1 August 2013

by Iqbal Farabi

App Annie: Google Play Menang Jumlah Unduhan, iOS App Store Unggul Jumlah Pendapatan

Jika Anda pemerhati pasar aplikasi mobile, tentunya Anda sudah tidak asing dengan App Annie yang secara berkala selalu merilis App Annie Index yang berisi laporan mengenai kondisi terakhir pasar aplikasi mobile. Baru-baru ini App Annie merilis App Annie Index untuk kuartal kedua 2013. Nah, seperti apa kondisi pasar aplikasi mobile saat ini?

Secara umum, pasar aplikasi mobile masih mirip dengan beberapa laporan App Annie Index sebelumnya. Google Play masih unggul dalam total jumlah unduhan dengan selisih yang tipis dari iOS App Store. Jumlah unduhan terbesar bagi Google Play datang dari AS, Korea Selatan, Jepang, Rusia dan Brazil. Sementara jumlah unduhan iOS App Store terbanyak datang dari AS, Cina, Jepang, Inggris Raya, dan Rusia.

Situasi berbeda ketika berbicara mengenai total jumlah  pendapatan aplikasi. iOS App Store unggul dalam total jumlah pendapatan dengan jumlah 2,3 kali lipat lebih banyak dari Google Play. Meskipun demikian, angka ini sebenarnya menunjukkan tren yang cukup postifi bagi Google Play. Secara kontinu, Google Play berhasil memperkecil selisih total jumlah pendapatan aplikasi ini. Selisih ini berturut-turut berkurang, mulai dari iOS App Store memiliki total pendapatan 4 kali lipat, 3,5 kali lipat, hingga terakhir 2,6 kali lipat dari total pendapatan Google Play.

Berdasarkan kategori aplikasi, games masih memimpin baik jumlah total unduhan maupun jumlah total pendapatan di iOS. Meskipun di peringkat selanjutnya, komposisinya berbeda cukup jauh antara statistik total unduhan dan total pendapatan. Aplikasi-aplikasi hiburan, foto & video, gaya hidup, serta utilities mengisi daftar aplikasi dengan jumlah unduhan terbesar. Sementara aplikasi-aplikasi jejaring sosial, musik, dan produktivitas yang mendapatkan jumlah pendapatan terbesar setelah aplikasi games.

Terakhir, di Google Play komposisinya agak sedikit berbeda. Meski kategori games masih mendominasi jumlah unduhan dan pendapatan, kategori komunikasi dan tools justru cukup dominan juga baik di jumlah unduhan dan jumlah pendapatan. Berikut daftar lima besar kategori aplikasi di Google Play berdasarkan jumlah unduhan dan pendapatan tadi.

Laporan lengkap App Annie Index untuk periode kuartal kedua 2013 bisa dilihat di tautan ini.