5 Tips Memotret Foto Reflektif Seperti Becekgram Dari Aries Lukman

Aries Lukman menggunakan smartphone OPPO Reno8 Series untuk hunting foto reflektif becekgram yang kekinian

Fotografi refleksi adalah jenis fotografi khusus yang menggunakan permukaan reflektif. Foto reflektif sangat menantang kreativitas, karena membutuhkan pemahaman yang baik tentang perspektif dan kemampuan melihat dengan cara yang berbeda.

Menurut Aries Lukman selaku OPPO Photographer Expert, salah satu kunci fotografi reflektif adalah bereksplorasi. Termasuk dalam mencari spot dengan permukaan reflektif yang menghasilkan pantulan menarik seperti air kubangan yang di media sosial kerap disebut “becekgram”.

Di bawah ini beberapa tips memotret foto reflektif yang dibagikan oleh Aries Lukman untuk foto menggunakan OPPO Reno8 Pro 5G dan Reno8 Z 5G. Kedua smartphone terbaru OPPO ini memiliki fitur kamera utama yang layak untuk kegiatan fotografi.

1. Temukan Permukaan Yang Reflektif

Ya, genangan air yang kerap kita hindari saat sedang jalan kaki, justru menjadi mainan bagi fotografer becekgram. Aries Lukman menyarankan memilih air kubangan di jalan beraspal atau permukaan yang didominasi warna hitam, karena pantulan objek atau subjek bakal lebih kelihatan.

Namun air hanyalah salah satu opsi, karena kita juga bisa menggunakan permukaan reflektif yang ada di lingkungan sekitar untuk digunakan dalam bidikan. Bahkan memotret diri di depan kaca termasuk foto reflektif, atau memotret cityscape dalam bingkai jendela. Layar smartphone, tablet, laptop, dan kaca rias pun bisa dimanfaatkan.

2. Pilih Momen Golden Hour

Menurut Aries Lukman, waktu terbaik untuk memotret foto reflektif adalah saat momen golden hour, bisa pagi atau sore sekitar pukul 16.00 - 18.00 WIB. Pancaran cahaya dari samping yang berwarna keemasan menjadikan foto tampak lebih dramatis. Jika hunting di kota, berbagai pantulan cahaya dari gedung di sekitar juga dapat dimanfaatkan sebagai reflektor.

3. Jangan Malu Jongkok

Misalkan kita menemukan spot air kubangan dengan pantulan yang menarik, jangan malu untuk jongkok untuk memotret dalam posisi low angle. Tipsnya putar smartphone 180 derajat agar posisi kamera di bawah dan lebih dekat ke permukaan genangan air sehingga area refleksi tampil lebih proporsional seperti bentuk aslinya.

4. Pilih Titik Fokus

Sebelum menekan tombol rana, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Termasuk cara memegang smartphone yang stabil, tak heran bila ada fotografer yang sampai rebahan agar smartphone tidak goyang dan foto tidak miring.

Selain itu, kita juga perlu memilih titik fokus sendiri ke subjek atau objek utama yang diinginkan agar pantulannya jelas maksimal. Biasanya kamera cenderung akan memilih fokus pada subjek foto terdekat.

5. Eksplorasi

Meski Anda dan teman Anda sama-sama menggunakan Reno8, karya foto yang diciptakan kualitasnya belum tentu sama. Balik lagi ke salah satu aspek penting, eksplorasi yang akan melatih mata, mengasah kreativitas, dan sebagainya.

Tak perlu terburu-buru, nikmati prosesnya sambil menambah jam terbang. Termasuk dalam menentukan komposisi yang diatur sedemikian rupa dengan latar belakang yang mendukung, pilih format horizontal atau vertikal, mencoba berbagai sudut pengambilan gambar, hingga memaksimal fitur dan pengaturan kamera yang ada.

Itulah lima tips memotret foto reflektif, terutama #becekgram dari Aries Lukman, OPPO Photographer Expert. Sebagai informasi, Reno8 Z 5G sudah dapat dipesan secara pre-order mulai tanggal 16 hingga 22 September 2022 dengan harga Rp5.999.000. Ia hadir dengan rangkaian fitur kamera berbasis AI seperti AI Portrait Retouching dan Bokeh Flare Portrait.