Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Ibrahimovic dan Alibaba Sponsori Ekspansi Challengermode

27 August 2020Narendra Soejoedi

Zlatan Ibrahimovic kembali memberikan pendanaan bersama Alibaba Group kepada esports platform Challengermode.

Perusahaan esports Challengermode yang bermarkas di Swedia baru-baru ini mengumumkan mendapatkan pendanaan dari Alibaba Group. Rencananya dana yang terkumpul akan dialokasikan unutk melancarkan ekspansi operasi mereka dari region Eropa hingga ke region Amerika utara.

Tidak hanya itu momentum yang didapatkan Challengermode dirasa tepat ketika jumlah active player secara global cenderung mengalami peningkatan yang signifikan semenjak pembatasan sosial diberlakukan sejak awal tahun 2020. Di waktu yang sama jumlah penonton yang mengonsumsi konten gaming dan esports juga tumbuh dengan tren yang positif.

Robel Efrem, selaku co-founder dan CEO dari Challengermode menyampaikan, “kami sangat bersemangat mendapatkan pendanaan baru ini bersama dengan dukungan dari sekumpulan investor yang kuat serta memiliki visi yang sama untuk esports.”

via: Challengermode
via: Challengermode

Adapun eWTP Capital adalah perusahaan yang bernaung di bawah Alibaba Group yang menjadi pemimpin dari seri pendanaan yang diberikan kepada Challengermode. Total pendanaan sebesar 12 juta Dolar Amerika berhasil terkumpul dari berbagai sumber seperti Telia Ventures, GP Bullhound,dan Back in Black Capital. Nama Zlatan Ibrahimovic, pemain sepak bola profesional yang juga berasal dari Swedia, turut mengambil bagian dalam seri pendanaan ini.

Beberapa tahun sebelum ini Zlatan Ibrahimovic juga sudah mempercayakan sejumlah dana kepada esports platform Challengermode di tahun 2017. Dengan potensi perkembangan esports di masa mendatang, tidak sedikit dari pesohor maupun atlet olahraga profesional mulai melirik untuk menanamkan uangnya di ranah esports.

Beberapa tahun ke belakang esports platform Challengermode sudah menjadi platform yang bisa diandalkna dalam pelaksanaan turnamen. Gelaran turnamen Dreamhack, organisasi esports Fnatic, dan FIFA sudah pernah menjalin kerja sama dengan Challengermode.

Image
via: Twitter ibra_official

Sejak didirikan di tahun 2014 Challenggermode sukses membangun ekosistem esports dari komunitas yang bersifat grassroot. Misi yang ingin dicapai oleh Challengermode sebenarnya terbilang sederhana yaitu, menjadi esports platform yang inklusif bagi semua player.

CY Chen selaku Managing Partner dari eWTP Capital menambahkan, “dengan senang hati kami menambahkan Challengermode ke dalam portfolio eWTP Capital. Posisi mereka sebagai perusahaan yang unggul dalam industri esports yang berkembang pesat membuatnya sangat cocok dengan kami.”