Dark
Light

Guide Melissa Mobile Legends: Skill, Item Build, Tips, Laning Phase, dan Counter-nya

4 mins read
July 31, 2022
Melissa Mobile Legends

Melissa Mobile Legends adalah marksman yang mempunyai skill yang unik dan rumit dibandingkan hero marksman lainnya. Namun demikian, Melissa tidak memasuki hero META karena ia mudah di-counter. Meskipun begitu, Melissa sangat efektif saat melawan hero yang mengandalkan serangan jarak dekat (melee). Oleh karena itu, Melissa merupakan marksman yang cocok untuk meng-counter sebagian besar hero assassin dan fighter.

Dalam guide ini, kita akan mengulas skill, emblem, battle spell, serta item terbaik Melissa. Selain itu, kita juga akan membahas tips laning phase dan counter Melissa. Tanpa basa-basi lebih lanjut, mari kita simak guide Melissa Mobile Legends.

Guide Melissa Mobile Legends

Overview Gameplay Melissa Mobile Legends

Melissa merupakan marksman yang menggunakan jarum terkutuk untuk menyerang. Melissa juga memiliki tiga boneka (Muddles, Giggles, dan Cuddles) yang bisa meningkatkan daya serang ataupun jarak basic attack-nya.

Karena Melissa mengandalkan basic attack-nya untuk memberikan damage, ia membutuhkan item attack speed dan critical untuk memberikan damage yang tinggi. Oleh sebab itu, marksman ini harus menempati Gold Lane agar item-nya bisa di-build lebih cepat.

Penjelasan Skill Melissa

Image Credit: Moonton

Pasif: Doll Buster

Melissa memberikan 125% damage kepada minion, creep, dan unit yang dipanggil (skill 1 Zhask, Kupa, ultimate Vexana, dan sebagainya).

Skill 1: Falling!

Melissa melakukan dash dan memperoleh attack speed tambahan selama 3 detik. Selain itu, skill ini juga membuat Muddles bergerak dengan arah dash Melissa.

Cooldown skill ini akan dikurangi 1,2 detik setiap kali Melissa memberikan damage kepada lawan dengan menyerang Muddles.

Skill 2: Eyes on You!

Melissa melemparkan Muddles, memberikan damage dan menyebabkan efek Slow sambil menghubungkan hero lawan di sekitar hingga 6 detik. Musuh yang terhubung akan terkena efek Slow sebesar 60% yang akan berkurang dengan cepat selama 1,5 detik. Hero lawan dapat memutuskan hubungan dengan bergerak keluar dari jangkauan. Ketika Melissa menyerang dengan basic attack, Giggles akan menyerang semua lawan yang terhubung dengan Muddles.

Muddles akan kembali ke Melissa lebih awal ketika dia terlalu jauh. Ketika ada lawan yang terhubung dengan Muddles, Anda dapat menekan tombol attack minion untuk membuat Melissa menyerang Muddles.

Ultimate: Go Away!

Cuddles membuat area yang menyebabkan efek Knockback kepada lawan yang berada di area dan memberikan magic damage. Area tersebut akan menyebabkan efek Knockback secara terus-menerus kepada lawan yang mencoba memasuki area, memberikan magic damage dan menyebabkan efek Slow kepada mereka sementara. Area tersebut juga akan mengganggu skill dash lawan kecuali mereka immune terhadap efek Crowd Control.

Ketika Melissa keluar dari batas area, area akan berpindah dengannya. Namun, efek tersebut hanya bisa dilakukan sekali. Selain itu, skill Falling! juga bisa memindahkan area.

Pasif: Mempelajari skill ini meningkatkan physical dan magic defense Melissa secara permanen. Efek ini akan meningkat sampai 3 kali ketika ultimate sedang aktif.

Prioritas Upgrade Skill: Go Away! -> Falling! -> Eyes on You!

Untuk penjelasan skill yang lebih terperinci, bisa Anda cek di game atau laman resmi MLBB.

Emblem Melissa Mobile Legends

Marksman Emblem — Electro Flash/Weakness Finder

Image Credit: Moonton

Memiliki atribut critical dan attack speed yang tinggi, emblem marksman menjadi emblem terbaik untuk Melissa. Tidak hanya itu, emblem ini juga mempunyai talent yang meningkatkan kemampuan basic attack, Weakness Finder.

Battle Spell Melissa Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Karena Melissa memiliki skill dash dan ultimate yang bersifat defensif, ia tidak terlalu membutuhkan battle spell yang menambah mobilitas. Oleh sebab itu, Melissa dapat menggunakan Inspire untuk meningkatkan attack speed-nya.

Akan tetapi, Melissa juga bisa menggunakan Flicker atau Sprint jika Anda ingin mobilitas yang lebih.

Item Build Melissa Mobile Legends

Image Credit: Moonton

1. Swift Boots

Memiliki atribut attack speed, Swift Boots merupakan sepatu andalan bagi marksman yang mengandalkan attack speed. Meskipun hanya sedikit, atribut attack speed yang diberikan Swift Boots sangat berdampak di early game.

2. Windtalker

Windtalker merupakan item attack speed yang cocok di-build pertama karena tiga atribut dasarnya yang serbaguna. Tiga atribut dasar tersebut adalah attack speed, critical chance, dan movement speed. Tidak hanya itu, Windtalker juga memiliki pasif unik yang membuat clear wave minion lebih mudah.

3. Berserker Fury

Berserker Fury merupakan item critical terkuat di Mobile Legends. Berserker Fury memiliki atribut unik yang meningkatkan critical damage dan pasif unik yang bisa menambah physical attack yaitu Doom: Critical hit akan meningkatkan physical attack sebesar 5% selama 2 detik.

Selain itu, Berserker Fury juga memiliki atribut physical attack serta critical chance yang tinggi.

4. Scarlet Phantom

Scarlet Phantom merupakan salah satu item terbaik untuk meningkatkan attack speed. Item ini memiliki atribut attack speed dan critical chance yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, pasif uniknya bisa meningkatkan attack speed secara besar-besaran.

Pasif Unik — Frenzy: Critical hit akan meningkatkan attack speed hero sebesar 30% dan critical chance sebesar 5%. Efek ini berlangsung selama 2 detik.

5. Malefic Roar/Demon Hunter Sword

Malefic Roar merupakan item terbaik untuk menembus physical defense musuh. Ini karena atribut unik serta pasif uniknya yang bisa meningkatkan physical PEN secara besar-besaran. Malefic Roar sangat penting karena atribut defense musuh akan semakin tinggi di late game.

Namun, Anda bisa menggunakan Demon Hunter Sword sebagai alternatif. Item ini dijuluki sebagai pembunuh tank karena pasif uniknya yaitu Devour: Basic attack akan memberikan 9% dari HP target yang tersisa sebagai physical damage tambahan. Setiap basic attack akan memberikan 3% physical lifesteal selama 3 detik. Efek ini dapat di-stack hingga 5 kali.

6. Immortality/Wind of Nature

Immortality merupakan item wajib untuk semua hero karena pasif uniknya yang memberikan hidup ekstra, Immortal. Namun, pasif unik ini memiliki cooldown selama 210 detik.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan Wind of Nature item yang bisa membuat hero Anda kebal terhadap seluruh physical damage selama 2 detik (durasi berkurang menjadi 1 detik ketika digunakan oleh hero non-marksman). Efek ini memiliki cooldown selama 70 detik.

Tips Laning Phase Melissa Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Melissa merupakan salah satu marksman terkuat di laning phase. Dengan skill keduanya yaitu Eyes on You!, Melissa dapat memberikan damage kepada hero lawan melalui Muddles. Hal ini memungkinkan Melissa untuk memberikan damage dari jarak yang aman.

Selain itu, Eyes on You! juga bisa mencegah gank lawan. Saat Muddles diletakkan dalam bush, ia dapat mengungkap lawan yang bersembunyi di bush tersebut.

Counter Melissa Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Tidak seperti marksman pada umumnya, Melissa bisa meng-counter kebanyakan hero melee (serangan jarak dekat) dengan ultimate-nya, Go Away!. Namun, ia tidak memiliki skill pertahanan untuk serangan jarak jauh.

Selain itu, Melissa memiliki atribut HP dan defense-nya yang rendah. Karenanya, Melissa dapat di-burst dengan mudah jika ia tidak mempunyai Immortality.

Itu tadi guide untuk Melissa Mobile Legends. Jika Anda ingin Marksman yang lebih simpel, Anda bisa membaca guide saya untuk Irithel Mobile Legends. Atau, jika Anda lebih tertarik untuk bermain sebagai assassin, Karina mungkin cocok untuk Anda.

Diluc Genshin Impact
Previous Story

Build Diluc Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

Review realme Narzo 50 5G
Next Story

Review Realme Narzo 50 5G, Smartphone 5G Terjangkau Untuk Bermain Game

Latest from Blog

Don't Miss

MPL ID Season 12 Week 5

3 Kejutan di MPL ID Season 12 Week 5: Geek Fam ID Sukses Tundukkan ONIC

Setelah selesainya MPL ID Season 12 Week 4, kini fase
MPL ID Season 12 Week 4

3 Hal Menarik di MPL ID Season 12 Week 4: ONIC Sang Juara Paruh Musim!

MPL ID Season 12 masih melanjutkan fase Regular Season tepatnya