Dark
Light

5 Alasan Mengapa Kamera Samsung Galaxy S23 Adalah yang Paling Epik di Kelasnya

by
2 mins read
February 5, 2023
Kamera Samsung Galaxy S23

Samsung memang baru saja mengumumkan hadirnya smartphone flagship terbaru mereka, Galaxy S23 Series. Dan seperti biasa, Samsung selalu membuat produk unggulannya tersebut sebagai tolok ukur dalam dunia smartphone.

Untuk Galaxy S23 ini, Samsung menyoroti kameranya yang diklaim sebagai yang tercanggih dengan performa paling powerful. Samsung bahkan menyebut bahwa Galaxy S23 adalah smartphone yang lebih epik dari yang lain.

“Galaxy S23 Ultra 5G hadir dengan Adaptive Pixel 200MP yang lebih epic karena sensor gambar terbaru yang memungkinkan detail gambar yang luar biasa dengan resolusi 16 kali lebih tinggi,” ujar Elvira Dwi Anggraeni, MX Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Lalu apa saja inovasi yang dibawa oleh kamera Samsung Galaxy S23 series ini? Berikut adalah beberapa poinnya.

1. Inovasi teknologi untuk kamera 200MP terbaik di berbagai kondisi

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G memang hadir dengan resolusi super Adaptive Pixel 200MP. Namun berbeda dari smartphone lain dengan resolusi serupa, Samsung menyematkan sensor baru ISOCELL HP2.

Sensor ISOCELL HP2 ini memiliki kemampuan yang memungkinkan detail gambar yang luar biasa dengan resolusi 16 kali lebih tinggi tanpa membuat ukuran fisik kamera terlalu besar.

Hasilnya, pengguna bisa menikmati resolusi yang lebih tinggi tanpa harus terganggu dengan kamera yang lebih besar dan lebih tebal, sehingga pengguna pada akhirnya bisa mendapatkan smartphone yang tetap berpenampilan sleek.

2. Kemampuan auto-focus next-level dengan Super QPD

Image Credit: Samsung

Dengan berbagai momen yang terjadi cepat di sekitar kita, Samsung juga mempersiapkan kamera dari smartphone terbaiknya untuk dapat mengunci fokus secepat mungkin.

Maka dari itulah, Samsung juga membekali smartphone-nya dengan teknologi Super QPD. Teknologi ini memungkinkan ISOCELL HP2 menggunakan seluruh 200 juta piksel untuk pemfokusan, terutama di kondisi minim cahaya.

Hasilnya, kamera dari Samsung Galaxy S23 Ultra 5G ini bisa melakukan auto-focus dengan lebih cepat dan lebih akurat dengan shutter lag yang lebih minim. Hal ini bahkan berlaku di kondisi ruangan yang hanya diterangi sebuah lilin sekalipun.

3. Fitur Tetra2pixel untuk pengolahan cahaya pada hasil kamera

Image Credit: Samsung

Samsung sepertinya paham bahwa pengguna smartphone mereka akan mengambil foto di berbagai macam kondisi. Maka dari itu mereka menyematkan teknologi pixel-binning Tetra2pixel untuk mengatur pencahayaan pada hasil gambarnya.

Dengan teknologi ini gambar yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy S23 Ultra 5G akan tetap minim noise di berbagai kondisi pencahayaan. Teknologi ini bahkan juga beradaptasi dengan sensor dari kameranya.

Hal ini memungkinkan Galaxy S23 Ultra 5G untuk menghasilkan gambar yang selalu jernih dan tajam. Dan yang pasti akan memiliki pencahayaan yang selalu optimal di berbagai kondisi yang diambil oleh para penggunanya.

4. Hasil Foto dan Video Nightography yang semakin epic

Image Credit: Samsung

Untuk mendukung sensor ISOCELL HP2 dalam melakukan perekaman foto 200MP ataupun perekaman video 8K 30fps dan 4k 60fps, Samsung juga menyematkan teknologi Optical Image Stabilizer (OIS) semua arah.

Hasilnya, baik foto maupun video yang dihasilkan menjadi lebih utuh, lebih tajam, dan semakin sinematik, termasuk dalam kondisi minim cahaya yang disebut Samsung sebagai Nightography.

Peningkatan teknologi Nightography juga didukung pengembangan fitur-fitur fotografi dan videografi di malam hari, seperti salah satunya adalah Super HDR untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam walau gelap.

Contoh lainnya adalah fitur Astrophoto, yang memungkinkan penggunanya Galaxy S23 Ultra 5G untuk menangkap keindahan bintang di langit malam hari langsung dari smartphone mereka.

5. Operasional maksimal lewat Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform for Galaxy

https://www.youtube.com/watch?v=iBvfhAuSdUQ

Hal terakhir yang membedakan kamera 200MP di Samsung Galaxy S23 Ultra 5G dan Galaxy S23 Series 5G dibanding perangkat lain adalah kehadiran chipset terbaru Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform for Galaxy.

Prosesor yang didesain khusus hasil kolaborasi Samsung dengan Snapdragon ini memungkinkan pengguna menikmati pengalaman content creation beresolusi tinggi yang lebih epik.

Kolaborasi tersebut menghasilkan pemrosesan tingkat tinggi dalam berbagai kebutuhan membuat konten. Salah satunya adalah memaksimalkan AI terbarukan untuk pemfokusan hingga pengaturan exposure secara otomatis.

Itu tadi 5 alasan mengapa kamera dari Samsung Galaxy S23 Series dan Galaxy S23 Ultra merupakan salah satu yang tercanggih dan juga terbaik di kelasnya, membuat smartphone ini mampu menciptakan kualitas konten terbaik di berbagai kondisi.

Bigetron Alpha MPL ID Season 11
Previous Story

Bawa 8 Pemain, Berikut Roster Bigetron Alpha di MPL ID Season 11

Next Story

Hadirkan 10 Tim, Turnamen MLBB Women’s Invitational 2023 Resmi Dimulai

Latest from Blog

Don't Miss

Hybrid dan StreetMoment Hadirkan Workshop Bareng Galaxy A35 5G

Hybrid.co.id bersama Technologue.id menggunakan brand Hypertech bekerja sama dengan komunitas
Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Galaxy AI berbahasa Indonesia dikembangkan dengan modal data yang berkualitas