13 October 2022

by Dimas Galih W.

Acer Luncurkan Swift Edge: Laptop OLED 16 inci dengan AMD Ryzen 6000 series Paling Ringan

Sementara Acer juga meresmikan Swift 3 OLED yang pernah diperkenalkan sekitar 2 bulan yang lalu selain Swift OLED yang diluncurkan hari ini

Acer kembali meluncurkan laptop terbarunya di Indonesia yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Acara peluncuran tersebut diadakan pada Lavva Senayan pada tanggal 12 Oktober 2022. Laptop yang diluncurkan kali ini adalah Acer Swift Edge. Selain itu, Acer juga meresmikan laptop Swift 3 OLED yang pernah mereka luncurkan sebelumnya.

“Melalui I Go with Swift, kami ingin setiap konsumen Acer di Indonesia mendapatkan pilihan laptop yang tepat untuk mendukung produktivitas sehari-hari. Kami yakin rangkaian laptop Acer Swift Series dengan dua inovasi terbarunya, Swift Edge dan Swift 3 OLED, mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna laptop Acer, baik untuk mendukung kegiatan produktif seperti bekerja dan sekolah, hingga menikmati hiburan penuh warna dan memanjakan mata,” ujar Herbet Ang, President Director Acer Indonesia.

Acer Swift Edge adalah laptop 16 inci teringan di dunia dengan bobot hanya 1,1kg, yang didukung layar OLED dengan resolusi 4K (3840x2400) dan memiliki warna baru ice blue. Layarnya sudah mendukung color gamut 100% DCI-P3 serta didukung kecerahan maksimal hingga 500 nits dan response time kurang dari 0,2 ms. Hal ini membuatnya cocok untuk digunakan saat menonton video mau pun untuk melakukan editing gambar dan video pula. Laptop memiliki bezel tipis dengan rasio layar-ke-bodi hingga 92% dan memiliki sertifikasi layar VESA DisplayHDR True Black 500 dan TÜV Rheinland Eyesafe.

Laptop terbaru Acer ini memiliki ketebalan hanya 12,95 mm dan sasisnya dibuat dari bahan magnesium alloy yang memang lebih ringan. Badannya sendiri terbuat dari aluminium sehingga terasa kokoh saat digenggam. Namun sayangnya, perangkat ini belum memiliki sertifikasi Mil-810H sehingga pengguna harus cukup berhati-hati saat laptop ini terbentur atau tidak sengaja terkena tumpahan air. Untungnya sudah terdapat perlindungan Accidental Damage Protection (ADP) selama 1 tahun.

Acer Swift Edge menggunakan prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile Processors, yaitu Ryzen 5 6600U dan Ryzen 7 6800U. RAM yang terpasang adalah dual channel LPDDR5 16 GB dengan penyimpanan SSD NVMe hingga 1 TB. Acer Swift Edge menawarkan konektivitas WiFi 6E yang tentunya lebih kencang dibandingkan dengan WiFi 6.

Laptop ini juga memiliki port HDMI 2.1, dua port USB 3.2 Gen 2 Type-C dengan kemampuan fast charging, dua port USB Type-A, dan jack audio 3,5mm. Desainnya sendiri memenangkan Good Design Award 2022 dan RedDot Winner 2022. Windows 11 Home juga sudah terpasang pada laptop ini serta mendapatkan Office Home & Student 2021. Acer Swift Edge tersedia di Indonesia mulai tanggal 12 Oktober 2022 dan dibanderol mulai dari harga Rp19.999.000.