Ah, gaya hidup ibukota yang kontradiktif… bentar, kayaknya udah pernah posting kayak gini. Ah ya topik kali ini memang masih berkutat di belanja dan penawaran diskon, kali ini memperkenalkan AdaDiskon.com.
Menurut foundernya Aswin Utomo, AdaDiskon memposisikan diri sebagai “Indonesia’s first ever deal-sharing community.” Terlebihnya, AdaDiskon juga menjadi media berita diskon dan penawaran yang bersifat aktif memberi info ke anggotanya dibanding hanya menyediakan informasi on-demand.
Awalnya gue agak pesimis karena di halaman depan tampak sekedar panduan diskon dan artikel yang cluttered, dan ngga banyak yang menarik perhatian gue. Ternyata baru terasa serunya pas udah sign-up.
Setelah sign-up, kita bisa memilih merchant, credit card, dan user favorit. Nah nantinya di halaman My Home akan di-generate rekomendasi sesuai dengan favorit kita tadi. Sayangnya untuk dapetin info-info personal tersebut kita masih harus login ke websitenya, belum ada integrasi dengan jejaring sosial standar kayak Facebook dan Twitter. Sepertinya penawaran personal ke account Twitter dan/atau Facebook pengguna AdaDiskon bisa menjadi nilai lebih yang memikat orang bergabung.
Menurut Aswin saat ini AdaDiskon sudah aktif menjalin kerjasama dengan berbagai merchant dan venue untuk mendapatkan info penawaran paling up-to-date. Kerjasama ini juga menjadi salah satu bentuk revenue stream dari AdaDiskon, selain pemasangan iklan reguler dan sebuah bentuk pengiklanan baru yang menurut Aswin sedang mereka bangun.
Yang juga diharapkan adalah sisi komunitasnya, yaitu pengguna yang saling berbagi info. Walaupun semua toolsnya sudah siap tapi aroma crowdsourcing di websitenya belum begitu terasa, berbeda dengan Twitternya justru malah ramai dan interaktif. Mungkin perlu dipikirkan mekanisme cross-posting deal atau review lewat Twitter?
Mungkin memang masih terlalu awal untuk menilai apakah AdaDiskon berhasil menjadi layanan yang berguna apa ngga, tapi kalau bisa mengambil langkah-langkah yang tepat, potensi ke sana terbuka lebar. Kita tunggu aja.
oh berarti harus punya kartu kredit dulu ya baru bisa make website ini? seperti shopping online deh. 🙂
my_blog
Lho?? Perasaan baru beberapa bulan lalu bahas produk kayak gini juga…
Kalah cepat….
satu lagi nih, shop-picnic.com
tadinya mo nulis review picnic. tapi karena identity n pelayanannya, dan paymentnya ga jelas IMHO
jadi males.
Ada diskon keren juga, interface homenya, di newest itu langsung keliatan mana aja yang lagi discount.
cuma kurang banyak aja. klo perlu halaman homenya semua info discount ;p
Thanks to Yoga sudah review AdaDiskon, memang kita akui masih banyak sekali yang harus di improve. Ada beberapa hal yang sudah dalam development yang pastinya akan kami implementasikan di front-end, back-end juga sisi operationalnya. Pastinya kita akan buat lebih valuable lagi. Stay tuned buat perkembangan dari kita ya. Nanti kita akan release bertahap.
@cha, thanks buat compliment and feedbacknya ya.
@jacobian54 hi, ga perlu ada kartu kredit kok, itu bagian itu hanya untuk nge-tag promo2 apa saja yang sudah kami tayangkan, biar bisa di group berdasarkan kartu kredit begitu.