Dark
Light

Yahoo! Rilis Yahoo! Contributor Network

1 min read
November 16, 2010

Setelah berita akuisisi Associated Content bulan Mei yang lalu, Yahoo! kini menunjukkan strategi mereka atas kepemilikan Associated Content dan semakin memperkuat sisi konten dari layanan mereka. Yahoo! kini telah resmi meluncurkan Yahoo! Contributor Network.

Yahoo! Contributor Network merupakan layanan dari Yahoo! yang memungkinkan siapapun, apakah itu penulis, fotografer, atau videografer untuk membagikan pengetahuan mereka kepada ratusan ribu pembaca di seluruh dunia dan bergabung dengan lebih dari 400.000 penulis, fotografer serta videografer komunitas kontributor independen yang telah dimiliki Yahoo!. Tulisan atau kiriman konten ini nantinya akan disebarkan pada berbagai layanan konten milik Yahoo! seperti Yahoo! News, Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, omg! Shine serta halaman depan Yahoo!.

Untuk bergabung dengan Yahoo! Contributor Network ini pengguna cukup menuju ke tautan ini dan mengisi beberapa data pada kolom yang telah disediakan, lakukan verifikasi dari email yang nantinya akan dikirimkan, lengkapi data pribadi Anda dan kini Anda telah bisa mengirimkan konten ke jaringan Yahoo!.

Layanan Yahoo! Contributor Network ini sebenarnya mirip dengan layanan yang telah dimiliki oleh Associated Content, namun kini diintegrasikan dengan berbagai layanan Yahoo! yang menjadikan pangsa pasar pembacanya menjadi lebih luas. Itu sebabnya bagi mereka yang telah menjadi kontibutor di layanan Associated Content, proses registrasi menjadi lebih mudah, cukup sign in di Yahoo! Contributor Network dengan nama pengguna serta password yang telah dimiliki.

Pada tampilan dashboard dari Yahoo! Contributor Network, para kontributor akan diberikan pilihan untuk langsung menuliskan atau mengiriman konten, atau melihat ‘meja kerja’, di mana akan tampil beberapa pilihan konten yang diberikan oleh Yahoo! sebagai ide atau pilihan konten agar tulisan bisa diterbitkan.

Layanan dari Yahoo! ini memperkuat strategi mereka yang memberikan fokus pada penyediaan konten diberbagai tempat di mana Yahoo! menghantarkan konten-konten pada para pengguna atau pembaca Yahoo!, dengan mengajak para kontributor dari seluruh dunia Yahoo! akan punya bank konten yang cukup besar untuk dibagikan dan dihantarkan ke berbagai layanan konten yang mereka miliki. Beberapa fasilitas yang ditawarkan pada para kontributor seperti bayaran atas konten yang dikirimkan (dengan menggunakan akun PayPal), jumlah pembaca yang luas, serta peningkatan kualitas konten dari kontributor dengan beberapa fasilitas seperti berjejaring dengan para kontributor lain.

Tidak disebutkan secara jelas memang berapa bayaran yang diberikan bagi para kontributor, apakah sama antara penulis, fotografer serta videografer, dan apakah ada pembeda untuk kualitas konten tertentu. Sistem trafik, di mana konten yang paling banyak dilihat akan mendapatkan imbalan paling banyak juga diterapkan pada konten yang dikirimkan melalui layanan Contributor Network dari Yahoo! ini.

Sepertinya layanan ini baru tersedia untuk konten yang dikirimkan ke Yahoo! dalam bahasa Inggris, apakah nantinya akan berlaku juga untuk konten Yahoo! berbahasa lain, misalnya Indonesia? Dan, tidak semua konten bisa secara otomatis dimuat diberbagai jaringan konten Yahoo!, para kontributor harus menyesuaikan patokan atau persyaratan yang telah diberikan Yahoo! untuk berbagai konten yang dikontribusikan oleh para pengguna Contributor Network.

Berikut beberapa keterangan dari rilis Yahoo! Contributor Network yang bisa menjadi tambahan informasi, Anda bisa melihatnya pada tautan ini, dan untuk persyaratan dari yang diberikan Yahoo! untuk para kontributor bisa dilihat di sini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Koprol capai 1 juta pengguna, sukses kalahkan Friendster

Next Story

Twitter Tambahkan Indonesia dan Beberapa Negara Lain Sebagai Local Trending Topic

Latest from Blog

Don't Miss

Menggali Akar Masalah Pelecehan Seksual di Esports Indonesia

Jika dibandingkan dengan olahraga tradisional, esports memang lebih inklusif. Mengingat

Flickr Perbarui Ketentuan Terkait Layanan Premium dan Gratisannya

Yang ditunggu-tunggu oleh pengguna loyal Flickr akhirnya datang juga. Flickr