Dark
Light

Aggregator Keren Dengan Flavors.me

2 mins read
March 10, 2010

Mempunyai beberapa blog, 3 akun social network dan ratusan foto di Flickr, tapi anda belum mempunyai situs atau web pribadi? Anda bisa mencoba aplikasi yang di buat oleh Flavors.me.

Secara sederhana Flavors.me bisa dikatakan sebuah aggregator yang mengumpulkan berbagai akun yang dipunyai oleh user, mulai dari blog sampai social network, menyatukannnya di satu tempat dan ditambahkan dengan sentuhan artistik, baik berupa foto atau desain lain, tanpa harus memiliki atau membangun web sendiri.

Beberapa pengguna internet yang masih tergolong pengguna baru, biasanya antusias untuk mencoba beberapa aplikasi berbasis web, dan menyatukan semua link ini di akun social network seperti LinkedIn atau facebook. Salah satu kelemahannya hanya menampilkan link saja.

Selain itu ada juga beberapa internet savvy yang tidak memiliki situs atau halaman web pribadi, padahal mereka punya beberapa konten yang tersebar di beberapa penyedia jasa aplikasi dengan tema yang berbeda-beda. Tentu dengan berbagai alasan dan mungkin juga startegi kenapa mereka tidak punya halaman web pribadi.

Falvors.me bisa menjadi salah satu jawaban bari user seperti ini. Kemudahan yang dimilikinya dalam membuat akun dan mengelola konten serta desain yang menarik adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan Flavors.me.

Anda cukup menuju situs mereka lalu mendaftarkan diri, kemudian mulai mengatur halaman Falvors.me pribadi anda. Anda bisa mengklik Setting dan mulai mengatur profile anda, setelah itu memilih layanan aplikasi apa saja yang akan anda kumpulkan di halaman Flavors.me pribadi anda.

Saat ini ada sekitar 15 layanan yang bisa di aggregasikan di Flavors.me, mulai dari Twitter, Facebook, Tumblr, Posterous, Blogger, WordPress, LinkedIn, Last.fm, Flickr, Godreads, Netflix, YouTube, Foursquare, Etsy, dan RSS. Klik layanan yang ingin ditambahkan pada akun Flavors.me anda, isi keterangan lengkap tentang link atau alamat akun anda di layanan yang akan ditambahkan. Misalnya anda akan menambahkan stream dari blog anda, klik logo Blogger, isi alamat url blog anda, dan klik tab add service, dan stream dari blog anda sudah bisa dinikmati melalui Flavors.me anda. Begitu juga untuk layanan yang lain. Semudah itu.

Jika anda telah selesai menambahkan layanan yang anda punya, anda mulai bisa mengatur elemen estetis dari akun Flavors.me anda. Klik menu Design di tab Setting, kemudian pilihan layout yang anda suka, lalu background akun anda, yang bisa diisi foto atau image dengan format JPG. Anda juga bisa mengatur alignment dari posisi image anda. Selain itu anda juga bisa mengatur warna akun Flavors.me anda juga jenis huruf.

Falvors.me bersifat aggregator yang berarti mengumpulkan berbagai link dari berbagai layanan lain ke dalam satu buah temapat. Yang menarik link yang di tampilkan bukan hanya sebatas link saja tapi berbentuk stream, jadi misalkan anda menambahkan link akun dari blogger, maka stream tulisan dari blog anda bisa dinikmati langsung di akun Flavors.me anda, begitu juga dengan foto, user lain ibisa menikmati foto anda secara keseluruhan.

Kemudahan adalah yang utama di Flavors.me, sebagai aggregator memang itu adalah fitur yang harus menjadi fokus. Beberapa kekurangan yang saya temui adalah permasalahan share. Misalnya tidak ada link untuk men-share konten atau alamat Flavors.me user ke Twitter, selain itu karena hanya berfungsi sebagai stream saja, maka anda tidak bisa memberikan komentar pada konten yang ada, tapi link sumber konten tersedia jadi anda bisa langsung menuju alamat sumber konten.

Alamat domain untuk user umum memang agak panjang dan susah untuk diingat, tapi jika anda menginginkan nama domain unik pilihan anda, kemudian data statistik serta beberapa layanan premium lain, anda bisa membayar biaya $20 untuk setahun, dan anda akan menikmati layanan yang tidak didapat dengan akun gratisan.

Saya sendiri memperlakukan Flavours.me sebagai kartu nama virtual yang lebih lengkap, tidak seperti LinkedIn misalnya yang berfokus ada teks dan social network, Flavors.me bisa ditambahkan efek estetis seperti desain sederhana dan tentu saja bisa menampilkan secara lebih lengkap konten dari berbagai layanan yang saya ikuti dalam satu tempat.

Flavors.me juga menyediakan halaman directory yang bisa membuat selera anda berubah jika anda belum tertarik untuk mencoba layanan ini. Halaman directory bisa dilihat di sini, dan untuk mendaftar ke Falvors.me bisa di link ini.

Memang telah banyak layanan sejenis yang juga menawarkan keunggulan tersendiri, tapi kemudahan instalasi atau pengoperasian awal serta elemen estetis sederhana namun cukup menarik, bisa menjadi keunggulan tersendiri. Bagaimana pendapat anda, apakah anda tertarik untuk mencoba, atau jika anda sudah mencobanya anda bisa share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Echelon 2010 : Startup Indonesia, Ini Kesempatanmu!

Next Story

HootSuite: Check In + Rock Out

Latest from Blog

Don't Miss

Menggali Akar Masalah Pelecehan Seksual di Esports Indonesia

Jika dibandingkan dengan olahraga tradisional, esports memang lebih inklusif. Mengingat
Startup penyedia tiket bioskop TIX ID mengembangkan fitur terbaru Nonton Online, layanan sewa film yang terdapat di Google Play Movie dan Apple TV

TIX ID Rilis “Nonton Online”, Layanan Agregator Sewa Film di Google Play Movie dan Apple TV

Startup penyedia tiket bioskop TIX ID mengembangkan fitur terbaru “Nonton Online”, layanan