Dark
Light

Formspring.me: The Next Trend?

2 mins read
January 7, 2010

formspringSebenarnya, situs ini sudah ramai dibicarakan sejak beberapa hari yang lalu dan pada awalnya saya tidak cukup tertarik untuk mampir ke situs mereka, tapi, keputusan itu berubah, setelah beberapa teman saya di Facebook mulai memasang link dengan sebuah kata yang cukup provocative “ask me about anything”.

Situs Q & A memang sudah banyak, dan sebenarnya saya kurang tertarik dengan jenis situs seperti ini, Yahoo!Answer yang dimiliki oleh giant pun tidak membuat saya tertarik, search engine Aardvark pun belum membuat saya mengunjungi situs ini lebih sering lagi meski selalu mendapat newsletter mereka, untuk lokal, ada Mautanya yang juga sudah pernah dibahas di DailySocial.

Lalu, kenapa saya kini tertarik membahas situs bergenre Q & A, Formspring.me. Salah satunya adalah karena situs ini mulai dibicarakan dimana-mana dan banyak orang mulai menggunakan aplikasi mereka. Beberapa komentar menyebutkan situs ini mejadi trend dalam waktu singkat di Brazil, di Indonesia sendiri saya sudah melihat beberapa teman saya, yang merupakan pengguna aktif intnernet sudah mulai mencoba aplikasi ini.

Pertanyaan mendasar yang perlu diajukan adalah, apakah Formspring.me akan menjadi the next big thing, apakah situs ini akan menjadi situs populer yang akan mengikuti Twitter dan beberapa user based site lain yang kini sedang populer.

Fromspring memang sebuah aplikasi yang, jika anda berada di posisi user, sangat sederhana. Dimulai dari proses login yang simple, anda cukup mengisi formulir atau menggunakan Facebook Connect. Tampilan situs yang juga simple bahkan sangat simple. Cara menggunakannya juga simple, yaitu anda cukup mengajak orang lain untuk mengajukan pertanyaan tentang apa saja dan anda tinggal menjawabnya, tentu dengan jawaban yang anda suka. Ada dua jenis pilihan untuk mulai mengajukan pertanyaan, menggunakan akun yang bisa dikenali atau anonymously.

formspring

Anda juga bisa memilih mana pertanyaan yang ingin anda jawab. Setelah anda menjawabnya situs ini menyediakan fungsi yang memudahkan user untuk langsung membagikan jawaban mereka lewat social networking populer seperti Facebook, Twitter, Tumblr atau Blogger.

Saya tidak tau, apakah situs ini menjadi populer karena bisa menggunakan anonymous akun dan bisa melakukan proses Q & A tentang apa saja, sampai pertanyaan-pertanyaan tidak penting atau bercanda sekalipun. Tapi, untuk pasar Indonesia, saya mencoba cek di Twiterus dan jumlah tweet yang masuk dalam topik ini tidak sedikit juga, artinya user mulai berdatangan dan jumlah pertanyaan dan jawaban mulai menumpuk.

Harus saya akui memang, sepertinya aplikasi ini digunakan untuk memfasilitasi jenis pertanyaan seru-seruan, dan itu yang membuat ini menjadi sebuah adiksi lain selain Twitter dan Facebook. Saya coba melihat beberapa akun Formspring.me dan ya…memang pertanyaan-pertanyaan yang sepertinya konyol banyak muncul, atau mungkin ini kekuatan sesungguhnya Formspring, dengan tag line ask any question, sepertinya memang user butuh untuk melakukan sesuatu yang seru dan membuat addict.

Meski untuk sebagian orang Formspring juga bisa menjadi sebagai tempat diskusi atau semacam ruang press conference sederhana yang berguna untuk menjawab pertanyaan lebih lanjut, misalkan anda adalah pendiri startup, anda bisa menggunakan aplikasi ini sebagai ruang bagi orang lain yang memerlukan tempat untuk bertanya lebih lanjut tentang aplikasi yang ada buat.

Anyway, untuk luar negeri mungkin sudah bisa dilihat bakat-bakat situs ini akan menjadi trend, untuk tanah air, bisa jadi terlalu dini untuk menilai sekarang, sebulan, atau mungkin kita harus memberi waktu 3 bulan. Formspring sendiri masih memungkinkan untuk berbagai perkembangan, dan dengan trafic yang terus berdatangan bisa jadi akan ada perubahan radikal.

I wonder, bagaimana netter Indonesia akan bereaksi atas situs ini. Bagaimana pendapat anda? Anda sudah menjadi pengguna Formspring? Apakah anda setuju jika Formspring akan menjadi the next trend? Atau anda punya pendapat lain, jangan lupa untuk share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

13 Comments

  1. Formspring.me sering ga stabil, gagal login, eror terus. Sepertinya belum siap untuk skala besar. Padahal konsepnya sudah bagus.

  2. yup formspring.me adalah suatu startup service yg bagus dan akan sangat sukses nantinya.aq jg gunain kok.hehe… cek ini ya

    my_blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Website Photo Dengan PhotoSwarm

Next Story

Jogjakarta Memang Kota Yang Unik

Latest from Blog