Dark
Light

Yang Baru dari Facebook

2 mins read
April 21, 2010

Facebook meluncurkan beberapa fitur baru, meski berita tentang  fitur yang diluncurkan ini sudah muncul beberapa waktu yang lalu tapi kini Facebook telah secara resmi mengumumkannya pada blog mereka , beberapa fitur, seperti yang dijelaskan pada blog resmi Facebook itu antara lain:

Community Pages

Fitur ini merupakan kelanjutan dari berita tentang pages dari Facebook, seperti yang pernah dituliskan DailySocial. Facebook kini telah resmi meluncurkan fitur ini serta beberapa pages yang juga telah bisa dinikmati oleh user, yang merupakan tipe lain dari Facebok page yang dikelola oleh komunitas secara kolektif, tentunya dengan keterkaitan atas minat dan keinginan untuk berbagai pengalaman yang sama yang dimiliki oleh user lain.

Saat ini Community Pages masih dalam taraf beta, salah satu contohnya page tentang bersepeda berisi tentang info halaman itu, kemudian posting terkait dari user lain dalam jaringan yang diambil berdasarkan kata dengan tema terkait yaitu sepeda, serta keterangan yang diambil dari Wikipedia tentang tema Community Pages yaitu bersepeda.

Nantinya pages ini akan diisi oleh mereka yang tertarik dan antusias atas tema dan ingin ikut berkontribusi dan memberikan berbagai keterangan lain tentang tema spesifik. Facebook menginginkan bahwa nantinya Community Pages ini bisa menjadi koleksi terbaik dari distribusi pengetahuan atas suatu topik tertentu.

Community Pages juga dilengkapi tab ‘like’ yang mengganti tab ‘become a fan’ yang telah dirubah oleh Facebook, jadi jika anda tertarik atas pages tertentu di Facebook anda tinggal mengklik tab ini, begitu juga sebaliknya.

Connected Profiles

Profile anda di Facebook kini akan menampilkan tidak hanya keterangan tentang kota, pendidikan dan pekerjaan, likes dan interest anda tapi juga ‘connections’. Untuk mengaktifkan lewat pilihan opt-in klik tab profiles di bagian atas akun Facebook anda, kemudian nanti akan muncul pop up kotak yang berisi pilihan untuk melakukan pilihan agar terkoneksi dengan pages apa saja.

Facebook akan menyusun rekomendasi halaman-halaman yang tersedia berdasarkan minat serta keterangan yang user tambahkan di profile mereka. User bisa melakukan koneksi atas semua halaman yang direkomendasikan oleh Facebook dengan melakukan klik ‘Link All to My Profile’ atau user juga bisa melakukan secara manual dengan memilih pages apa saja yang tertarik untuk ‘diikuti’.

Untuk menambahkan koneksi tinggal mengakukan klik pda tab ‘like’ di pages yang anda sukai untuk memutuskan koneksi tinggal klik tab ‘unlike’.

Pilihan Privacy Setting Baru

Di bagian Privacy Setitng di bawah menu Account kini  muncul section baru yang bernama ‘Friends, Tags dan Connections’. Setting ini secara sederhana berguna untuk mengatur informasi tentang profil anda yang bisa di lihat atau disembunyikan untuk relasi anda atau pengunjung umum, termasuk fasilitas untuk menyembunyikan daftar teman di profil user.

Fitur ini seperti  yang dituliskan oleh TechCrunch, memungkinkan user untuk mengontrol siapa saja yang bisa melihat informasi dari profil anda termasuk relasi anda dengan user lain seperti tag foto, interest, dll. Tapi, meski fitur ini berguna untuk ‘menyembunyikan’ informasi, user lain masih bisa melihatnya di tempat lain kecuali anda menghilangkannya dari keterangan profil.

Hovercards

Satu lagi fitur yang melengkapi beberapa perkembangan yang diluncurkan oleh facebook adalah hovercards. Masih seperti yang ditulis TechCrunch, Hovercards ini mirip dengan apa yang di luncurkan Twitter beberapa waktu yang lalu, nantinya jika anda mengarahkan pointer mouse pada user name di timeline news feed akan muncul daftar teman yang sama dengan user itu, termasuk link untuk mengirimkan pesan pada mereka, lalu jika mouse diarahkan pada sebuah event, maka akan muncul keterangan tentang event tersebut plus keterangan tentang berapa teman kita yang akan datang.

Beberapa fitur ini sepertinya diluncurkan sebagai pemanasan untuk Facebook Conference f8, startegi yang mirip dengan Chirp dari Twitter kemarin, membangun ambience sebelum semuanya dijelaskan lebih detail lagi di acara yang lebih lengkap.

Fitur-fitur ini mungkin belum bisa dinikmati oleh semua user, seperti biasanya akan bertahap dan bukan Facebook rasanya kalau tidak mengumumkan rilis fitur baru yang tidak membingungkan user, seperti munculnya Community Pages, yang akan membingungkan user dengan fans page dan group, lalu privacy setting yang mungkin tidak akan banyak diperhatikan user, terutama dari Indonesia yang terkenal dengan tidak mau ribetnya itu.

Namun beberapa fitur, seperti Hovercards sepertinya akan memudahkan user, minimal untuk melihat keterangan singkat tentang user atau event tidak harus lagi mengklik tapi cukup menggeser mouse.

Terus terang saya penasaran akan ada informasi apa lagi di f8 nanti, seperti halnya Chirp yang memberikan banyak informasi tentang rencana-rencana Twitter, sepertinya conference dari Facebook ini juga akan menjelaskan banyak hal, dan semoga mereka akan mengumumkan juga banyak hal fitur-fitur penting, salah satunya yang berhubungan dengan lokasi.

Sambil menunggu, bagaimana pendapat anda tentang berbagai fitur baru dari Faceboook ini, apakah anda sudah bisa menggunakannya di akun Facebook anda, mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

10 Comments

  1. sebagai para pengguna bisa terus nyaman, hal utama yang menjadi perhatian team developer code (F8)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

East Ventures Mulai Tancap Gas

Next Story

Saingan Para Pemain Layanan Berbasis Lokasi: Google Places

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut