Dark
Light

Xiaomi Redmi A1 Adalah Smartphone Android Go, Lebih Murah Dari Redmi 10A?

1 min read
October 12, 2022
Xiaomi Redmi A1

Xiaomi telah memenuhi segmen entry-level dengan empat model Redmi 10 Series. Meliputi Redmi 10 5G, Redmi 10 2022, Redmi 10C, dan yang paling terjangkau adalah Redmi 10A yang dijual dengan harga Rp1.499.000.

Namun pada tanggal 28 Oktober 2022 mendatang, Xiaomi telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan smartphone baru bernama Redmi A1. Kehadiran smartphone berbasis Android Go ini menjadi salah satu perwujudan komitmen Xiaomi Indonesia untuk menghadirkan inovasi bagi semua orang.

Kemungkinan harga jual Redmi A1 ini bakal lebih murah dari Redmi 10A dan perangkat ini memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 40.3%. Xiaomi melampaui ketentuan TKDN untuk perangkat telekomunikasi berbasis 4G dan 5G sebesar 35% yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo No 13 Tahun 2021.

Perolehan TKDN 40.3% pada Redmi A1 meliputi berbagai aspek. Termasuk manufaktur (penyediaan mesin produksi, penggunaan tenaga kerja lokal, penambahan proses SMT untuk perakitan PCB), pengembangan produk untuk software secara lokal, dan pengembangan aplikasi yang bekerja sama dengan mitra lokal.

Untuk spesifikasi Redmi A1 yang sudah dibeberkan oleh Xiaomi, perangkat ini mengusung layar seluas 6,52 inci. Punya desain yang menarik dengan tekstur kulit yang membuat tampilan fisiknya lebih premium dan elegan untuk smartphone di kelasnya.

Di punggungnya tersemat kamera ganda AI dengan kamera utama 8 MP. Bodinya tertanam baterai jumbo 5.000 mAh, dan performanya didukung fitur ekspansi RAM yang mencapai 5 GB pada varian tertingginya.

Menurut Xiaomi, Redmi A1 akan menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang ingin melakukan upgrade dari feature phone ke smartphone. Atau bagi mereka yang hendak memiliki smartphone untuk pertama kalinya.

Lebih lengkap terkait fitur dan spesifikasinya, kita tunggu saja peluncuran Redmi A1 yang bertepatan pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang. Redmi A1 juga akan hadir dengan desain box spesial bertema Indonesia karya Sigit Setyo Nugroho yang merupakan seorang Xiaomi fans.

Untuk memperkuat elemen Indonesia dari smartphone pertama yang melampaui TKDN 40% tersebut, Redmi A1 akan memiliki tema khas dan wallpaper khusus Indonesia. Pada box Redmi A1 menampilkan seorang anak muda naik kerbau sedang memegang Redmi A1 sambil belanja online. Gambar tersebut kental sekali dengan nuansa Indonesia, dengan latar belakang rumah tradisional dan candi Borobudur.

OPPO Band 2 Segera Dirilis
Previous Story

Smartband Terbaru OPPO Band 2 Hadir Bersama OPPO A77s

Next Story

Persiapan OG Menghadapi The International

Latest from Blog

Don't Miss

Review Infinix Note 40 Racing Edition, Desain Eksklusif Racikan BMW Designworks

Review Infinix Note 40 Racing Edition, Desain Eksklusif Racikan BMW Designworks

Bagi yang menyukai gadget unik, varian spesial dari Infinix Note

Redmi Pad Pro Sebentar Lagi Hadir di Indonesia 

Xiaomi akan segera merilis tablet terbaru mereka yaitu Redmi Pad