31 January 2023

by Dimas Galih W.

Samsung Galaxy S23 Bakal Gunakan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy

Samsung akan menggunakan chipset Qualcomm snapdragon 8 gen 2 for galaxy yang berbeda dengan perangkat lainnya.

Samsung sepertinya telah meninggalkan penggunaan Exynos pada smartphone flagship-nya. Padahal, chipset Exynos digadang memiliki GPU kencang karena bekerja sama dengan AMD. GPU yang digunakan memiliki arsitektur RDNA2 yang juga digunakan pada CPU AMD untuk mobile. Dan saat ini, Samsung sepertinya lebih fokus untuk menghadirkan flagship-nya dengan Snapdragon.

Baru-baru ini muncul gosip mengenai semua lini Samsung Galaxy S23 akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2. Namun yang membedakan, rumor tersebut mengatakan bahwa chipset Snapdragon 8 Gen 2 tersebut akan berbeda dengan yang digunakan pada perangkat lain. Ternyata, gosip tersebut dikonfirmasi dengan munculnya logo promosi untuk Samsung Galaxy S23.

Logo promosi tersebut pertama kali dimunculkan oleh Roland Quandt melalui akun Twitter-nya. Logo Snapdragon 8 Gen 2 yang ada ditambahkan tulisan "For Galaxy" pada bagian bawahnya. Lalu apa yang membedakan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy dengan Snapdragon 8 Gen 2 biasa?

Snapdragon 8 Gen 2 yang saat ini beredar diproduksi pada pabrik TSMC asal Taiwan. Kabarnya, Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy merupakan kerjasama ekslusif antara Samsung dan Qualcomm di mana chipset ini diproduksi pada pabrik Samsung sendiri. Hal tersebut kemungkinan untuk menghindari kurangnya pasokan chipset untuk smartphone Samsung sendiri.

Kabar lainnya adalah Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy dikabarkan memiliki clock CPU dan GPU yang lebih kencang. Hal ini menandakan bahwa kinerja dari Samsung Galaxy S23 seharusnya akan lebih baik jika dibandingkan dengan smartphone lain yang memakai Snapdragon 8 Gen 2. Hal ini tentu saja akan membuatnya lebih menarik karena peningkatannya tidak hanya pada kamera yang bakal memiliki resolusi 200 MP.

Nama kode dari chipset Snapdragon 8 Gen 2 untuk Samsung Galaxy S23 sendiri adalah SM8550-AC. Untuk varian Snapdragon 8 Gen 2 biasa namanya adalah SM8550-AB. Jadi, jangan heran jika nantinya perangkat ini akan memiliki pendeteksian chipset yang berbeda dengan perangkat Snapdragon 8 Gen 2 biasa.

Semoga saja chipset ini nantinya akan memiliki heatsink yang lebih baik. Peningkatan clock pada CPU dan GPU tentu saja akan menaikkan suhu saat digunakan. Apalagi, pernah ada kabar bahwa chipset yang diproduksi pada pabrik Samsung memiliki panas yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang diproduksi pada TSMC. Oleh karena itu, waktu lah yang akan berbicara apakah chipset ini akan lebih panas atau tidak.

Samsung Galaxy S23 bakal diumumkan pada tanggal 1 Februari 2023. Oleh karena itu nantikan informasi mengenai perangkat yang satu ini hanya di Hybrid.co.id

Sumber: GizChina