Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

2022 Pokemon Unite Championship Series Dimulai, Pembajak Switch Dihukum 3 Tahun Penjara

14 February 2022Ellavie Ichlasa Amalia

Motorsport rilis konten baru untuk rFactor, Free Fire menghilang dari App Store dan Play Store di India

Minggu lalu, ada beberapa berita menarik di industri game dan esports. Salah satunya, Gary Bowser, pemimpin dari grup pembajak konsol-konsol Nintendo, akhirnya dikenakan hukuman penjara selama 40 bulan. Sementara itu, game Free Fire menghilang dari App Store dan Play Store di India. Pada minggu lalu, Motorsport Games juga merilis update baru untuk rFactor 2.

Di sisi esports, The Pokemon Company mengungkap informasi tentang 2022 Pokemon Unite Championship Series. Sementara Bitstamp mulai bekerja sama dengan organisasi esports Immortals. Di DPC Regional Finals, Fnatic kalah dari Team SMG, yang membuatnya terdepak dari turnamen tersebut.

Pembajak Switch, Gary Bowser, Dikenakan Hukuman Penjara Selama 3 Tahun

Pemimpin dari Team Xecuter, Gary Bowser, dikenakan hukuman penjara selama 40 bulan atau 3 tahun 4 bulan. Team Xecuter adalah tim hackers yang membuat dan menjual modchips serta software untuk melakukan jailbreaking ke konsol-konsol Nintendo, termasuk Switch. Bowser ditangkap pada Oktober 2020 di Republik Dominika. Dia kemudian diekstradisi ke Amerika Serikat. Pada awalnya, dia mengaku bahwa dia memang telah membuat software untuk melakukan jailbreaking dan memperjualbelikan software tersebut. Alhasil, dia dikenakan denda sebesar US$4,5 juta. Sebulan kemudian, dia dikenakan denda lagi sebesar US$10 juta setelah Nintendo menuntut Bowser secara terpisah.

Pengacara Amerika Serikat, Nick Brown mengatakan, apa yang dilakukan oleh Team Eexcuter menyebabkan kerugian sebesar sekitar US$65 juta ke perusahaan-perusahaan game. Walau fakta Bowser dikenakan hukuman adalah kabar baik, sayangnya, dua rekan Bowser — Max Louarn dan Yuanning Chen — masih belum dikenakan hukuman apapun. Pemerintah AS tengah berusaha untuk melakukan ekstradisi pada Louarn, yang kini ada di Prancis. Sementara itu, Chen masih bebas, seperti yang disebutkan oleh PC Gamer.

2022 Pokemon Unite Championship Series Telah Dimulai

The Pokemon Company baru saja mengungkap informasi tentang 2022 Pokemon Unite Championship Series, turnamen esports terbesar untuk mobile MOBA, Pokemon Unite. Turnamen itu akan dibuka dengan babak kualifikasi yang diadakan pada setiap bulan, dimulai pada Februari 2022. Seri turnamen tersebut akan diakhiri dengan World Championship, yang bakal diadakan di London, Inggris. Dikabarkan, Pokemon Unite Championship Series menawarkan total hadiah sebesar US$1 juta.

2022 Pokemon Unite Championship Series bakal dimulai pada Februari 2022. | Sumber: Esports.net

Pokemon Unite Championship Series akan mencakup tujuh kawasan yang berbeda, yaitu Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia Pasifik, Eropa, Jepang, Korea Selatan, dan Oceania. Untuk bisa ikut dalam turnamen ini, pemain harus sudah memiliki tim yang terdiri dari lima pemain. Setelah itu, pemain bisa mendaftarkan timnya melalui Battlefy. Saat bertanding di turnamen tersebut, para peserta bisa menggunakan Nintendo Switch atau smartphone, baik iPhone maupun Android.

Free Fire Menghilang dari App Store dan Play Store di India

Pada akhir pekan kemarin, game Free Fire menghilang dari App Store dan Play Store di India. Tak hanya itu, gamers India yang telah mengunduh game tersebut di smartphone mereka mengeluhkan masalah login. Hal ini mereka ungkap melalui media sosial. Menurut laporan Dot Esports, Free Fire MAX juga menghilang dari App Store.

Sayangnya, tidak diketahui kenapa game battle royale buatan Garena itu mendadak menghilang dari App Store dan Play Store di India. Baik Garena atau pemerintah India belum memberikan komentar apapun terkait hal ini. Namun, setidaknya, akun Facebook resmi dari Free Fire mengatakan bahwa mereka telah menyadari adanya masalah login dan hendak melakukan investigasi terkait masalah tersebut.

Kalah dari Team SMG, Fnatic Terdepak Keluar dari DPC Regional Finals

Fnatic terdepak dari DPC Regional Finals setelah kalah dua kali berturut-turut. Kekalahan pertama Fnatic dari T1 membuat mereka terlempar ke lower bracket. Di sana, mereka harus bertanding melawan Team SMG — yang dikalahkan oleh BOOM Esports di hari pertama. Ketika berhadapan dengan Fnatic, Team SMG menggunakan strategi yang sama dengan T1. Mereka memaksa Fnatic untuk bermain dengan tempo cepat ketika mereka memilih untuk memainkan Storm Spirit di game pertama dan Queen of Pain di game kedua, menurut laporan Gosu Gamers.

Daftar pertandingan DPC Regional Finals. | Sumber: Gosu Gamers

Setelah mengalahkan Fnatic di lower bracket, Team SMG maju untuk melawan BOOM Esports. Pertandingan itu dimenangkan oleh BOOM, dengan skor 2-1. Dalam pertandingan final, BOOM harus berhadapan dengan T1. BOOM memenangkan pertandingan best-of-5 itu dengan skor 3-1.

Bursa Cryptocurrency, Bitstamp Berkolaborasi dengan Tim Esports Immortals

Bitstamp baru saja menandatangani kontrak kerja sama dengan organisasi esports Immortals. Dengan ini, Bitstamp resmi menjadi bursa cryptocurrency untuk para pemain Immortals. Tak hanya itu, Immortals juga membuat tim kreator konten untuk menjadi brand ambassador dari Bitstamp. Di masa depan, Immortals juga hendak mengintegrasikan crypto atau menjajaki NFT dengan dukungan dari Bitstamp.

“Kerja sama kami dengan Immortals ini sesuai dengan misi kami untuk memberdayakan konsumen dengan menyatukan crypto dan gaming,” kata Bobby Zagotta, CEO Bitstamp, dikutip dari VentureBeat. “Komunitas esports dipenuhi dengan berbagai macam orang dan mereka cenderung sangat tertarik akan evolusi digital. Mereka adalah salah satu pihak pertama yang tertarik untuk mengintegrasikan aset digital dengan industri mereka.”

Motorsport Games Rilis Konten Baru untuk rFactor 2

Minggu lalu, Motorsport Games meluncurkan update konten untuk rFactor 2, game simulasi balapan buatan mereka. Bersamaan dengan itu, mereka juga merombak user interface dari game tersebut. Di masa depan, Motorsport Games berencana untuk merilis konten baru untuk rFactor 2 setiap kuartal, termasuk sirkuit dan chassis mobil baru. Sejauh ini, rFactor 2 telah digunakan di beberapa kompetisi balapan virtual, seperti 24 Hours of Le Mans Virtual Series dan INDYCAR-Motorsport Games Pro Challenge.

Motorsport baru saja berikan konten baru untuk rFactor 2. | Sumber: Steam

“Saya menggunakan rFactor 2 untuk mempersiapkan diri menjelang balapan di dunia nyata. Karena, game simulasi itu menawarkan pengalaman balapan yang otentik,” kata Fernando Alonso, pebalap Alpine Formula One yang pernah menjuarai F1 World Drivers dua kali, dikutip dari Motor1. Lebih lanjut, dia menjelaskan, rFactor 2 memungkinkannya untuk melakukan kustomisasi pada mobil dan berlatih di sirkuit yang sesuai dengan tempatnya balapan di dunia nyata.

IEM Katowice Fantasy Kini Sudah Bisa Dimainkan

IEM Katowice 2022 akan dimulai pada 15 Februari 2022. Dengan itu, game IEM Katowice Fantasy pun sudah bisa mulai dimainkan pada minggu lalu. Game Fantasy itu merupakan hasil kerja sama antara HLTV dengan BitSkins. Dalam game Fantasy, para pemain bebas untuk membuat “dream team” mereka. Mereka akan mendapatkan poin berdasarkan performa dari para atlet esports yang mereka pilih. Sejauh ini, para pemain game Fantasy bisa memilih semua atlet esports yang berlaga di IEM Katowice.

Dari semua pemain profesional yang bisa dipilih dalam Fantasy, atlet-atlet esports dari G2 Esports, Vitality, dan Natus Vincere (NAV) menjadi favorit para gamers. Selain itu, Nick “nitr0” Cannella dari Team Liquid, juga menjadi salah satu pemain favorit para gamers Fantasy. Menurut HLTV, hal ini menunjukkan harapan para gamers Fantasy bahwa Team Liquid akan bisa memberikan performa yang baik di IEM Katowice.

Sumber header: GameSpot

Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV