26 October 2022

by Glenn Kaonang

10 Proyek NFT Termahal yang Dirilis di Tahun 2022

Tren NFT cenderung agak mereda di tahun 2022, namun itu tidak mencegah proyek-proyek NFT yang baru dirilis tahun ini terjual dengan harga fenomenal

Meski istilah "NFT" sudah mulai digunakan sejak tahun 2017, perhatian publik baru tertuju ke ranah NFT di tahun 2020, tepatnya ketika pertumbuhan pasarnya naik secara dramatis berkat popularitas proyek seperti CryptoPunks dan NBA Top Shot. Puncaknya terjadi di tahun 2021, persisnya ketika proyek-proyek NFT seperti Bored Ape Yacht Club, Cool Cats, dan Doodles, terus diburu oleh para kolektor yang berani membayar mahal, yang tidak jarang juga termasuk para selebriti.

Memasuki tahun 2022, tren NFT cenderung mulai mereda, bertepatan dengan dimulainya fenomena "crypto winter". Namun ini tidak mencegah kalangan kreator menciptakan proyek-proyek NFT yang tidak kalah hype dari tahun sebelumnya, dan ini bisa kita lihat dari perputaran uang yang berlangsung di komunitas masing-masing proyek.

Di artikel ini, saya telah merangkum 10 proyek NFT termahal yang dirilis di tahun 2022. Karena kriterianya seperti itu, maka proyek keluaran tahun-tahun sebelumnya, macam CryptoPunks maupun Bored Ape, tidak akan saya cantumkan ke dalam daftar walaupun mungkin harga jualnya masih lebih tinggi. Sumber data yang saya pakai adalah DappRadar, yang mencatat aktivitas perdagangan hampir setiap koleksi NFT sejak awal peluncurannya.

1. Otherdeed — $1,57 juta

Setelah sukses besar dengan Bored Ape di tahun 2021, Yuga Labs membuat gebrakan pada Maret 2022 dengan mengakuisisi proyek NFT CryptoPunks dan Meebits dari kreator aslinya, Larva Labs. Pada bulan yang sama, Yuga juga mengumumkan sebuah proyek metaverse yang sangat ambisius bernama Otherside.

Sebagai langkah awal dari pembangunan metaverse-nya, Yuga meluncurkan koleksi NFT lahan virtual bernama Otherdeed pada 30 April 2022. Total ada 100.000 aset NFT Otherdeed yang dirilis, 55.000 di antaranya dijual ke publik. Rupanya tidak butuh waktu lama bagi Otherdeed untuk menjadi komoditas yang sangat berharga. Pada 8 Mei, Otherdeed #59906 laku terjual di secondary market dengan harga 625 ETH — atau setara $1,57 juta pada saat itu — menjadikannya sebagai NFT keluaran tahun 2022 yang termahal sejauh ini.

2. Azuki — $1,42 juta

Dengan mengusung nuansa anime yang kental serta arahan visual yang menawan, proyek NFT Azuki besutan Chiru Labs dengan cepat mencuri perhatian para kolektor ketika diluncurkan pertama kali pada 12 Januari 2022. Meski kreatornya sempat dilanda skandal, popularitas Azuki tetap kuat hingga sekarang. Chiru Labs bahkan sempat merilis koleksi NFT kedua bernama Beanz yang disiapkan sebagai pelengkap Azuki, tidak ketinggalan pula inovasi bernama Physical Backed Token baru-baru ini.

Dari total 10.000 aset NFT Azuki, yang tercatat sebagai yang paling mahal adalah Azuki #9605, yang pada 30 Maret lalu terjual seharga 420,7 ETH, atau kurang lebih setara $1,42 juta sesuai kurs Ether pada saat itu.

3. Invisible Friends — $1,3 juta

Invisible Friends merupakan proyek NFT hasil kolaborasi animator berdarah Swedia, Markus Magnusson, dengan studio bernama Random Character Collective. Dirilis pertama kali pada 23 Februari, proyek ini dengan cepat menuai popularitas berkat konsepnya yang unik, ditambah lagi dengan formatnya yang animated.

Selain meluncurkan 5.000 aset yang membentuk koleksi NFT Invisible Friends, Random Character Collective rupanya juga merilis edisi spesial yang hasil penjualannya didonasikan secara penuh ke yayasan amal. Aset spesial yang dimaksud adalah Golden Friend, yang terjual seharga 496,69 WETH, atau setara $1,3 juta di hari penjualannya pada tanggal 23 Februari.

4. Moonbirds — $1,03 juta

Posisi keempat proyek NFT rilisan tahun 2022 termahal diduduki oleh Moonbirds besutan studio Proof Collective. Hanya beberapa hari setelah diluncurkan pada 16 April 2022, Moonbirds dengan cepat menjadi salah satu NFT yang paling diburu di pasaran dan membukukan angka volume perdagangan yang fantastis.

Secara total, Proof merilis 10.000 NFT Moonbirds, akan tetapi satu aset yang paling mencuri perhatian adalah Moonbird #2642, yang pada tanggal 23 April berhasil terjual di secondary market seharga 350 ETH. Angka tersebut setara dengan $1,03 juta apabila dihitung berdasarkan nilai tukar Ether pada saat itu.

5. CyberBrokers — $513 ribu

CyberBrokers adalah proyek NFT kreasi artis Josie Bellini yang diluncurkan pada 4 Maret 2022. Dibanding koleksi NFT pada umumnya, CyberBrokers terkesan unik berkat lore ekstensif yang diciptakan oleh kreatornya. Secara total, ada 10.001 karakter yang diklasifikasikan menjadi enam class yang berbeda dalam CyberBrokers. Menariknya, setiap karakter tersebut memiliki namanya sendiri, bukan sekadar nomor seperti yang sering kita dijumpai pada kebanyakan koleksi PFP NFT.

Dari keseluruhan karakternya, yang berhasil terjual dengan angka fenomenal adalah Gnash. Pada 31 Maret, seseorang rela meminang NFT bergambar tikus antropomorfik tersebut di harga 150 ETH, atau setara $513 ribu ketika itu.

6. Phanta Bear — $462 ribu

Phanta Bear adalah proyek PFP NFT hasil kolaborasi antara brand fashion PHANTACi dan perusahaan blockchain EzekClub. PHANTACi sendiri adalah brand fashion yang didirikan oleh Jay Chou, dan proyek ini dapat dilihat sebagai perwujudan visi sang artis Mandopop terkait era Web3.

Diluncurkan pada 1 Januari 2022, Phanta Bear menjanjikan banyak utilitas bagi para kolektornya. Secara total, ada 10.000 NFT PhantaBear yang di-mint di hari pertama 2022, dan yang memegang rekor termahal sejauh ini adalah Phanta Bear #9999, yang terjual seharga 148 ETH pada tanggal 11 Januari, atau setara dengan $462 ribu kala itu.

7. Arcade Land — $318 ribu

Oleh pengembangnya, Arcade dideskripsikan sebagai open metaverse yang terbuka untuk semua komunitas NFT. Di Arcade, pemain dapat saling berinteraksi dan berpartisipasi dalam beberapa mode permainan menggunakan PFP NFT populer sebagai karakternya. Tidak tanggung-tanggung, pengembangnya sejauh ini sudah berhasil menggandeng nama-nama besar seperti Bored Ape, Mutant Ape, Phanta Bear, mfers, CyberKongz, dan masih banyak lagi.

Sama seperti Otherside besutan Yuga Labs, Arcade juga mengawali debutnya dengan meluncurkan koleksi NFT lahan virtual bernama Arcade Land. Total ada 10.000 aset NFT Arcade Land yang dirilis pada 4 Maret 2022. Satu yang paling mencuri perhatian adalah Arcade Land Mega #82, yang laku di secondary market seharga 99 ETH, atau setara dengan $318 ribu di hari penjualannya pada tanggal 9 April.

8. Karafuru — $306 ribu

Proyek NFT yang satu ini semestinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Diluncurkan pada 17 Januari 2022, Karafuru merupakan salah satu proyek NFT lokal yang sangat populer bahkan di pasar internasional sekali pun. Berkaca pada kesuksesan Karafuru, kreatornya — artis WD_Willy dan Museum of Toys — juga sempat berkolaborasi dengan Hypebeast untuk menciptakan koleksi baru bertajuk Karafuru 3D.

Dari total 5.555 NFT Karafuru yang tersedia, yang tercatat sebagai yang paling mahal adalah Kainko #343, yang berhasil terjual seharga 100 ETH pada 11 Februari. Angka tersebut setara dengan $306 ribu jika dihitung berdasarkan nilai tukar Ether pada saat itu.

9. HAPE Prime — $295 ribu

NFT bergambar seekor kera seakan menjadi suatu hal yang paling klise di dunia NFT semenjak kesuksesan fenomenal Bored Ape tahun lalu. Satu demi satu proyek NFT yang terinspirasi pun bermunculan, dan tren ini pun masih terus berlanjut sampai di tahun 2022. Salah satu contohnya adalah HAPE Prime, koleksi 8.192 NFT kera 3D dengan fokus utama pada aspek fashion yang dirilis di tanggal 19 Januari 2022.

Dalam kurun waktu yang relatif singkat, beberapa NFT HAPE dengan cepat saling berpindah tangan di secondary market di harga yang mengesankan. Rekornya sendiri sejauh ini dipegang oleh HAPE #217, yang terjual seharga 99 WETH pada 5 Februari, kurang lebih setara dengan $295 ribu sesuai kurs hari itu.

10. Murakami.Flowers — $280 ribu

Murakami.Flowers adalah proyek NFT garapan Takashi Murakami, salah satu artis kontemporer paling tenar yang memelopori gaya visual "Superflat". Karya terpopulernya adalah ilustrasi bunga warna-warni yang sedang tertawa, dan inilah yang kemudian diabadikan menjadi ribuan NFT dengan gaya pixel art oleh Takashi.

Secara total, ada lebih dari 9.700 NFT Murakami.Flowers yang diluncurkan pada 4 Mei 2022. Di hari yang sama, satu aset langsung menjadi buah bibir — Murakami.Flower #9125 — setelah terjual seharga 100 ETH, atau setara $280 ribu pada saat itu.