4 March 2023

by Galih

AI Milik Binance Sukses Buat 10 Ribu NFT dalam 2,5 Jam

Binance menjuluki AI-nya tersebut Bicasso

Implementasi kecerdasan buatan (AI) memang terus berkembang di berbagai bidang. Microsoft tentu menjadi salah satu raksasa teknologi yang telah mengimplementasikan AI ke dalam produknya.

Kini, bursa kripto Binance juga ikut menggunakan AI ke dalam layanannya. Pada 1 Maret 2023 lalu, Binance meluncurkan NFT generator atau pembuat NFT yang disebut "Bicasso".

Secara teknis, sistem yang digunakan dalam Bicasso ini merupakan AI pembuat gambar layaknya DALL-E, Midjourney,  Stable Diffusion, dan lain sebagainya. Bedanya, hasil akhir dari Bicasso langsung dikemas menjadi aset NFT.

Pengguna nantinya dapat mengunggah berbagai gambar semisal foto dirinya, lalu memasukkan berbagai perintah kreatif cukup dengan kata-kata, dan Bicasso akan membuatkan gambar-gambar darinya.

Image Credit: Binance

Kehadiran fitur "Bicasso" ini ternyata disambut antusias oleh para pengguna Binance. Meskipun masih dalam tahap beta, namun hanya dalam waktu 2,5 jam saja AI milik Binance tersebut telah berhasil membuat 10 ribu NFT.

Tidak hanya sekadar menghasilkan 10 ribu gambar, namun semua yang dihasilkan Bicasso telah melalui proses "minting". Antusiasme pengguna yang tinggi tersebut bahkan sempat membuat server Bicasso kelabakan.

CEO Binance, Changpeng Zhao bahkan mengeluarkan cuitan melalui akun Twitter-nya mengenai sang AI yang merasa 'tertekan' karena banyaknya permintaan dari para pengguna.

Namun untungnya, selama uji coba beta ini server milik Bicasso masih sanggup mengatasi gelombang permintaan dari para pengguna tersebut.

Binance sendiri melaporkan bahwa setidaknya ada sekitar 9.909 pengguna yang membuat paling tidak satu NFT selama masa beta tersebut.

Meskipun terbilang sukses, namun Binance tetap mengakui bahwa ada beberapa glitch yang terjadi pada Bicasso selama masa beta ini, sehingga Binance juga langsung memperbaiki hal tersebut dengan meningkatkan kemampuan server mereka.

Sayangnya, bagi mereka yang baru akan menjajal fitur Bicasso ini harus mendaftar dan menunggu terlebih dahulu. Pasalnya, Binance baru akan membuka kuota pengguna baru ketika versi penuh dari Bicasso ini diluncurkan.

Animo yang sangat tinggi terhadap Bicasso memang membuka potensi baru dalam perkembangan pasar NFT dan bahkan pengembangan platform blockchain berbasis AI.

Di luar potensi yang sangat luas tersebut, Binance juga memiliki tugas yang banyak untuk mematangkan kemunculan 'sumber' baru untuk NFT ini, mulai dari kestabilan server, sorting, hingga proteksi dari gambar-gambar yang dihasilkan oleh Bicasso.