Dark
Light

Snapdragon Perkenalkan Platform Otomotif Baru, Cockpit Elite dan Ride Elite

1 min read
October 25, 2024

Pada gelaran Snapdragon Summit yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu, Qualcomm Technologies Inc. memperkenalkan beberapa produk barunya. Selain chipset baru yaitu Snapdragon 8 Elite, mereka juga meluncurkan 2 platform baru untuk industri otomotif.

Kedua platform ini diberi nama Snapdragon Cockpit Elite dan Snapdragon Ride Elite. Platform baru ini dikembangkan untuk meningkatkan keamanan dan pengalaman di dalam kendaraan. Sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan fitur dari mobil-mobil di masa depan.

Snapdragon Cockpit Elite nantinya akan memberikan pengalaman digital yang canggih di dalam mobil. Sedangkan Snapdragon Ride Elite nantinya akan mendukung kemampuan mengemudi otomatis sehingga kendaraan dapat bekerja secara otonom.

Platform ini didukung oleh CPU tercepat milik Qualcomm yaitu Oryon. Qualcomm mengembangkan agar CPU di platform barunya ini bekerja 3 kali lebih cepat dan memiliki kinerja AI hingga 12 kali lebih kuat dibandingkan generasi flagship sebelumnya.

“Dengan platform seperti Snapdragon Cockpit Elite dan Snapdragon Ride Elite, Qualcomm Technologies tetap menjadi yang terdepan dalam melakukan inovasi, seiring berkembangnya industri otomotif dengan teknologi komputasi terpusat,” ujar Nakul Duggal, Group General Manager, Automotive, Industrial and Cloud Computing, Qualcomm Technologies, Inc.

Berkat struktur Snapdragon Cockpit Elite dan Snapdragon Ride Elite yang unik dan fleksibel, para produsen mobil juga bisa menggabungkan fungsi digital cockpit dan fungsi mengemudi otomatis pada SoC yang sama. Kemampuan inovatif ini tersedia pada layanan Snapdragon Digital Chassis.

Platform Snapdragon Cockpit Elite dan Snapdragon Ride Elite ini dilengkapi kemampuan komputasi, grafis, dan AI paling canggih dari Qualcomm. Sistemnya juga memberikan efisiensi daya terdepan serta pemberdayaan software yang mutakhir untuk memberikan komputasi kendaraan yang lebih tinggi.

Qualcomm memahami bahwa keselamatan adalah salah satu aspek paling penting di industri otomotif. Maka dari itu, platform Snapdragon Cockpit Elite dan Snapdragon Ride Elite telah dirancang untuk memenuhi standar keselamatan otomotif tingkat tertinggi pada sistem ASIL-D.

Fokus ini juga membantu memastikan kualitas layanan yang andal untuk fungsi ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang memastikan pengemudi tetap aman di dalam mobil selama perjalanan. Serta memberikan kenyamanan dan kepercayaan diri pengemudi dan penumpang.

Platform Snapdragon Cockpit Elite dan Snapdragon Ride Elite masih memiliki segudang fitur lain yang berguna untuk pengembangan mobil otonom maupun mobil cerdas konvensional. Rencananya, Qualcomm akan mulai menguji coba platform ini pada tahun 2025 mendatang.

Review WiZ Smart Lighting, Wujudkan Rumah Pintar dengan Solusi Pencahayaan Inovatif
Previous Story

WiZ Lampu Pintar Bantu Wujudkan Rumah Pintar dengan Solusi Pencahayaan Inovatif

Next Story

Samsung Galaxy S24 FE Tawarkan Performa Solid untuk Gaming maupun Hiburan

Latest from Blog

Don't Miss

4 Info Menarik tentang AI Copilot+ di Lenovo Yoga Slim 7x

Selain pada smartphone, perlombaan implementasi kecerdasan buatan atau AI di

Ada Logo Snapdragon di Jersey Manchester United

Jersey tim bola Manchester United (MU) kini punya logo baru