Dark
Light

YouTube URL Shortener Menggoyang Bit.ly

1 min read
December 23, 2009

youtubeKemunculan fb.me, goo.gl dan dan Bit.ly pro memberikan sebuah tanda baru tentang bagaimana perjalanan kondisi real-time war dan langkah selanjutnya dari internet. Setelah semua orang menjadi lebih social, kini yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membuat short URL buatan sendiri. 🙂

YouTube, kini mengikuti jejak ‘ayah angkatnya’ Google dengan membuat shorten URL sendiri. Lewat blog resminya YouTube resmi mengumumkan shortener URL mereka dengan alamat youtu.be. Aplikasi ini masih sebatas hanya untuk video-video dari YouTube.

Mengingat real-time content bisa diibaratkan rimba hutan yang terkadang membuat kita me-retweet link-link yang sebenarnya tidak kita inginkan, dan spam juga sempat masuk lewat link-link yang telah dipendekkan dan nampak aman, tapi mengandung virus atau konten yang tidak kita inginkan, dengan YouTube shortener URL, anda bisa menghindari itu semua. Ketika anda melihat link youtu.be, maka anda diyakinkan bahwa link video yang anda klik berasal dari YouTube. Selain itu URL dari YouTube ini memudahkan developers untuk melihat bagaimana video itu tersebar secara real-time, karena URL shortener dari YouTube ini sudah termasuk YouTube ID dari video yang bersangkutan.

Aplikasi ini bisa digunakan melalui aplikasi autoshare, seperti yang pernah DailySocial tulis kemarin. Anda bisa mengatur social network mana yang akan anda gunakan untuk men-share video anda, tapi anda juga bisa melakukan pemendekkan URL ini secara manual dengan mengikuti instruksi ini:

Anda cukup mengganti URL dengan Shortener URl dari YouTube, contoh (diambil dari blog YouTube):

misalnya ada link seperti ini: http://www.youtube.com/watch?v=FdeioVndUhs

ganti URL utama: “http://www.youtube.com/watch?v=”

dengan:  “http://youtu.be/”

sehingga nantinya URL akan menjadi: http://youtu.be/FdeioVndUhs

Saya telah mencobanya dan it’s works, meski jika anda melakukannya secara manual anda harus jeli dalam
mengganti URL asli.

Apakah ini strategi Google dan ‘anak-anaknya’ untuk mengambil market share dari Bit.ly? Yang pasti aplikasi ini memang akan sangat berguna bagi YouTube untuk lebih mempopulerkan lagi fungsi autoshare dan memasukkan brand mereka ke social network lain seperti Facebook dan Twitter. Meski link yang dihasilkan masih agak panjang, lebih panjang dari Bit.ly, tapi dengan adanya aplikasi ini, bisa jadi Bit.ly akan kehilangan link video dari YouTube.

Bagaimana menurut anda, apakah perkembangan ini memungkinkan dominasi Bit.ly di segmen link video akan tergoyahkan oleh YouTube? Share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

11 Comments

  1. wah.. ternyata URL-shortener ini jadi sekedar fitur aja. Bukan jadi bisnis tersendiri..
    jadi penasaran model bisnisnya Bit.ly selain premium account.

  2. menurut saya, kecuali penggunanya adalah seorang fanatik youtube, karena segi convinience yang ditawarkan minus (harus mengganti sendiri + the cognitive load untuk harus teliti dalam menggantinya), orang-orang belum akan berpindah dari url shortener yang konvensional.

    Tapi nanti kalau sudah ada 1 tombol di mana kita bisa share ke twitter dengan url yang sudah dishorten dalam 1 klik, itu baru ancaman besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Model Bisnis Ala TweetDeck

Next Story

Mojopia Terancam Gagal?

Latest from Blog

Don't Miss

Google pakai AI untuk hasilkan deskripsi YouTube Shorts

Google Pakai AI untuk Hasilkan Deskripsi YouTube Shorts Secara Otomatis

April lalu, Google melebur dua divisi artificial intelligence-nya, DeepMind dan
YouTube mulai cegah ad blocker

YouTube Mulai Cegah Penggunaan Ad Blocker di Platformnya

YouTube baru-baru ini diketahui sedang melakukan eksperimen terkait penggunaan ad