Dark
Light

Windows Phone Store Dapat Pembaruan, Daftar Aplikasi Lebih Terkurasi dan Terpersonalisasi

by
1 min read
November 10, 2012

Microsoft lakukan pembaruan atas toko aplikasi mereka untuk Windows Phone, pembaruan Windows Phone Store ini dilakukan untuk mendukung peluncuran Windows Phone 8 yang beberapa waktu telah dirilis. Beberapa fitur baru yang ada ini ditujukan antara lain untuk memudahkan pencarian aplikasi di Windows Phone Store serta membuat aplikasi yang ada disajikan secara terpersonalisasi.

Pembaruan yang dilakukan antara lain adalah:

Collections. Ini adalah kumpulan aplikasi yang disusun atas tema tertentu, dalam satu Collections akan ada 6 atau lebih apliaksi yang dikelompokkan dalam tema tertentu secara terpilih oleh tim dari Windows Store. Kumpulan aplikasi ini akan dipilih berdasarkan kriteria tertentu yang akan menghadirkan koleksi aplikasi yang terus terbaharui dan relevan dengan momen tertentu. Saat ini sudah ada 450 lebih koleksi aplikasi di 19 pasar Windows Store, dan akan terus bertambah.

Rekomendasi baru yang terpersonalisasi. Selain koleksi yang dipilih langsung oleh tim yang adalah manusia, Windows Phone Store juga memiliki ‘mesin’ yang akan memberikan rekomendasi aplikasi pada pengguna mereka. Untuk beberapa pasar, misalnya Microsoft akan menghadirkan fitur Picks For You yang berisi rekomendari aplikasi berdasarkan aplikasi apa yang telah Anda unduh sebelumnya, apa yang diunduh teman Facebook Anda serta tipe aplikasi apa yang diunduh bersama-sama, rekomendasi ini didukung oleh Bing dan tersedia untuk perangkat berbasis Windows Phone 8. Daftar ini juga akan menampilkan aplikasi populer berdasarkan wilayah regional.

Perbaikan input kata untuk pencarian. Microsoft juga telah memperbaiki proses input nama aplikasi jika pengguna salah dalam mengetikkan nama aplikasi. Didukung oleh teknologi Bing, proses pencarian ini akan memberikan hasil aplikasi yang berelasi dengan apa yang Anda ketikkan, meski mungkin ada kesalahan huruf. Fitur ini selain bekerja di Windows Phone 8 juga bisa dinikmati oleh perangkat berbasis Windows Phone 7.

Daftar aplikasi ‘yang lebih pintar’. Pembaruan yang dilakukan atas Windows Phone Store yang lainnya adalah penyediaan daftar aplikasi di toko aplikasi yang lebih pintar. Aplikasi yang mendapatkan rating yang baik, lalu sering diunduh akan mendapatkan rating yang lebih tinggi, sebaliknya aplikasi yang kurang baik akan berada di bawah. Fitur ini untuk memberikan panduan aplikasi yang terbaik yang mendapatkan sorotan. Fasilitas juga termasuk pilihan untuk Best rated dan New+Rising.

Sebagai catatan untuk fitur ini, pengguna Windows Phone 7.5 mungkin harus mengunduh aplikasi tambahan bernama Refresh Marketplace untuk menikmati fasilitas ini.

Selain beberapa pengumuman di atas, Microsoft juga menjelaskan beberapa hal lain seperti kemudahan membeli aplikasi menggunakan Wallet (fitur yang ada di Windows Phone 8) termasuk melakukan pembelian dalam aplikasi atau in app purchase. Informasi lainnya adalah fasilitas My Family, yang berguna untuk mengatur aplikasi apa saja yang bisa diunduh oleh anak Anda. Dengan melakukan pengaturan via Web, nantinya jika anak Anda diijinkan untuk melakukan unduhan aplikasi, maka aplikasi yang telah Anda aturlah yang akan bisa diunduh atau dimainkan lewat Windows Store dari ponsel Anda.

Aplikasi yang ada di Windows Phone Store sendiri saat ini telah mencapai 120.000 yang terdiri dari aplikasi dan game, tersedia di 191 negara dan 50 bahasa. Pembaruan di atas tersedia juga untuk akses Windows Store di web dan handset, untuk lebih lengkap bisa membaca pengumumannya di blog Windows.

Via: Cnet.

Previous Story

Find Jakarta-Bandung Shuttle Pools Easier with Vromtu

Next Story

[Dailyssimo] Mengarahkan Percakapan ke Penjualan Pada Social Media

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Microsoft 365 Copilot Rilis Update Terbaru, Tawarkan Sistem AI yang Lebih Terintegrasi

Keseriusan Microsoft untuk mengembangkan sistem AI Copilot terus dibuktikan lewat

GoTo Gandeng Microsoft Dukung Produktivitas Tim Engineer Lewat GitHub Copilot

GoTo Group, salah satu ekosistem digital terbesar di Indonesia, telah