Dark
Light

Yahoo! Mulai Integrasikan Layanan Zynga Serta Siapkan Berbagai Fasilitas Baru

3 mins read
November 18, 2010

Integrasi layanan Yahoo! dan Zynga akhirnya telah resmi dirilis oleh Yahoo!, setelah berita tentang kerjasama antara Yahoo! dan Zynga ini muncul sekitar akhir bulan Mei yang lalu, kini para penggemar permainan keluaran Zynga telah bisa menikmati game favorit mereka di berbagai layanan Yahoo!.

Seperti yang dijelaskan pada rilis resminya, integrasi antara layanan Zynga ke berbagai layanan Yahoo! akan dijalankan mulai minggu ini, nantinya para pengguna bisa membuka, memainkan serta membagikan pengalaman bermain berbagai permainan dari Zynga seperti Mafia Wars serta FishVille di layanan Yahoo! seperti Yahoo! Messenger, Yahoo! Games, My Yahoo!, Yahoo! Toolbar serta Yahoo! Pulse.

Fasilitas yang memberikan banyak keuntungan bagi Yahoo! setelah berbagai update yang mereka lakukan, mulai dari peluncuran Yahoo! Pulse, sampai dengan perubahan tampilan Yahoo! Mail serta Yahoo! Mesenger Beta yang beberapa waktu lalu resmi dirilis untuk publik. Pengguna game Zynga, yang jumlahnya tidak sedikit itu, kini diberikan berbagai fasilitas langsung di layanan Yahoo!, membuat mereka bisa semakin lama diam di layanan milik Yahoo!.

Selain pengumuman tentang integrasi game Zynga, Yahoo! juga meluncurkan apa yang disebut ‘Local Offers’. Program dari Yahoo! ini merupakan sebuah layanan semacam aggregasi yang menghadirkan berbagai penawaran daily-deals pada satu tempat.

Yahoo! menjelaskan program ini merupakan layanan di mana Yahoo! berpartner dengan berbagai penyedia layanan local deals baik online maupun offline, beberapa pihak yang telah menjadi partner dari program Local Offers ini antara lain, Groupon, LivingSocial, Gilt City, BloomSpot, BuyWithMe, DealOn, Zozi, CrowdSavings, Lifebooker, FreshGuide, Scoop St, Goldstar, HomeRun, Tippr, Coupons.com, dan Valpak, serta beberapa partner lain yang akan ditambahkan Yahoo!.

Local Offers ini baru dijalankan secara beta di U.S. namun Yahoo! menjelaskan bahwa mereka juga akan melebarkan layanan ini ke luar U.S., apakah mungkin layanan ini juga akan tersedia di Indonesia, mengingat penyedia layanan diskon atau kupon juga tumbuh pesat di sini? Kemungkinan ini masih terbuka lebar, mengingat penetrasi Yahoo! di Indonesia cukup kuat.

Pada layanan Local Offers ini nantinya Yahoo! akan menghadirkan berbagai informasi tentang penawaran lokal yang akan terpersonalisasi sesuai dengan ketertarikkan dan kebutuhan pengguna masing-masing, dan menghadirkan penawaran terbaik dari berbagai partner mereka. Kerjasama ini juga terbuka bagi seluruh penyedia layanan ‘deal’ termasuk yang menyediakan penawaran perhari serta penyedia layanan pemasaran langsung yang bersifat traditional.

Dua layanan terbaru dari Yahoo! ini melengkapi beberapa berita terbaru dari layanan mereka antara lain, peluncuran Yahoo! Messener Beta yang dirilis hampir bersamaan dengan layanan Mail beta terbaru Yahoo!, kemudian integrasi Twitter di berbagai layanan Yahoo!, kemudian rilis Yahoo! Contributor Network serta versi beta dari Yahoo! Clues yang memberikan fasilitas bagi para pengguna dalam melihat ‘dibalik layar’ dari berbagai data tentang tren yang dihasilkan dari kata kunci atau pencarian informasi yang terjadi di Yahoo! Search. Fitur ini akan berguna untuk memberikan informasi tentang tren yang berhubungan dengan pencarian yang dilakukan pengguna.

Yahoo! juga sedang mempersiapkan beberapa pembaruan serta fitur baru lainnya yang berhubungan dengan pacarian lokal, antara lain Quick Apps yang terdiri dari beberapa aplikasi seperti Sketch-a-Search untuk para pengguna desktop dan iPad, serta perbaikan untuk para pengguna iPhone, kemudian aplikasi Open Table, yang merupakan kerjasama antara Yahoo! dengan Open Table yang memberikan fasilitas bagi para pengguna untuk melakukan reservasi tanpa meninggalkan halaman Yahoo! Search. Kemudian Restaurant Comparison Quick App yang berfungsi untuk melakukan perbandingan atas informasi dari beberapa restoran dalam satu halaman.

Beberapa fasilitas pencarian lokal yang akan atau sedang dikembangkan oleh Yahoo! memang sepertinya akan berlaku untuk wilayah tertentu, misalnya U.S. namun ada juga fasiltas baru yang kini masih dalam taraf beta dan uji pada pengguna terbatas yang sepertinya akan dirilis untuk pengguna global, yaitu Rich Search Assist.

Yahoo! menjelaskan bahwa layanan pencarian ini, Rich Search Assist, akan memberikan informasi tambahan ketika pengguna sedang mengetikkan kata kunci tertentu, nantinya mesin pencari Yahoo! akan menampilkan rekomendasi kata kunci beserta tautan yang akan muncul persis ketika pengguna mengetikkan kata kunci tersebut. Layanan ini akan memberikan jawaban langsung atas beberapa informasi hasil pencarian termasuk kelangkapan tautan.

Fasilitas ini mengingatkan pada layanan pencarian instant dari Google, namun Yahoo! tidak menampilkannya dalam badan halaman hasil pencarian tetapi dalam jendela khusus, semacam drop down menu dibawah kolom untuk menuliskan kata kunci pencarian.

Informasi yang cukup banyak dari layanan yang sedang dalam taraf uji produk atau yang akan diluncurkan oleh Yahoo!, meski akan berjalan bertahap, beberapa layanan baru dari Yahoo! ini cukup menarik untuk dicermati, selain layanan tambahan pada mesin pencari mereka yang akan memanaskan persaingan dengan mesin pencari lain, yang juga akan memberikan keuntungan pada pengguna karena diberikan banyak pilihan fasilitas untuk menggunakan mesin pencari, layanan Local Offers sepertinya juga akan sangat menarik, apalagi jika layanan ini dirilis untuk wilayah di luar U.S.

Yahoo! yang cukup kuat dengan posisi mereka sebagai penyedia konten dengan berbagai layanan konten mereka akan memiliki fungsi tambahan sebagai aggregator layanan local deal, yang pangsa pasarnya serta clone yang juga tumbuh pesat, tidak hanya di U.S. tetapi juga di China dan termasuk juga di Indonesia.

Kita lihat beberapa waktu ke depan tentang rilis dari berbagai layanan baru Yahoo! dan eksekusi mereka atas layanan lokal, berikut beberapa video yang menjelaskan atau menjadi preview dari layanan terbaru Yahoo!.

Local Search Features:

Yahoo! Clues Beta:

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Bit.ly Tawarkan Fasilitas ‘bundel’

Next Story

The New Disqus: Disqus v4

Latest from Blog

Don't Miss

HubSehat Launches Second Opinion Feature, Providing In-Depth Diagnosis

HubSehat, one of the healthtech startups in Indonesia has launched
Fitur Second Opinion HubSehat

HubSehat Luncurkan Fitur “Second Opinion”, Mantapkan Pasien dengan Diagnosis Mendalam

HubSehat, salah satu startup¬†healthtech di Indonesia meluncurkan fitur terbarunya¬†“second opinion”.