7 Tools AI untuk Membuat PPT, Tidak Perlu Skill Desain Sama Sekali

Menggunakan tools AI ini, pengguna hanya perlu berfokus pada materi presentasinya saja, dan biarkan AI yang mengurusi desainnya

Membuat slide presentasi atau PPT adalah kegiatan yang cukup menguras waktu. Selain harus menyiapkan naskah atau data yang hendak dibagikan, Anda masih harus menyusun semuanya menjadi materi presentasi yang apik sekaligus mudah untuk diikuti. Bisa dibayangkan betapa repotnya kalau harus membuat PPT secara rutin.

Kabar baiknya, revolusi generative AI telah tiba dan saat ini sudah ada banyak tools AI yang siap membantu kita membuat PPT. Deretan tools ini memanfaatkan AI untuk menyusun materi presentasi dari nol berdasarkan teks yang pengguna berikan. Tidak jarang, AI-nya bahkan juga bisa membantu menyelipkan informasi ekstra. Praktis dan efisien.

Di artikel ini, saya telah merangkum 7 tools AI yang dapat dipakai untuk membuat PPT. Buat yang sehari-harinya selalu disibukkan oleh PPT, mungkin deretan tools ini bisa jadi alternatif yang menarik untuk dipertimbangkan.

1. Canva Magic Presentation

Canva merupakan alternatif yang sangat populer dari Microsoft PowerPoint, dan pencapaian tersebut tentu didapat bukan tanpa alasan. Belum lama ini, Canva memperkenalkan sederet fitur AI yang sangat menarik, termasuk salah satunya fitur untuk membuat slide presentasi secara instan.

Cara kerja fitur ini sangatlah sederhana dan hanya memerlukan satu prompt teks saja dari pengguna. Jadi semisal pengguna ingin membuat PPT tentang hobi berlatih yoga, maka AI Canva akan langsung menyiapkan beberapa slide, lengkap dengan gambar-gambar yang relevan. Bukan cuma itu, AI Canva bahkan juga akan menyisipkan sejumlah informasi kontekstual, seperti misalnya manfaat berlatih yoga, jenis-jenis latihannya, dan masih banyak lagi.

Lalu apa yang harus pengguna lakukan? Terus terang tidak banyak, akan tetapi pengguna tetap harus memeriksa materinya mengingat AI semacam ini punya kecenderungan untuk memberikan informasi yang keliru. Namun berhubung fitur ini dapat digunakan secara cuma-cuma oleh seluruh pengguna Canva, maka tidak ada salahnya untuk dicoba.

2. Presentations.AI

Dari namanya saja sudah langsung kelihatan bahwa Presentations.AI menggunakan kecerdasan buatan untuk menciptakan materi presentasi dalam waktu singkat. Dengan modal satu deskripsi teks saja, tools ini sudah bisa langsung mendesain PPT yang komplet dengan isinya, bukan cuma sekadar template saja.

Bingung menuliskan prompt-nya? Mulai dari template kosong saja, lalu jawab beberapa pertanyaan yang diberikan, dan PPT-nya pun akan langsung dibuat. Alternatifnya, pengguna juga bisa menyalin langsung dari sebuah dokumen untuk diubah menjadi deck presentasi yang estetik. Menggunakan tools ini, pengguna sama sekali tidak perlu memusingkan soal desain. Fokus saja pada materinya, dan biarkan AI yang mengerjakan sisanya.

Presentations.AI saat ini masih berstatus beta. Pengguna bisa memakainya secara cuma-cuma dengan kuota prompt yang terbatas.

3. GPT_PPT

GPT_PPT, sesuai namanya, adalah tools ala ChatGPT namun yang secara khusus dilatih untuk menciptakan file PPT. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu login dengan akun Google, lalu ketikkan topik presentasi yang hendak dibuat. Sungguh tidak ada tools AI untuk membuat PPT lain yang lebih simpel dari ini.

Secara estetika, hasil PPT yang dibuat memang jauh dari kata yang terbaik. Namun tetap saja draf yang dibuat bisa menjadi titik awal yang bagus jika Anda kebingungan harus memulai dari mana. Lagipula, Anda tetap bisa mengunduh file PPT-nya dan membukanya di PowerPoint jika ingin merapikan desainnya.

GPT_PPT merupakan tools yang amat terjangkau. Anda hanya perlu membayar $1 per bulan untuk mengakses semua fiturnya. Anda bahkan memiliki kesempatan untuk membuat 3 PPT secara gratis sebelum mulai membayar.

4. Decktopus AI

Salah satu tools AI untuk membuat PPT yang paling mudah digunakan adalah Decktopus AI. Seperti biasa, langkah awalnya bermula dari satu baris prompt teks yang pengguna cantumkan. Selanjutnya, pengguna akan disodori pertanyaan-pertanyaan seperti siapa audiens presentasinya, apa tujuan presentasinya, maupun berapa lama durasi presentasinya, untuk memastikan materinya benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Satu fitur yang sangat menarik dari Decktopus adalah akses ke berbagai stock photo, icon, GIF, atau bahkan quote. Semuanya terintegrasi ke jendela editor yang tersedia, dan siap diselipkan kapan saja guna semakin mempercantik file PPT yang dihasilkan.

Soal harga, Decktopus mematok tarif bulanan sebesar $10, namun ia juga menawarkan versi gratisan dengan sejumlah batasan.

5. Beautiful.ai

Menggunakan tools AI untuk membuat PPT ibarat menyewa jasa seorang desainer grafis profesional. Tools macam Beautiful.ai memungkinkan Anda untuk mengubah sebuah ide menjadi materi yang siap dipresentasikan ke khalayak. Ada informasi atau data tambahan yang perlu dicantumkan di menit-menit terakhir? Selipkan saja, dan AI-nya pun akan langsung mengadaptasikan desainnya secara otomatis.

Kalau mendengar namanya, Beautiful.ai mungkin terkesan hanya mementingkan soal estetika saja. Padahal, AI-nya juga bisa merekomendasikan informasi tambahan jika dirasa perlu. Fitur-fitur semacam inilah yang pada dasarnya menjadi pembeda utama tools PPT tradisional dengan yang mengandalkan generative AI.

Untuk menikmati kepraktisan yang ditawarkan Beautiful.ai, pengguna perlu menebus tarif sebesar $12 per bulan. Namun sebelumnya, mereka bisa lebih dulu menikmati free trial selama 14 hari.

6. Sendsteps

Seperti tools lain yang ada dalam daftar ini, Sendsteps memanfaatkan AI untuk menulis dan menyusun materi presentasi berdasarkan topik yang pengguna berikan. Kalau butuh metode yang lebih cepat, pengguna bahkan bisa mengunggah dokumen teks dan membiarkan AI Sendsteps menyulapnya menjadi file PPT yang siap untuk dibawakan di hadapan orang banyak.

Namun satu hal unik dari Sendsteps adalah kemudahan untuk menyelipkan beragam elemen interaktif seperti kuis, pemungutan suara, maupun sesi tanya-jawab, ke materi presentasinya. Harapannya tentu supaya audiensnya bisa lebih aktif selama sesi presentasi berlangsung, dan agar pembicaranya sendiri makin semangat membawakan materinya.

Soal tarif, Sendsteps menawarkan paket berbayar dengan harga mulai $14 per bulan. Tentu saja, pengguna juga bisa mencobanya secara gratis terlebih dulu dengan beberapa batasan fitur.

7. SlidesAI

Kalau Anda mencari tools AI untuk membuat PPT yang kompatibel dengan Google Slides, maka SlidesAI bisa menjadi opsi yang sangat ideal. Alasannya tidak lain karena tools ini dapat diinstal sebagai add-on untuk Google Workspace, yang kemudian dapat diakses langsung dari Google Slides.

Menggunakan SlidesAI, pengguna hanya perlu mencantumkan materi yang ingin dibawakan dalam bentuk teks. Dari situ pengguna bisa memilih jenis presentasinya dan berapa banyak slide-nya, dan AI yang akan menyusun semuanya menjadi slide yang presentable. Semuanya tanpa perlu satu kali pun meninggalkan Google Slides.

SlidesAI punya versi gratis dan berbayar. Versi gratisannya dibatasi untuk 3 slide presentasi per bulan, dan 2.500 karakter per presentasi. Kalau perlu lebih dari itu, pengguna bisa memilih paket Pro seharga $11,10 per bulan.