28 February 2023

by Dimas Galih W.

Turnamen Free Fire di 2023 Bakal Gunakan Format Baru

Garena bakal kembali menyelenggarakan turnamen free fire tournament di tahun 2023. Kali ini menggunakan format baru yang diklaim lebih seru

Game mobile yang terkenal di Indonesia keluaran Garena, yaitu Free Fire, memang banyak pemainnya di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Pada tahun 2023 ini, ternyata Garena bakal mengadakan kembali turnamen global Free Fire World Series (FFWS) pada bulan November nanti. Sebelum turnamen tersebut, Garena juga akan mengadakan kompetisi baru yang bernama Free Fire SEA Invitationals (FFSI) pada bulan Mei 2023.

Nantinya juara-juara dari penjuru dunia bakal bertemu pada kedua turnamen ini. Indonesia tentunya termasuk salah satu di antaranya, termasuk juara dari Free Fire Master League Season 7. Uniknya, turnamen internasional baru ini bakal memiliki format baru yang berbeda dari sebelumnya.

Turnamen ini bakal hadir dengan dua fase, yaitu Group Stage dan Grand Finals. Pada fase Group Stage, 18 tim akan bertarung selama 2 minggu untuk mengamankan posisi 12 besar agar bisa lolos ke fase Grand Finals. Seluruh tim akan dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Akan ada total enam pertandingan dengan setiap pertandingan mempertemukan dua Grup di babak Group Stage.

Hal ini tentu berbeda dengan gelaran turnamen internasional Free Fire sebelumnya, karena Grand Finals akan digelar lebih panjang dengan format liga. Sebanyak 12 tim yang lolos dari Group Stage akan bertanding selama selama 3 hari dengan 6 ronde pertandingan per hari. Tim dengan akumulasi poin tertinggi dari 12 tim ini akan dipilih sebagai juara. Garena mengklaim bahwa format kompetisi dan durasi kompetisi yang lebih panjang ini akan membuat turnamen Free Fire lebih ketat dan menantang.

Untuk menuju ke FFSI nanti pada bulan Mei 2023, Free Fire Esports akan mencari tim terbaik yang layak mewakili Indonesia melalui Free Fire Master League Season 7. Nantinya turnamen ini bakal digelar mulai pada tanggal 3 Maret 2023. Beberapa tim termasuk EVOS Divine, RRQ Kazu, dan sang juara FFML Season VI Divisi 1, dan SES Alfaink bakal bertanding pada turnamen tersebut. Komposisi 18 tim tersebut, terdiri dari 11 FFML Season VI Divisi 1, 3 tim FFML Season VI Divisi 2, dan 4 tim dari babak Kualifikasi FFML Season 7.

Free Fire Master League Season 7 juga akan memiliki 2 fase untuk dilalui, yaitu Regular Season dan Grand Finals. Regular Season digelar dengan format grup dan akan mencari 12 tim terbaik untuk lolos ke Grand Finals. Bagi tim yang memiliki nilai tertinggi dalam puncak klasemen tentunya bakal dinobatkan sebagai juara. Selain sang juara 3 tim lain yang masuk ke dalam 4 besar bakal mewakili Indonesia di FFSI.

FFSI ini sendiri bakal diikuti 18 tim dari negara Vietnam, Indonesia, Thailand, Eropa, MEA, Taiwan, dan Pakistan. Semuanya bakal bertanding selama 3 minggu untuk menjadi juara. Nantinya tim-tim ini juga akan bertemu di turnamen kasta tertinggi Free Fire, yaitu FFWS 2023. Jadi, mari kita menunggu sampai turnamen-turnamen ini dimulai.