Dark
Light

YouTube Juga Ikut RealTime

1 min read
April 24, 2009

Ketika saya mendengar bahwa YouTube akan ikut masuk ke alam real-time, saya sebenarnya tidak kaget, cuma terkejut saja. YouTube, yang selama ini diklaim sebagai video social-network saya pikir sangatlah lacking di fitur-fitur sosial, meskipun memang ada subscribe, comment, rating, related videos dsb, tapi tetaplah social activity di YouTube sangat minim.

Seperti yang dilaporkan TechCrunch dan VentureBeat, YouTube real-time ini masih dalam tahap uji coba dan menggunakan sistem invitation only, jadi hanya beberapa pengguna saja yang dapat menggunakan YouTube real-time.

Di sistem yang baru ini YouTube menambahkan sebuah toolbar (gambar diatas) yang berisi semua menu-menu dinamis yang selalu mengikuti stream dari teman kita di YouTube. Di toolbar ini akan tampak video-video yang sedang dilihat oleh teman-teman kita, dan juga dari situ bisa langsung men-share video tersebut. Memang sih, fitur real-time baru diimplementasikan di toolbar ini dan sisa halaman di YouTube juga belum ada perubahan berarti selain halaman custom.

Konsep penggunaan toolbar ini memang menarik, dimulai oleh Facebook dengan toolbarnya, lalu Google Connect Bar, lalu Digg dengan Digg-bar, dan sekarang YouTube.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Pendaftaran INAICTA Diperpanjang

Next Story

Google Toolbar Tambahkan Fitur Lokasi

Latest from Blog

Don't Miss

Google pakai AI untuk hasilkan deskripsi YouTube Shorts

Google Pakai AI untuk Hasilkan Deskripsi YouTube Shorts Secara Otomatis

April lalu, Google melebur dua divisi artificial intelligence-nya, DeepMind dan
YouTube mulai cegah ad blocker

YouTube Mulai Cegah Penggunaan Ad Blocker di Platformnya

YouTube baru-baru ini diketahui sedang melakukan eksperimen terkait penggunaan ad