Dark
Light

5 Keunggulan Samsung Galaxy Z Series Dibanding HP Lipat Lainnya

by
3 mins read
October 7, 2024

Galaxy Z Series memang menjadi salah satu inovasi smartphone Samsung yang mendapat respon sangat positif dari para pecinta gawai. Maka tidak mengejutkan bila pertumbuhan hp lipat Samsung di Indonesia meningkat hingga 10 kali lipat sejak 2020 lalu.

Meskipun saat ini Samsung bukanlah pemain tunggal di pasar smartphone lipat, namun Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip berhasil membuktikan bahwa mereka masih mendominasi pasar. Hal ini dikarenakan kedua smartphone lipat Samsung tersebut berhasil standout dibanding para pesaingnya.

“Selain layar yang dapat dilipat dengan fitur dual screen mode, berkat baterai tahan lama, layar besar yang dilengkapi S Pen untuk multitasking, sistem pendingin terbaik agar tidak mudah panas, hingga 14 fitur Galaxy AI terbaru” kata Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Ilham menyebut bahwa inovasi yang hadir di Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 tersebut mampu menghadirkan keunggulan yang relevan dengan kebutuhan konsumen.  Sehingga membawa lebih banyak kemudahan dalam menjalani aktivitasnya ketimbang para kompetitornya.

Lantas, apa saja yang membuat Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold6 ini menjadi smartphone trendi yang bisa jadi andalan kamu sehari-hari dibandingkan HP lipat lainnya? Berikut adalah 5 kelebihan utama dari Samsung Galaxy Z Series.

Desain lipat yang kompak dan nyaman

Salah satu pembeda utama dari Galaxy Z Fold6 dan terutama Galaxy Z Flip6 ada pada dimensinya. Kedua smartphone ini memiliki form factor lipat yang tetap mengutamakan ergonomi dan kenyamanan saat digenggam. Sehingga digunakan di posisi terbuka atau tertutup dengan nyaman.

Kedua smartphone Galaxy Z Series ini juga memiliki Cover Screen yang lapang saat posisi tertutup. Z Flip6 berukuran 3,4 inci sedangkan Z Fold6 6,3 inci yang membuat kedua smartphone ini dapat langsung digunakan untuk berbagai kebutuhan bahkan tanpa dibuka.

Bentuk yang compact tersebut juga menjadikan kedua smartphone Galaxy Z Series ini memiliki bobot yang ringan. Z Flip6 hanya berbobot 187 gram yang membuatnya mudah dibawa-bawa di kantong baju atau mini pouch. Sedangkan Z Fold6 memiliki bobot hanya 239 gram.

Galaxy AI untuk pengalaman EPIC

Salah satu keunggulan utama dari Galaxy Z Series dibanding smartphone lain tentu ada pada fitur Galaxy AI. Apalagi Z Fold6 dan Z Flip6 menjadi seri yang paling awal untuk mendapatkan fitur-fitur Galaxy AI terbaru, sehingga bisa langsung dicoba untuk eksperimen.

Tercatat total ada 14 fitur Galaxy AI baru yang sudah tersedia di Galaxy Z Series. Mulai dari fitur AI populer Circle to Search, Photo Assist, Sketch to Image, Portrait Studio, hingga fitur Galaxy AI terbaru seperti Instant Slow-mo dan Live Effect.

Selain untuk berkreasi, Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 juga dilengkapi fitur-fitur AI yang membuat produktivitas semakin mudah dilakukan. Seperti Note Assist, Browsing Assist, Dual Interpreter, Live Translate, PDF Overlay Translation, hingga Smart Select.

Baterai lebih besar dukung produktivitas seharian

Keunggulan lain yang dapat dirasakan oleh para pengguna Galaxy Z Series ada pada ketahanan baterainya. Berkat pengembangan selama bertahun-tahun, Samsung berhasil menyematkan baterai berkapasitas besar sehingga aman digunakan selama seharian.

Z Flip6 memiliki kapasitas baterai 4.000mAh yang setara dengan milik Galaxy S24 reguler. Sedangkan Z Fold6 berkat dimensinya yang lebih besar memiliki kapasitas baterai 4.400mAh. Kehematan dua smartphone ini juga didukung dengan efisiensi adaprive refresh rate dan chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Multitasking kelas flagship

Baik Galaxy Z Flip6 maupun Z Fold6 sama-sama mendukung fitur multitasking yang lancar. Namun khusus Z Fold6 mampu menawarkan pengalaman ber-multitasking yang barun berkat kehadiran layar utamanya yang berukuran 7,6 inci.

Berkat layarnya yang besar tersebut, Z Fold6 memungkinkan pengguna untuk membuka tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar menggunakan fungsi multi-window. Sedangkan layar utama Z Flip6 memungkinkan pengguna untuk membuka 2 aplikasi saja.

Apalagi Samsung memastikan kedua smartphone Galaxy Z Series ini sudah mendapatkan One UI 6.1.1 yang memastikan semua aplikasi dan kegiatan multitasking yang dilakukan dapat berjalan dengan lebih mulus.

Pendinginan perangkat yang canggih dan efektif

Salah satu kekhawatiran yang sering ditemui oleh para pengguna smartphone high-end adalah masalah kontrol panas dan throttling. Untuk itulah Samsung menghadirkan teknologi Vapor Chamber untuk menjaga suhu smartphone terutama chipset lebih dingin.

Galaxy Flip6 adalah generasi Flip pertama yang mendapatkan teknologi vapor chamber. Sehingga masalah smartphone lipat ini menjadi panas dan penurunan performa dapat diredam dan membuat performa smartphone lebih stabil.

Sedangkan Galaxy Z Fold6 mendapat Vapor Chamber yang 1,6 kali lebih luas dibanding pendahulunya. Alhasil proses pendingan perangkatnya dapat lebih cepat dan optimal. Bermain game, bekerja secara multi-tasking, atau menggunakan fitur-fitur AI kini lebih tidak cepat panas.

Harga dan ketersediaan

Dengan berbagai keunggulan di atas, tidak mengejutkan bila Galaxy Z Fold6 maupun Z Flip6 mampu tetap mendominasi pasar smartphone lipat di Indonesia maupun di dunia. Apalagi ada berbagai varian internal dan harga yang bisa didapat dari dua smartphone ini:

Galaxy Z Fold6

Pilihan warna: Crafted Black, White, Silver Shadow, Pink, dan Navy

  • Z Fold6 varian 12GB+256GB = Rp26.499.000
  • Z Fold6 varian 12GB+512GB = Rp28.499.000
  • Z Fold6 varian 12GB+1TB = Rp31.999.000

Galaxy Z Flip6

Pilihan warna: Blue, Yellow, Silver Shadow, dan Mint

  • Z Flip6 varian 12GB+256GB = Rp17.499.000
  • Z Flip6 varian 12GB+512GB = Rp19.499.000

 

Previous Story

Huawei Watch GT 5 Series Kombinasikan Style, Kesehatan, dan Olahraga Level Pro

Next Story

Solusi AI Menarik Hadir Dari Pemenang Samsung Innovation Campus

Latest from Blog

Don't Miss

Solusi AI Menarik Hadir Dari Pemenang Samsung Innovation Campus

Inovasi teknologi sering kali lahir dari kepekaan terhadap masalah di

Pakai Flipsuit Case di Samsung Galaxy Z Flip6 Biar Makin Seru

Ada banyak cara bagi generasi Milenial dan Gen Z untuk