Dark
Light

Ulasan Relic Baru Honkai: Star Rail versi 1.2, Cocok untuk Siapa?

3 mins read
July 12, 2023
Relic Honkai: Star Rail 1.2

Pada siaran langsung program spesial Honkai: Star Rail versi 1.2 yang lalu, diperkenalkan sejumlah Relic baru untuk memperkuat karakter-karakter di Honkai: Star Rail. Lebih tepatnya terdapat dua Relic dan dua Planar Ornaments baru yang akan segera masuk setelah versi 1.2 dimulai.

Untuk Relic baru, pemain bisa mendapatkannya melalui Cavern of Corrosion. Sedangkan untuk Planar Ornament yang baru, HoYoverse mengenalkan sebuah World baru, yaitu World 7, yang ada di Simulated Universe.

Lantas, untuk karakter mana sajakah keempat jenis Relic tersebut cocok digunakan? Simak penjelasan singkatnya berikut ini:

Longevous Disciple

2 Set Effect: Increases Max HP by 12%.
4 Set Effect: When the wearer is hit or has their HP consumed by an ally, their CRIT Rate increases by 8% for 2 turns and up to 2 stacks.

Untuk efek 2 set-nya, Relic ini bisa dimanfaatkan karakter-karakter dengan scaling HP%, contohnya seperti Natasha atau Bailu. Selain itu, bisa juga digunakan oleh karakter-karakter yang ingin mempertebal ketahanan diri, contohnya seperti Clara atau Arlan. Bahkan karakter-karakter Harmony dan Nihility yang rentan, juga masih dapat menggunakannya.

Sedangkan untuk efek 4 set-nya, nampaknya hanya Arlan saja yang bisa secara konsisten memanfaatkannya. Pasalnya, Arlan memiliki kemampuan untuk mengurangi HP-nya sendiri tanpa bergantung dengan serangan musuh.

Clara juga sebenarnya masih bisa memanfaatkannya, karena gaya bermain counter-attack-nya yang menginginkan dirinya untuk diserang oleh musuh. Namun jika diperhatikan, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan efek Relic ini tidak konsisten jika terlalu bergantung dengan serangan musuh, seperti keadaan Toughness Bar yang pecah, musuh yang terkena Freeze atau debuff semacamnya, atau bahkan sekadar tidak menjadi sasaran serang dari musuh.

Namun setelah nantinya Blade dirilis, dapat dipastikan bahwa Relic ini memang didesain untuknya. Blade merupakan karakter Destruction yang mampu memakan HP-nya sendiri untuk ditukarkan dengan damage. Dengan menggunakan Relic ini, damage yang ia hasilkan pun akan semakin tinggi.

Messenger Traversing Hackerspace

2 Set Effect: Increases SPD by 6%.
4 Set Effect: When the wearer uses their Ultimate on an ally, SPD for all allies increase by 10% for 1 turn. This effect cannot be stacked.

Berbeda dengan Relic Longevous Disciple, Relic ini sangatlah universal dan cocok digunakan banyak karakter, baik DPS maupun Support. Hal ini dikarenakan stat SPD yang diberikannya.

Sebelum Relic ini dirilis, rata-rata karakter Harmony memanfaatkan Relic Musketeer of Wild Wheat yang memberikan efek yang mirip pada 4 set-nya. Alasan Relic Musketeer banyak digunakan sebenarnya bukan karena Relic tersebut merupakan yang terbaik dari pilihan Relic yang ada hingga versi 1.1.

Dengan hadirnya Relic Messenger Traversing Hackerspace yang sangat berfokus terhadap peningkatan stat SPD ini, maka dapat dipastikan Relic ini akan menggantikan posisi Relic best-in-slot dari semua karakter Harmony (atau bahkan Abundance).

Namun perlu diingat juga bahwa untuk mengaktifkan efek 4 set-nya, karakter harus menggunakan Ultimate-nya terlebih dahulu ke sesama anggota tim. Dengan begitu, karakter-karakter Nihility yang Ultimate-nya lebih berfokus untuk memberikan debuff kepada lawan, tidak akan mampu mengaktifkan efek 4 set-nya. Namun setidaknya, karakter Nihility masih bisa memanfaatkan efek 2 set-nya.

Rutilant Arena

2 Set Effect: Increases the wearer’s CRIT Rate by 8%. When the wearer’s current CRIT Rate reaches 80% or higher, the wearer’s Basic ATK and Skill DMG increase by 20%.

Efek Planar ini memiliki kemiripan dengan Planar Inert Salsotto yang digunakan hampir oleh semua karakter DPS. Namun jika Inert Salsotto akan meningkatkan damage Ultimate dan Follow-up Attack, maka Rutilant Arena akan meningkatkan damage dari Basic ATK dan Skill.

Meski secara sekilas efek yang diberikan cukup bagus, namun pada kenyataannya mayoritas karakter di Honkai: Star Rail memiliki komposisi damage yang cukup merata antara Skill dan Ultimate. Belum ada juga karakter yang memiliki gameplay yang berfokus hanya pada Basic ATK saja.

Bahkan ada juga karakter yang bisa mengabaikan damage dari Basic ATK dan Skill, karena letak damage terbesarnya terletak pada Ultimate dan/atau Follow-up Attack, seperti Jingyuan dan Clara.

Rutilant Arena mungkin akan lebih cocok untuk karakter dengan kemampuan “Enhanced” Basic ATK, seperti Hook, Qingque, atau mungkin Luka yang baru akan dirilis pada versi 1.2. Namun untuk kesimpulan apakah Rutilant Arena merupakan opsi yang lebih baik dibandingkan Inert Salsotto, maka pertanyaan tersebut masih membutuhkan proses testing yang lebih lanjut.

Broken Keel

2 Set Effect:  Increases the wearer’s Effect RES by 10%. When the wearer’s Effect RES is at 50% or higher, all allies’ ATK increases by 8%.

Hingga versi 1.1, stat Effect RES tidak tersedia pada Main stat Relic maupun Planar Ormanent. Stat tersebut hanya bisa didapatkan dari substat, Skill, Talent, atau dari Trace dari sejumlah karakter. Belum ada juga karakter yang memiliki scaling dengan stat Effect RES. Namun, bukan berarti stat ini tidak dibutuhkan.

Effect RES merupakan stat defensif yang berfungsi untuk menahan karakter dari status debuff. Semakin tinggi Effect RES, maka semakin kuat juga imunitas karakter terhadap debuff dari musuh. Stat tersebut umumnya lebih dimanfaatkan oleh karakter-karakter defensif, seperti healer atau shielder. 

Terdapat sejumlah efek debuff yang cukup menyebalkan, yang mampu mengacaukan jalannya pertarungan, apalagi jika berhasil menangkap karakter healer atau support yang mampu melakukan dispel ke anggota tim lain.

Yang menjadi menarik dari Planar Set ini adalah efek tambahannya yang mampu meningkatkan ATK% untuk anggota tim jika karakter yang memegang Planar set ini mempunyai Effect RES sebanyak 50% atau lebih.

Sebelumnya, Planar Fleet of the Ageless juga mampu memberikan ATK% kepada satu tim, jika penggunanya mampu mencapai 120 SPD. Namun, tidak semua karakter mampu mencapai stat SPD yang ditentukan atau sekadar tidak membutuhkan terlalu banyak SPD.

Sehingga, Planar ini akan menjadi pilihan yang lebih cocok digunakan oleh karakter yang tidak terlalu bisa memanfaatkan Planar Fleet of the Ageless tadi.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai keempat Relic Honkai: Star Rail 1.2 baru. Sebenarnya, Relic yang ada hingga versi 1.1 sudah mampu mengakomodasi kebutuhan sebagian besar dari karakter-karakter yang ada di Honkai: Star Rail, meskipun kebanyakan lebih condong untuk mendukung kebutuhan karakter DPS.

Dengan kehadiran keempat Relic di atas, maka pemain akan mendapatkan cara baru dan alternatif, untuk membangun karakter yang lebih bervariatif dengan kebutuhan stat yang lebih fleksibel dari masing-masing karakter.

Ini Fitur dan Spesifikasi Dari Chipset 5G MediaTek Terbaru Dimensity 6100+
Previous Story

Ini Fitur dan Spesifikasi Dari Chipset 5G MediaTek Terbaru Dimensity 6100+

Shutterstock-Memperluas-Kemitraannya-dengan-OpenAI
Next Story

Shutterstock Memperluas Kemitraannya dengan OpenAI, Untuk Melatih Tool AI DALL-E

Latest from Blog

Don't Miss

Honkai Star Rail versi 1.3

Ringkasan Honkai: Star Rail Versi 1.3: Sederet Event Menarik dan Peningkatan Trailblazer Power

Honkai: Star Rail baru saja mengumumkan semua konten dan fitur
Karakter baru Honkai Star Rail versi 1.4

Honkai: Star Rail Buka Karakter-Karakter yang Akan Mengisi Versi 1.4

Honkai: Star Rail kembali memperkenalkan sederet karakter baru menarik yang