28 October 2022

by Dimas Galih W.

Xiaomi Perkenalkan Redmi A1, Smartphone dengan TKDN 40,3%

Xiaomi Redmi A1 merupakan smartphone pertama dengan TKDN 40,3% di Indonesia. Akhirnya Xiaomi kembali memiliki smartphone dengan harga yang murah

Xiaomi kembali meluncurkan perangkat terbarunya yang ditujukan kepada pengguna entry level. Perangkat tersebut memiliki nama Xiaomi Redmi A1 yang menggunakan Android Go. Smartphone yang satu ini diluncurkan pada Soehanna Hall Gedung Energy, SCBD pada tanggal 28 Oktober 2022. Apa saja yang menjadi keunggulan perangkat yang satu ini?

“Xiaomi meyakini bahwa semua masyarakat di dunia berhak menikmati inovasi teknologi, oleh karena itu Redmi A1 hadir di Indonesia guna memberikan akses bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengakses teknologi yang dapat memengaruhi kehidupannya sehari-hari menjadi lebih baik,” kata Direktur Xiaomi Technology Indonesia Manish Dang.

Redmi A1 merupakan smartphone pertama yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 40,3%. Hal tersebut berkat aspek manufaktur (penyediaan mesin produksi, penggunaan tenaga kerja lokal, penambahan proses SMT untuk perakitan PCB), pengembangan produk untuk software secara lokal, dan pengembangan aplikasi yang bekerja sama dengan mitra lokal. Redmi A1 mampu melebihi standar TKDN yang ditetapkan pemerintah lewat Peraturan Menteri Kominfo No 13 Tahun 2021.

Redmi A1 hadir dengan baterai berkapasitas besar 5000mAh dengan 10W fast charging dan 10W in-box charger dalam paket penjualan. Redmi A1 dibekali SoC Mediatek Helio A22 dalam jaringan 4G dengan kecepatan CPU 4 inti Cortex A53 hingga 2.0 GHz, teknologi memori LPDDR4X + eMMC 5.1 dan memory extension 2 GB. Untuk fleksibilitas koneksi dan Redmi A1 mampu mengaktifkan dua SIM Card secara bersamaan dan memiliki slot microSD dengan kapasitas hingga 1TB.

Untuk kamera, Redmi A1 memiliki dual camera 8MP main camera + 5MP front camera dengan teknologi AI. Layar Redmi A1 menggunakan panel IPS 6.52” Dot Drop Display dengan resolusi HD+ dan aspek rasio 20:9. Sistem operasi yang digunakan adalah Android Go 12.

Xiaomi Redmi A1 dijual dengan harga Rp1.149.000 untuk varian 2GB + 32GB dengan memory extension 2 GB. Selain itu varian 3GB + 32GB dengan memory extension 2 GB dijual pada harga Rp1.249.000. Xiaomi juga sudah mempersiapkan harga khusus bagi para pengguna Redmi 6A, Redmi 7A, Redmi 8A, Redmi 8A Pro, Redmi 9A, dan Redmi 10A dengan harga Rp999.000. Perangkat ini sudah bisa didapatkan mulai tanggal 4 November 2022 secara online maupun offline.

Penasaran dengan hasil foto

Xiaomi Redmi A1 membawa kamera belakang 8 MP yang juga ditambah dengan QVGA untuk bokeh. Selain itu, kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dan bisa merekam video hingga FHD. Semua itu bisa didapat dengan harga yang menurut saya cukup murah pada masa sekarang, walaupun masih menggunakan prosesor yang memiliki kinerja lebih rendah dengan Mi A1 dari tahun 2017 silam.

Saat pertama mengoperasikan perangkat ini pada tempat demo di acara peluncuran, saya cukup terkejut. Smartphone ini ternyata lebih responsif jika dibandingkan dengan Redmi 10A yang menggunakan prosesor yang lebih baru, yaitu Helio G25. Hal ini mungkin karena Redmi A1 menggunakan Android Go dan bukan MIUI. Tampaknya, bagian pengembangan MIUI memiliki PR baru untuk meningkatkan kinerja antarmukanya agar bisa lebih lancar.

Oleh karena keterbatasan waktu, saya hanya bisa mencoba kamera dari perangkat murah ini. Hasilnya, well, memang tidak bisa dibandingkan dengan perangkat kelas atas yang bisa mengambil gambar dengan tajam. Namun, saya memang mengambil foto tersebut didalam ruangan yang memang tidak memiliki cahaya yang cukup seperti di bawah sinar matahari. Hal tersebut bisa dilihat pada contoh hasil foto berikut ini