Dark
Light

Amazon Akuisisi Zappos

1 min read
July 23, 2009

Berita yang sangat mengagetkan dunia persilatan, Amazon telah mengakuisisi Zappos dengan jumlah yang fantastis yaitu sebesar 928 juta dollar AS berupa saham, dan juga uang tunai. Zappos sendiri akan tetap beroperasi seperti biasa secara independen di kantornya di Las Vegas dan tidak ada karyawan Zappos yang dipindah ke Amazon.

Kombinasi keduanya sebenarnya sangat cocok karena kedua perusahaan ini memiliki fokus utama pada customer service. Company culture yang sama inilah yang menjadi salah satu faktor pendorong Jeff Bezos untuk berani mengakuisisi Zappos. Zappos adalah sebuah situs ecommerce yang menjual produk berupa sepatu secara online, dan sama seperti Amazon, Zappos juga memiliki keunikan tersendiri dalam hal customer service.

Untuk Zappos sendiri, exit-strategy ini tentu sangat menguntungkan bagi para founder dan juga investornya (Draper Richards, Scott Bannister, Sequoia Capital, Venture Frogs). Namun tetap saja jumlah ini masih dibawah angkat profit tahunan Zappos yang mencapai angka fantastis 1 milyar dollar, dan tahun ini diprediksi akan meningkat 20%. Mengapa Zappos menjual lebih murah? Beberapa kalangan menganggap bahwa para pemegang saham di Zappos lebih suka menjual daripada meneruskannya secara independen karena harganya cenderung lebih besar ketika menjual.

Amazon sendiri memiliki Endless, sebuah toko sepatu online yang juga kalah dari Zappos. Amazon juga menyatakan bahwa mereka tidak akan menutup dan akan terus berinvestasi di Endless yang juga menjual tas. Namun agak membingungkan dengan berjalannya dua bisnis yang paralel seperti itu.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

3 Comments

  1. Amazon takut disalip Zappos di tikungan. Karena it’s just a matter of time sebelum Zappos melebarkan range produknya di luar sepatu. Endless tidak efektif mungkin karena tidak sepersonal dan baik hati seperti Zappos.

    Endless will be killed, Zappos will be absorbed. Crews will jump ship :D. Hell they will even jump ship much sooner to start new companies.

  2. Amazon takut disalip Zappos di tikungan. Karena it’s just a matter of time sebelum Zappos melebarkan range produknya di luar sepatu. Endless tidak efektif mungkin karena tidak sepersonal dan baik hati seperti Zappos.

    Endless will be killed, Zappos will be absorbed. Crews will jump ship :D. Hell they will even jump ship much sooner to start new companies.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Buzz5 : Indonesia UNITE!!

Next Story

Plaxo Mulai Saingi LinkedIn

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft menunda akuisisi Activision Blizzard

Microsoft dan Activision Blizzard Sepakat Menunda Akuisisi ke Bulan Oktober

Perjalanan panjang dari akuisisi terbesar oleh dua perusahaan teknologi raksasa,
Drama akuisisi Activision Blizzard

Microsoft Menangkan Pengadilan, Akuisisi Activision Blizzard Masuki Babak Akhir

Drama akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft sepertinya akan segera berakhir.