ini akan bertumbuh pesat di tahun 2010? Lalu, apakah anda setuju tahun 2010 adalah tahun open API untuk startup lokal? Atau anda punya pendapat lain? Tentu, saya akan sangat penasaran menanti komentar anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again