Dark
Light

XL Mulai Komersialisasikan 4G LTE Secara Nasional

1 min read
November 17, 2015

Buat kalangan awam, kadang membahas waktu ketersediaan layanan 4G LTE di Indonesia cukup membingungkan. Bagi XL, peluncuran jaringan tersebut ditandai dengan diusungnya logo baru di bulan Oktober 2014 silam. Namun kira-kira baru seminggu lalu perusahaan telekomunikasi ini menghadirkan 4G di Bandung setelah periode uji coba beberapa bulan sebelumnya.

Menyusul Kota Kembang, XL PT. XL Axiata mengumumkan dimulainya masa komersial layanan 4G LTE secara nasional, termasuk di wilayah Ibu Kota DKI Jakarta dan sekitarnya. Hal ini ditandai dengan rampungnya proses penataan ulang frekuensi 1800MHz. XL berpendapaat bahwa upaya mereka tersebut akan sangat membantu aktivitas di berbagai bidang – pemerintahan, bisnis, sosial dan hiburan – yang menghendaki servis internet memadai.

Menurut penuturan Dian Siswarini selaku Presiden Direktur via press release, mereka tak mau menunda-nunda penyediaan 4G LTE mengingat tuntutan tinggi terhadap internet super-cepat demi membantu meningkatkan level produktivitas konsumen. Dian turut mengucapkan rasa terima kasih pada para pihak yang membantu XL menyelenggarakan 4G LTE, terutama untuk Kementrian Komunikasi dan Informatika serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Meskipun terus berupaya memperluas area jangkauan, dalam penyajiannya, XL berjanji mereka selalu mengutamakan sisi kualitas. Standard network mobile Long-Term Evolution XL difokuskan pada kecepatan dan kenyamanan, menyuguhkan laju mencapai 150Mbps yang stabil agar ‘manfaat dari teknologi ini secara maksimal dapat diperoleh masyarakat’.

Seperti yang telah XL informasikan sebelumnya, sebesar 40 persen dari total pelanggan mereka menggunakan handset untuk streaming konten video. Dan sejak awal pengembangan 4G LTE, XL membangun layanan agar mampu memenuhi standard video ‘Extreme HD 360°’ – mencakup tayangan seluas 360 derajat dengan lancar tanpa kendala. XL berpendapat, jika internet sanggup menghidangkan tipe video tersebut secara maksimal, maka servis digital lainnya sudah pasti memuaskan.

XL memprediksi, akses video serta konten berbasis visual akan terus meningkat. Pemanfaatannya meliputi bidang edukasi, promosi, presentasi sampai hiburan. Mereka merasa cukup percaya diri karena melihat hasil survei OpenSignal bulan September 2015, XL Axiata tercatat sebagai operator lokal yang memiliki kecepatan internet paling gesit berbekal teknologi LTE.

4G LTE XL sudah bisa dinikmati oleh konsumen di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Cibubur, Cikarang, Cibinong, Dramaga, Bogor, Puncak, Cisarua, Karawaci, dan Cikupa – ditopang oleh 1.577 BTS 4G di Jabodetabek.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Go-Jek Perlu Perkuat Aturan Bisnis

Practo Jalin Kemitraan dengan Uber / Shutterstock
Next Story

Practo Jalin Kerja Sama dengan Uber Suguhkan Kemudahan Perjalanan Menemui Dokter

Latest from Blog

Don't Miss

XL Axiata Gandeng Ericsson untuk Implementasikan Dual-Mode 5G Core

XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson untuk mengimplementasikan solusi Dual-Mode

Tri Luncurkan Paket HappyFlex

Tri, salah satu operator seluler ternama di Indonesia, terus berkomitmen