Akademi Esports Garudaku Diluncurkan PBESI, Jaring Bibit-bibit Atlet Esports Potensial

Program Akademi Esports Garudaku memiliki misi panjang, salah satunya atlet esports potensial untuk mewakili Indonesia.

Setelah meresmikan beberapa kontingen atlet di cabang esports untuk SEA Games 2021 Vietnam, PBESI kembali hadir mengumumkan program Akademi Esports Garudaku.

Sesuai dengan namanya, akademi ini akan memiliki beberapa materi penting untuk pembinaan, pembelajaran, pelatihan di berbagai aspek teknis hingga nonteknis.

Sumber: PBESI

Tujuan utamanya diharapkan memberi dampak di dunia pendidikan seperti kegiatan ekstrakurikuler di beberapa lembaga. Nantinya pendidikan dari para peserta juga dibimbing oleh pelatih esports berlisensi resmi.

Andrew Tobias selaku Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PBESI menjelaskan program strategis satu ini sebagai tantangan terkait pembangunan ekosistem esports berkelanjutan. Indonesia memang butuh pemain bertalenta yang cerdas, kuat dari segi mentalitas, jiwa kepemimpinan, fisik prima, dan memiliki integritas.

“Akademi Esports Garudaku akan menjadi salah satu kontributor penting bagi PBESI terutama terkait misi pembinaan atlet usia dini seperti yang tertuang pada desain besar organisasi,” jelas Andrew.

Andrew Tobias (tengah). Sumber: PBESI

Robertus Aditya Pratomo Putro, S.Sos, M.H., M.Ikom., C.Ht, selaku Kepala Program Akademi Esports Garudaku juga memberikan pendapat tambahan terkait program akademi. Semua proses bisa dari dunia pendidikan, misi dari akademi ini juga untuk memperkenalkan dunia pendidikan dengan besarnya potensi industri digital.

“Peserta Ekskul Akademi Esports Garudaku berpotensi untuk dilirik PBESI menjadi atlet nasional. Sebab, secara berkala mereka akan mengikuti uji tanding, class meeting dan punya kesempatan untuk mengikuti turnamen bergengsi,” tambah Robertus.

Sumber: PBESI

Selain itu, Ajeng Raviando yang berkecimpung di dunia industri esports juga membahas pentingnya akademi untuk membentuk perilaku atlet yang membangun.

“Tak dimungkiri, salah satu tantangan yang perlu mendapatkan perhatian adalah karakter dan perilaku. Kolaborasi Akademi Esports Garudaku dan dunia pendidikan membangun optimisme akan lahirnya talenta-talenta berbakat, cerdas di bidangnya dan berkarakter terpuji dari dunia esports yang dapat menjadi role model dan inspirasi positif bagi lingkungannya,” ujarnya.

Sumber: PBESI

Respon positif juga diutarakan oleh Gary Anderson, selaku perwakilan dari sekolah Marie Joseph Jakarta. Gary melihat Akademi Esports Garudaku sangat mampu untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, memacu semangat berkompetisi dan sportivitas, mempertajam kemampuan dalam membangun strategi dan analitik.

Diharapkan program Akademi Esports Garudaku mampu mengembangkan nama Indonesia di bidang esports, baik kelas Asia Tenggara hingga dunia.