Dark
Light

2020, Jumlah Penonton Six Invitational Naik

1 min read
February 18, 2020

Jumlah penonton merupakan salah satu indikator dari popularitas sebuah game esports. Pada tahun lalu, jumlah penonton turnamen Rainbow Six Major Raleigh naik hingga 22 persen. Sekarang, dikabarkan bahwa jumlah penonton dan total durasi video ditonton untuk Six Invitational juga naik.

Jika menghitung viewership dari semua konten Six Invitational, termasuk konten ekstra non-gaming, total durasi konten Six Invitational ditonton mencapai 5,1 juta jam, dengan jumlah penonton rata-rata mencapai 58.509 orang. Ini menunjukkan kenaikan jumlah penonton rata-rata jika dibandingkan dengan Six Invitational pada tahun lalu. Sebagai perbandingan, tahun lalu, total durasi video ditonton hanya mencapai 3,05 juta jam dengan jumlah rata-rata penonton 46.268 orang. Pada puncaknya, total penonton Six Invitational pada tahun ini mencapai 129,822, sedikit lebih rendah daripada total penonton pada puncak turnamen tahun lalu, yaitu 148.417 orang.

Sementara jika Anda hanya menghitung konten gaming dari Six Invitational, total durasi video ditonton mencapai 4 juta jam dengan jumlah rata-rata penonton mencapai 105.851 penonton. Video Six Invitational disiarkan dalam berbagai bahasa, seperti Brasil, Jepang, dan Prancis. Meskipun begitu, channel yang berbahasa Inggris masih memberikan kontribusi penonton terbesar, menurut laporan Dot Esports.

Sumber: Ubisoft via The Esports Observer
Sumber: Ubisoft via The Esports Observer

Ubisoft meluncurkan Rainbow Six Siege pada 2015. Mereka mulai mengembangkan ekosistem esports dari Siege pada 2017 dengan mengadakan Six Invitational untuk pertama kalinya. Usaha Ubisoft menghasilkan buah manis, salah satunya adalah jumlah pemain Siege yang naik, hingga kini mencapai 55 juta orang. Tak hanya itu, konten Siege di Twitch juga semakin diminati. Ketika game ini diluncurkan, tidak banyak orang yang tertarik dengan konten Siege di Twitch.

Melihat kesuksesan scene esports Siege, Ubisoft berencana untuk terus mendukung game ini sampai 10 tahun ke depan. Pada akhir pekan lalu, mereka juga mengumumkan rencana mereka untuk merombak struktur turnamen esports profesional Rainbow Six Siege dengan harapan untuk mendorong pertumbuhan ekosistem esports game mereka.

Dalam Six Invitational, Ubisoft juga mendekatkan diri dengan komunitas mereka, menurut laporan The Esports Observer. Salah satu hal yang mereka lakukan adalah memberikan penghargaan pada sejumlah pihak yang dianggap memiliki peran penting di komunitas Siege, seperti lead admin di Reddit, Jacob “Keren” Drumgoole dan cosplayer Melisse “MeruKitsune” Cordero, serta anggota tim developer Rainbow Six. Di sini, para fans juga bisa bertemu dengan para voice actor yang mengisi suara para Operator.

Potensi New Economy Indonesia
Previous Story

“New Economy”, Permata Tersembunyi di Gempita Bisnis Teknologi

Startup tidak hanya sekadar valuasi. Isu-isu negatif seputar investasi membuat startup semakin berhati-hati dalam menyeleksi portfolio
Next Story

Pendanaan Startup Tak Hanya Soal Valuasi

Latest from Blog

Don't Miss

Valve Buat Regulasi Baru di CS:GO, Apa Dampaknya ke Ekosistem Esports?

Selama bertahun-tahun, Valve jarang turun tangan untuk menentukan arah perkembangan

Peran Mobile Esports Dalam Pertumbuhan Industri Esports Global

Beberapa tahun belakangan, industri esports memang tumbuh pesat. Setiap tahun,