Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Menakar Raihan Atlet Esports Indonesia di FIFA 20 Global Rankings

23 July 2020Narendra Soejoedi

Nama atlet esports asal Indonesia tercatat dalam peringkat 100 pemain terbaik FIFA 20 di dunia.

Gelaran turnamen global FIFA 20 mengalami pembatalan dan penyesuaian baru. Berdasarkan info yang diumumkan, EA terpaksa memutuskan untuk membatalkan seluruh gelaran turnamen offline beberapa disiplin esports mereka.

Dengan pertimbangan zona waktu dan latency EA selaku organizer dari FIFA 20 Global Series akhirnya mencoba memulai inisiatif baru dengan menggelar FIFA 20 Summer Cup Series yang dibagi ke dalam beberapa region.

Adapun beberapa gelaran dari rangkain Global Series FIFA 20 yang harus terhenti antara lain adalah FCC Stage VI, EA Sports FIFA 20 Global Series Playoff, FIFA eNations Cup 2020, dan yang tentu saja cukup mengecewakan, FIFA eWorld Cup 2020.

Setelah diumumkan batal, sampai sekarang masih belum ada kepastian apakah eWorld Cup akan digelar oleh FIFA. FIFA 20 Summer Cup Series akan mengisi turnamen yang akan memperebutkan Global Series Point untuk melaju di kompetisi kasta tertinggi FIFA 20 yang masih belum bisa dipastikan akan digelar atau tidak.

Seluruh raihan poin sebelum 3 Maret 2020 akan diperhitungkan EA dalam menyusun global ranking. Berdasarkan raihan poin, hadiah uang sebesar 700.000 Dolar Amerika akan dibagikan sesuai urutan ranking. Sejumlah 100 pemain teratas secara global akan mendapat bagian hadiah sesuai yang ditentukan oleh EA. Posisi peringkat ini juga akan menentukan pengisian slot di turnamen FIFA 20 Summer Cup Series 2020.

Secara global ternyata urutan ranking teratas masih didominasi oleh pemain dari region Eropa. Beberapa hal yang bisa dicermati adalah capaian dari pemain yang berasal dari region Asia dan Amerika Selatan. Pada urutan teratas terdapat seorang pemain dari Brazil, SLB Zezinho, yang menduduki peringkat kedua di bawah pemain asal Italia bernama QLASH CRAZY.

Menelusuri performa Indonesia dari ranking global, ternyata muncul satu nickname yaitu, RAJA Pugu yang berasal dari orgnisisasi RAJA Esports yang duduk di peringkat ke-32 secara global di platform PS4. Sedangkan rekan satu timnya juga muncul di peringkat 71 atas nama RAJA KnyP. Nama RRQ Eggsy dari organisasi esports RRQ juga masuk ke dalma global ranking tetapi masih tercatat di peringkat ke-136.

Salah satu negara lagi yang tidak terduga muncul di deratan 100 besar adalah Afrika Selatan. Di platform PS4, Afrika Selatan diwakilkan oleh Ynvg_Savage_04 di peringkat ke-73. Masih dari region yang sama, Mesir juga menjadi negara asal region Afrika yang bisa duduk di peringkat 30. Hal ini bisa menunjukkan bahwa esportstengah berkembang di region Afrika.

Kembali kepada FIFA 20 Summer Cup Series 2020. Beberapa waktu yang lalu region Eropa sudah meyelasaikan FIFA 20 Summer Cup Series dengan mendaptakan Ollelito dair tim NIP sebagi juaranya. Meskipun demikian saat ini Ollelita masih duduk di peringkat ke-5 dunia.

Sedangkan untuk region Asia masih bisa kita nantikan dan dukung terus wakil Indonesia gelaran FIFA 20 Summer Cup Series yang direncanakan berlangsung di tanggal 28 Juli 2020 mendatang.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV