Aplikasi Resmi ChatGPT Mendarat di Android Pekan Ini Juga

Dua bulan setelah hadir di iOS, ChatGPT akhirnya akan segera menyapa lebih banyak pengguna di Android

Aplikasi resmi ChatGPT akan segera hadir di perangkat Android. Kabar ini datang dari OpenAI sendiri, yang mengumumkannya via Twitter pada hari Sabtu (22/7) kemarin. Laman aplikasinya pun sudah muncul di Google Play Store, dan pengguna yang tertarik sudah bisa melakukan pra-registrasi dari sekarang.

Sebelumnya, ChatGPT sudah lebih dulu mendarat di platform iOS sejak bulan Mei. Meski chatbot AI ini sebenarnya dapat langsung diakses melalui browser (termasuk di smartphone), kehadiran suatu aplikasi terpisah tentu dapat semakin meningkatkan user experience.

Dari segi fungsi dan tampilan, aplikasi ChatGPT versi Android kelihatan identik seperti versi iOS-nya. Itu berarti hampir semua fitur yang ada di versi web-nya juga tersedia di sini, termasuk halnya sinkronisasi riwayat percakapan antar perangkat.

Yang tidak ada tentu saja adalah integrasi dengan Siri dan Shortcuts, sebab keduanya memang merupakan fitur eksklusif untuk iOS. Terlepas dari itu, tidak menutup kemungkinan versi Android-nya bakal membawa fitur dan kustomisasi yang serupa.

Baru-baru ini, OpenAI mulai menguji fitur opsional bagi para pelanggan ChatGPT Plus bernama Custom Instructions, yang memungkinkan pengguna untuk selalu mendapat respons yang sesuai dengan konteks tanpa harus mengulang-ulang informasi tertentu. Fitur tersebut dirancang agar dapat berfungsi lintas platform, yang berarti para pelanggan versi berbayarnya nantinya juga bisa mengakses fitur tersebut di perangkat Android.

Berdasarkan pengumuman OpenAI, aplikasi Android ChatGPT akan hadir pekan ini juga. Sayangnya tidak ada informasi apakah peluncurannya ini baru untuk Amerika Serikat saja, atau sudah termasuk beberapa negara lain. Satu hal yang pasti, saya sudah bisa melakukan pra-registrasi menggunakan akun Indonesia.

Saat pertama dirilis, aplikasi iOS ChatGPT memang hanya tersedia di Amerika Serikat saja. Namun sekitar satu pekan setelahnya, OpenAI sudah membuka aksesnya ke 11 negara yang berbeda. Ada kemungkinan versi Android-nya juga akan menempuh jalur yang sama.

Bagi yang tertarik, Anda sudah bisa melakukan pra-registrasi melalui Google Play Store.