Dark
Light

YouTube Pecahkan Rekor, Rata-Rata Pengunjung Menonton 6 Miliar Jam Video Dalam Satu Bulan!

1 min read
May 2, 2013

Setelah merayaan pemecahan rekor 1 miliar unique visitor dalam satu bulan, YouTube – media sosial yang berbasis streaming video mengumumkan kejutan baru lagi. Rabu kemarin YouTube menyimpulkan bahwa 1 miliar YouTubers bisa menghabiskan waktu sekitar 6 miliar jam per bulannya untuk menonton berbagai macam video.

Angka yang fantastis tersebut mungkin bisa di-analogikan seperti ini, jika angka tadi dibagi rata oleh setiap orang di muka bumi ini, maka waktu yang didapat untuk mencapai rata-rata tersebut adalah 684.000 tahun! Dan satu lagi, rekor 6 miliar jam perbulan ini mengalahkan rekor sebelumnya di tahun 2012, setelah pada tahun tersebut tercatat ada sekitar rata-rata 4 miliar jam waktu yang dihabiskan dari 1 miliar pengguna YouTube tahun lalu.

Melihat data statistik yang menakjubkan tadi mungkin muncul pertanyaan bagi sebagian orang – termasuk saya sendiri, kira-kira apa video apa sih yang menyumbang waktu tonton terbanyak selain video iklan dan video-video umum lainnya? Video musik “Gangnam Style” dari rapper nyentrik asal Korea Selatan, PSY, memang masih memegang hits chart yang fantastis, disusul dengan video musik terbarunya “Gentleman” yang langsung mencetak hits 38 juta viewer dalam sehari!

Desember 2012 lalu video “Gangnam Style” berhasil memecahkan rekor 1 miliar viewer, menyingkirkan singgasana yang tadinya diduduki oleh Justin Bieber.

8 tahun lamanya YouTube menemani kita di jagat dunia maya, layanan video ini mungkin nanti akan menjadi pengganti stasiun TV konvensional yang kita kenal sekarang. The power of community yang bisa kita lihat di video ini menunjukkan betapa digdayanya YouTube sehingga dapat mencetak 1 miliar pengguna aktif yang “setia” mengunggah video baru dan menonton sajian video apa saja yang terdapat di dalamnya.

Kita tunggu saja gebrakan apa lagi yang Youtube umumkan di masa mendatang, ibarat Dewa Zeus, YouTube kini dengan tegap menduduki singgasana Olympus setelah pesaingnya yang bermunculan terpental satu per satu.

Sumber: CNET.

Previous Story

Microsoft Rilis Aplikasi Android “Switch to Windows Phone”

Next Story

Activision Umumkan Serial Call of Duty Terbaru COD: GHOSTS

Latest from Blog

Don't Miss

Chromebook Makin Cerdas dengan Sentuhan AI dari Google

Google tengah gencar mengintegrasikan fitur-fitur berbasis Artificial Intelligence (AI) ke
5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi