Dark
Light

Yahoo! Profiles Resmi Berubah Menjadi Yahoo! Pulse

2 mins read
June 9, 2010

Beberapa hari yang lalu saya menulis artikel tentang perubahan Yahoo! Profiles menjadi menjadi Yahoo! Pulse, dan hari ini, ketika saya membuka profil Yahoo! saya, tampilannya sudah berubah dan saya disuguhkan Yahoo! Pulse dengan tampilan timeline yang mengingatkan saya pada Twitter Web serta tentu saja Facebook.

Hadirnya Yahoo! Pulse memang tidak terlepas dari kedekatan Yahoo! dengan Facebook yang kini menjadi semakin ‘intim’, salah satunya bisa terlihat dari tampilan desain Yahoo! Pulse yang mirip dengan tampilan timeline Facebook, serta tentu saja, integrasi update yang bisa dilakukan dari Yahoo! Pulse ke timeline Facebook.

Tampilan awal Yahoo! Pulse memang sangat microblogging banget tapi kalau dilihat dari berbagai fungsi yang ada di bagian samping tampilan awal ini, maka Yahoo! Pulse berubah menjadi layanan social network, lengkap dengan berbagai fasilitas seperti blog, foto, kontak, buku tamu, microblogging serta tentu saja fasilitas pengaturan profil layaknya social network.

Tampilan halaman awal Yahoo! Pulse tampak seperti ini:

Bisa dilihat di bagian tengah berisi update dari relasi pengguna, bisa diatur apakah update yang muncul dari Yahoo! saja, Facebook atau keduanya. Di bagian kiri terdapat berbagai layanan Yahoo! lain untuk melengkapi kegiatan sosial user, dan di bagian kanan terdapat keterangan tentang undangan pertemanan dari pengguna lain serta pilihan untuk mendapatkan update dari relasi anda di Yahoo! serta pilihan untuk menambahkan aplikasi yang disediakan oleh Yahoo!.

Untuk melakukan update, caranya sama seperti jika anda akan melaukan update status di Facebook, isi kotak update sesuai dengan keinginan, lalu klik tab ‘bagi’ dan update dari Yahoo! Pulse anda telah terkirim. Anda juga bisa memilih apakah akan membagikan update ini ke akun Yahoo!, Facebook atau keduanya.

Tampilan hasil update nantinya akan seperti ini:

Screenshot pertama merupakan tampilan update di Facebook dan yang kedua di Yahoo! Pulse. Di tampilan Facebook nantinya akan terdapat keterangan sumber update yang juga merupakan link, jika diklik maka pengguna akan diarahkan pada tampilan home Yahoo! Pulse.

Yahoo! Pulse juga memungkinkan pengguna untuk upload foto, menambahkan foto dari album Yahoo! anda, serta menambahkan link langsung dari box update ini.

Jika ada update terbaru dari relasi anda, baik itu di Facebook maupun Yahoo! maka akan ada tampilan kecil di bagian belakang logo Facebook, Yahoo! atau tab ‘semua’ berupa semacam tanda bintang berwarna oranye,yang berguna sebagai penanda bahwa anda bisa melakukan refresh untuk melihat update terbaru.

Untuk fasilitas lain seperti blog, foto dan lainnya memang sudah tersedia di layanan Yahoo!, semuanya dijadikan satu dan bisa diakses langsung dari Yahoo! Pulse. Untuk masalah privasi, seperti yang pernah juga dijelaskan di artikel sebelumnya, Yahoo! telah menyiapkan pilihan yang relatif mudah untuk dimengerti.

Anda tinggal klik ‘kelola update’ maka anda bisa mengatur bagaimana pengguna lain bisa melihat segala hal yang ada di Yahoo! Pulse anda, mulai dari siapa yang boleh memberi komentar, pengaturan foto, pengaturan aplikasi yang pernah anda tambahkan di akun Yahoo! anda, serta siapa saja yang bisa melihat update status anda, termasuk pilihan untuk mengintegrasikan update ke Facebook. Ada tiga pilihan bagaimana pengguna lain bisa melihat konten anda, yang semuanya mirip Facebook, ‘semua orang’, ‘koneksi’ anda saja, serta ‘tak seorang pun’ yang berarti hanya anda sendiri yang bisa melihatnya.

Meski harus diakui Yahoo! Pulse, di beberapa sisi akan mengingatkan kita pada Google Buzz, namun kalau dari segi tampilan, cukup nyaman untuk digunakan, bersih dengan dominan putih serta berbagai pilihan yang mudah ditemukan, dan tentu saja kelebihan Yahoo! untuk pasar lokal Indonesia adalah bahasa.

Bagi pengguna yang telah merubah layanan bahasa akun Yahoo! ke bahasa Indonesia, maka semua tampilan Yahoo! Pulse, termasuk masalah pangaturan privasi, menggunakan bahasa Indonesia. Ini merupakan salah satu keuntungan, terutama bagi mereka, para pengguna baru yang masih belum terlalu terbiasa dengan Yahoo! Pulse.

Anda bisa melihat pengumuman dari Yahoo! tentang layanan Pulse ini di link berikut. Dan, meski di kolom komentar pengumuman ini banyak komentar tidak suka, mari kita lihat beberapa waktu ke depan, apakah layanan ini akan mendapatkan tempat di pengguna Yahoo!, khususnya lokal, karena pengguna kita yang terkenal adaptif tentu bisa jadi barometer apakah layanan ini akan diterima atau tidak.

Bagaimana dengan anda, sudah mampir ke akun Yahoo! anda? Mari share pendapat dan pengalaman anda menggunakan Yahoo! Pulse.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

6 Comments

  1. Nah, ini satu lagi bukti Yahoo! sangat tertarik oleh Indonesia.
    Ternyata mereka sudah sadar bahwa mereka kalah dalam bidang inovasi, maka mereka berusaha untuk menjadi “integrator” aka tukang mashup.
    Aku senang melihat salah satu raksasa internet sudah mengerti potensial Indonesia dalam keterlibatan di dunia maya.
    Kayaknya juga ada kaitan dengan pasar HP (kan partnership Nokia n Sony Ericsson 😛 )

  2. trend banyak service sekarang memang mengarah ke “curator” alias pengumpul. Alasannya, konten di dunia sudah terlalu banyak, dan sudah saatnya ada yang mengindeks dan mengumpulkannya di satu tempat, sesuai dengan kesukaan masing-masing pengguna.

    Digg yang baru tampaknya juga akan ke situ, menjadikan kumpulan berita yang lebih relevan dengan profil kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

TwitPic Tambahkan Fitur Tagging

Next Story

Caffeine dari Google Telah Tiba

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut