20 September 2022

by Galih

Game Lokal A Space For The Unbound Berhasil Menang Penghargaan di Japan Games Awards 2022

Game indie ini menjadi game Indonesia pertama yang menang dalam penghargaan tersebut

Meskipun masih belum dirilis secara masal, namun game indie buatan developer asal Indonesia, A Space for the Unbound berhasil menorehkan prestasi besar pada ajang penghargaan internasional, Japan Games Awards 2022.

Game buatan developer lokal Mojiken Studio dan Toge Production ini memang menjadi salah satu delegasi Indonesia yang hadir dalam pameran Tokyo Games Show 2022 yang baru saja dilaksanakan.

A Space For The Unbound sendiri berhasil menjadi salah satu pemenang dalam "Future Category Award". Kategori tersebut diberikan kepada game-game terbaik yang baru akan dirilis. Penghargaan ini dihimpun dari voting yang diberikan oleh para pengunjung Tokyo Game Show 2022.

Nominasi ini dianggap penting bagi banyak publisher game, terutama yang berasal dari Jepang. Hal tersebut dikarenakan game-game yang masuk dalam daftar pemenang "Future Category Award" menjadi indikator antusiasme publik Jepang terhadap game tersebut.

Kemenangan A Space For The Unbound di Tokyo Game Show tersebut diwakilkan oleh Chorus Worlwide, yang merupakan penanggung jawab perilisan game tersebut di Jepang sana.

Selain A Space For The Unbound, ada 10 game lain yang memenangkan penghargaan ini. Kerennya, game ini mampu bersanding dengan judul-judul AAA favorit lainnya seperti Forspoken, Street Fighter 6, dan bahkan Final Fantasy 16.

11 game tersebut berhasil mengalahkan puluhan game lain yang juga dipamerkan dalam Tokyo Game Show 2022. Dan berikut daftar lengkap kesebelas pemenang "Future Category Award":

  • A Space for the Unbound
  • Atelier Ryza 3
  • Exoprimal
  • Final Fantasy 16
  • Forspoken
  • Like a Dragon: Ishin
  • Mega Man Battle Network
  • Sonic Frontiers
  • Street Fighter 6
  • Wo Long: Fallen Dynasty

Nominasi "Future Category Award" memang akhirnya kembali di Tokyo Game Show 2022. Mengingat selama 2 tahun ke belakang, acara Tokyo Game Show tidak diadakan secara offline dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

Kemenangan yang berhasil diraih oleh A Space For The Unbound ini sendiri menandai pencapaian Mojiken Studio dan Toge Production sebagai game Indonesia pertama yang berhasil memenangkan penghargaan di Japan Game Awards.

Japan Game Awards sendiri merupakan ajang penghargaan tahunan yang selalu diadakan dalam pameran Tokyo Game Show. Untuk tahun ini, game yang berhasil memenangkan penghargaan tertinggi yaitu 'Grand Award' adalah Elden Ring milik FromSoftware.