Dark
Light

Samsung Ungkap Rahasia Durabilitas Galaxy Z Flip6

by
2 mins read
August 9, 2024
Durabilitas Z Flip 6

Sejak hadir pertama kali pada tahun 2020 silam, seri Galaxy Z Flip memang menghadirkan standar dan pasar baru untuk smartphone. Berkat inovasi ‘lipatnya’, Galaxy Z Flip terus berkembang dan hadir sebagai smartphone sleek namun powerful.

Samsung memang mendorong banyak batasan baik dari sisi desain maupun engineering untuk membangun smartphone Galaxy Z Flip. Namun seri ini juga melahirkan berbagai teknologi baru dan juga desain revolusioner yang dinikmati para penggunanya.

Kerennya, Samsung ternyata berani mengungkap bagaimana mereka mampu membangun Galaxy Z Flip6 yang merupakan smartphone seri flip paling sempurna yang dibuat oleh Samsung. Lalu, apa saja komponen yang ada di dalam smartphone ini? Berikut penjelasannya.

Durabilitas Z Flip 6

1. Layar Utama

Sejak seri pertamanya, Galaxy Z Flip6 selalu mencuri banyak perhatian berkat layar utamanya yang bisa terlipat sempurna. Dan untuk hal tersebut Samsung menggunakan layar tipe Dynamic AMOLED terbaru yang memiliki material dan teknik desain baru.

Peningkatan signifikan ini terlihat dari lipatan di area layar Galaxy Z Flip6 setelah tertekuk yang semakin samar dibanding model terdahulu. Kehadiran lapisan Ultra Thin Glass (UTG) juga meningkatkan ketahanan layar terhadap benturan.

Terakhir, Samsung juga meningkatkan tingkat kecerahan maksimal pada Galaxy Z Flip6 dari 1750 nits menjadi 2600 nits. Sehingga membuat smartphone ini lebih nyaman digunakan meskipun di luar ruangan sekalipun.

2. Engsel

Untuk mendukung gerakan layar utamanya, Samsung juga mengembangkan teknologi engselnya pada Galaxy Z Flip6. Kini, desain engselnya lebih ramping dan pengalaman melipat yang lebih mulus. Membuat desainnya semakin mewah tapi tetap kuat.

Tidak hanya digunakan saat engsel terbuka atau tertutup penuh, Samsung juga memberikan fitur Flex Mode yang membuat pengguna dapat mengatur bukaan engsel dengan sudut antara 75 dan 115 derajat dengan bebas untuk berbagai fungsi.

3. Penutup engsel dan bodi

Pada saat posisi tertutup, salah satu sisi yang menarik pada Galaxy Z Flip6 ini ada pada penutup engsel di bagian atas. Dengan menggunakan bahan Enhanced Armor Aluminium, panel atas ini memberikan ketahanan sekaligus ciri khas unik.

Sedangkan untuk bodinya, Samsung memberikan warna-warna mewah yang meningkatkan estetika HP lipat ini berasal dari proses pelapisan anodisasi yang semakin optimal. Penggunaan bahan daur ulang pada perangkat ini pun menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

4. Vapor Chamber

Guna memastikan performa dari smartphone lipatnya tetap stabil, Galaxy Z Flip6 menjadi seri Z Flip pertama yang dilengkapi dengan vapor chamber. Komponen ini tentu sudah sering ditemui di smartphone flagship dan gaming.

Fitur ini mendistribusikan panas untuk membuat perangkat tidak terlalu panas. Dan para insinyur Samsung berusaha untuk memasangkan vapor chamber berukuran besar pada Galaxy Z Flip6 agar penyaluran panasnya dapat optimal.

5. Baterai utama

Meskipun memiliki bentuk yang kecil saat terlipat dan ramping saat terbuka, namun Galaxy Z Flip6 dilengkapi dengan baterai besar berkapasitas 4.000mAh. Menjadikan smartphone ini memiliki baterai terbesar di sejarah Galaxy Z Flip.

Samsung menggunakan teknik pencetakan pada sirkuit-sirkuit yang melindungi baterai utama untuk meminimalkan ukuran battery protection board, jadi kapasitas baterai bisa ditingkatkan dengan memaksimalkan ruang yang tersedia di Galaxy Z Flip6.

6. Baterai tambahan

Kehadiran baterai tambahan meningkatkan kinerja baterai pada Galaxy Z Flip6 lebih jauh lagi, lengkap dengan kepadatan energi yang lebih baik dari sebelumnya. Memastikan smartphone ini masih tetap dapat digunakan seharian tanpa masalah.

7. PBA utama

PBA (Printed Board Assembly) adalah tempat dari komponen-komponen utama seperti prosesor dan memori yang menjadi otak utama dari smartphone tersebut. Dan Galaxy Z Flip6 berhasil merancang PBA utama paling kompak.

Padahal, Galaxy Z Flip6 dilengkapi dengan chipset terbaik Snapdragon 8 Gen 3 dengan RAM sebesar 12 GB. Pada PBA tersebut juga terpasang dua buah kamera yaitu kamera utama 50 MP dengan OIS dan juga kamera ultra-wide 12 MP.

8. PBA tambahan

Di bagian bawah smartphone-nya, Galaxy Z Flip6 juga dilengkapi dengan PBA tambahan. PBA ini bertugas untuk menangkap berbagai pita frekuensi radio, mikrofon Micro Electro Mechanical System (MEMS), dan konektor USB Type-C berstandar internasional.

9. Back cover

Memberikan proteksi terbaik sekaligus tampilan mewah, kedua sisi utama dari Galaxy Z Flip6 ini telah dilengkapi dengan kaca Corning Gorilla Glass Victus 2. Sehingga bodi dari smartphone ini lebih kuat saat digunakan.

Kekuatan dari kaca Corning Gorilla tentunya sudah terbukti di banyak smartphone. Apalagi Corning dan Samsung telah bermitra selama bertahun-tahun

Harga dan ketersediaan Galaxy Z Flip6

Kamu bisa mendapatkan Galaxy Z Flip6 secara langsung di toko daring dan gerai retail terdekat. Galaxy Z Flip6 tersedia dalam varian 12GB/256GB dengan harga Rp17.499.000 dan 12GB/512GB dengan harga Rp19.499.000.

Terdapat varian warna Crafted Black, White, Peach, Blue, Yellow, Silver Shadow, dan Mint yang bisa dipilih sesuai preferensi. Menariknya, ada penawaran promo spesial yaitu trade in cashback atau pwp hingga Rp2.000.000, bank cashback hingga Rp1.000.000, dll.

Previous Story

Samsung Ajak Pengguna Maksimalkan Produktivitas dengan TWS Galaxy Buds3

Xiaomi Electric Scooter 4 Lite
Next Story

Xiaomi Perkuat Lini Produk Perlengkapan AIoT Rumahnya Lewat Produk Baru

Latest from Blog

Don't Miss

Tips ke Luar Negeri Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series

Sejak hadirnya Galaxy AI di smartphone-smartphone Samsung, banyak pengguna yang

Fitur AI di Neo QLED 8K TV, Jadikan Pengalaman Penuh Menonton TV

Salah satu sisi positif dari perkembangan teknologi yang cepat adalah