31 January 2022

by Lukman Azis

5 Alasan Kenapa Fitur Portrait Di Smartphone Itu Penting

Mulai dari efek kedalaman bokeh hingga video portrait sinematik

Dari tahun ke tahun, kemampuan kamera smartphone terus mengalami peningkatan. Tak hanya didukung sensor gambar yang berukuran lebih besar atau label lensa dari pabrikan kamera kenamaan, sistem kamera modern di smartphone mengandalkan prosesor pengolah grafis berbasis AI yang dikenal dengan nama Neural Processing Unit (NPU) dan perangkat lunak fotografi komputasi berbasis AI.

Berbagai inovasi kamera smartphone terus bermunculan, termasuk terobosan dalam mengambil foto portrait. Kenapa fitur portrait penting? Sebab portrait merupakan salah satu genre fotografi populer yang bisa dicoba oleh siapa saja, tak peduli Anda seorang pemula atau yang sudah berpengalaman.

Fotografi portrait juga menantang, karena melibatkan orang dalam prosesnya dan kita perlu berinteraksi dengan subjek agar ekspresinya natural. Karena fotografi portrait bertujuan untuk menangkap kepribadian seseorang, maka hasil fotonya harus mampu menceritakan orang tersebut.

Smartphone yang mengunggulkan kemampuan portrait adalah Reno series dan masih akan menjadi fitur andalan di perangkat OPPO 2022. Berikut lima alasan kenapa fitur portrait di smartphone itu penting.

1. Bokeh

Dulu untuk mendapatkan efek bokeh, kita harus memasangkan kamera DSLR atau mirrorless dengan lensa ber-aperture besar. Namun sekarang kamera smartphone sudah dapat memberikan efek bokeh yang artistik lewat mode kamera portrait, bahkan di OPPO Reno6 misalnya intensitas bokehnya bisa diatur dari f0.95 hingga f16.

Dengan latar belakang bokeh, subjek bisa tampil lebih menonjol. Untuk mendapatkan efek kedalaman ini, usahakan subjek cukup jauh dari latar belakang dan kita bisa agak mendekat. Efek bokehnya tidak selalu sempurna, terkadang rambut atau tepian subjek tidak terpisah secara rapi, solusinya selalu bidik lebih dari satu kali.

2. Beauty

Ya, fitur portrait yang satu ini tentu sangat digemari oleh kaum hawa. Dalam perkembangannya banyak aspek yang bisa disesuaikan dan dapat ditampilkan secara real-time, serta bisa digunakan pada mode video.

Dulu untuk mempercantik foto, kita perlu mengandalkan Photoshop yang menawarkan tool super lengkap, tetapi butuh keterampilan untuk menggunakannya. Sekarang untuk memutihkan kulit wajah, menyamarkan bekas jerawat, membuat bentuk muka lebih lonjong, dan banyak lagi bisa diatur lewat jentikan jari saja.

3. Filter

Untuk menghasilkan foto portrait yang unik, penggunaan filter dapat memberi efek khusus pada hasil foto. Sebagai contoh, di mode kamera portrait Reno6 dapat ditemui beberapa filter menarik seperti natural, sweet, delight, crystal, misty, warm, candy, B&W, moonrise, country, dan portrait.

Namun yang paling spesial adalah AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait. Dengan AI Color Portrait, subjek akan dibuat lebih menonjol karena tetap mempertahankan warna sebenarnya, sementara latar belakangnya hitam putih. Biar dramatis, pastikan subjek mengenakan pakaian dengan warna yang colorful.

4. Portrait Malam

Dengan penggabungan teknik long exposure dan algoritme AI, kamera smartphone dapat menghasilkan foto malam yang cerah. Untuk foto portrait malam, OPPO melengkapi Reno6 series dengan fitur Bokeh Flare Portrait yang menggunakan algoritme low light HDR dengan efek neon yang artistik saat latar belakang dihiasi oleh banyak lampu.

Pencahayaan tetap perlu diperhatikan, carilah tempat dengan kondisi cahaya yang cukup baik. Faktor utama lainnya adalah kualitas sensor gambar, kabar baiknya perangkat Reno yang akan datang bakal dibekali sensor Sony IMX 709 yang dikembangkan OPPO bersama Sony.

Sensor ini memiliki keunggulan 60% peningkatan sensitivitas cahaya dan pengurangan noise signifikan sebesar 35% jika dibandingkan dengan sensor yang terdapat pada Reno6. OPPO juga menempatkan sensor RGBW yang baru sehingga dapat menghasilkan foto portrait yang lebih jernih dan natural.

5. Sinematik

Tak melulu foto, konten video pendek juga terus meningkat di media sosial. Perangkat Reno series juga dikenal sebagai portrait video expert, OPPO mengadopsi fotografi komputasional untuk meningkatkan kemampuan fotografi dan membuat terobosan signifikan dalam videografi smartphone.

Mulai AI Color Portrait pada Reno4 series yang menandai fitur video kreatif pertama yang didukung oleh fotografi komputasi. Kemudian Reno5 membawa mode AI Highlight Video yang memungkinkan pengambilan video dalam situasi pencahayaan menantang seperti kondisi backlight dan AI Mix Portrait yang menggabungkan video portrait efek dual exposure.

Fitur video portrait terbaru di Reno6 ialah Bokeh Flare Portrait Video yang memungkinkan menghasilkan rekaman dengan efek 'bokeh sinematik'. Singkatnya Reno6 menggunakan AI deep learning untuk melakukan pemahaman frame-by-frame dari video untuk membedakan secara akurat antara subjek video dan latar belakang. Selama proses perekaman, ukuran dan kecerahan lampu bokeh akan berubah berdasarkan pergerakan kamera dan perubahan kedalaman.

Itulah lima alasan kenapa fitur portrait di smartphone itu penting. Kira-kira fitur portrait seperti apa yang akan datang pada penerus Reno6 yang segera dirilis sebentar lagi?

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.