12 January 2023

by Dimas Galih W.

Xiaomi Berjanji Lebih Baik di Tahun 2023

Xiaomi memaparkan rencana mereka untuk tahun 2023 ini. Apa yang akan membuat mereka berjanji akan menjadi lebih baik lagi?

Jika beberapa vendor mengadakan gathering media pada akhir tahun 2022, berbeda halnya dengan Xiaomi. Vendor yang satu ini mengajak para jurnalis untuk hadir pada Xiaomi Annual Media Gathering 2023 pada hotel Grand Mercure Setiabudi Bandung di tanggal 10 Januari 2023. Acara tersebut juga dihadiri oleh jurnalis dan Youtuber serta para petinggi dari Xiaomi Indonesia.

Sesampainya kami di hotel tersebut, acara tidak bisa langsung di mulai karena masih dalam persiapan. Sekitar 2 jam kemudian, saya memasuki ballroom di mana acara dihelat. Ternyata memang cukup banyak yang diundang oleh Xiaomi untuk datang ke Bandung.

Pembicara pertama adalah Wentao Zhao, Country Director Xiaomi Indonesia. Beliau mengakui bahwa tahun 2022 merupakan tahun yang menantang bagi pelaku industri smartphone, termasuk Xiaomi. Namun, Xiaomi tetap berfokus pada konsumen sehingga masih mampu mempertahankan poisi sebagai 3 brand smartphone teratas secara global menurut Canalys.

Selama 8 tahun di Indonesia, Xiaomi mengatakan bahwa mereka menghadirkan terobosan baru di Indonesia serta memberikan inovasi baru untuk kebutuhan para konsumen. Hal tersebut membuahkan hasil jumlah pengguna sistem operasi MIUI pada akhir 2022 yang mencapai lebih dari 29,3 juta pengguna di seluruh Indonesia. Hal tersebut terwujud dengan pusat servis hingga lebih dari 150 dan titik servis dengan total lebih dari 400 titik.

Untuk tahun 2023, Xiaomi mengatakan bahwa mereka bakal mengucurkan dana lebih dari 100 juta RMB untuk riset dan pengembangan selama 5 tahun ke depan. Wentao juga berjanji bahwa sistem operasi unggulan Xiaomi, yaitu MIUI, akan terus dikembangkan. Mereka juga akan menyempurnakan user experience-nya sehingga bisa menjadi lebih nyaman.

Xiaomi nantinya akan meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2023. Rencananya, seri Redmi Note 12 akan segera hadir di Indonesia. Sementara Poco juga bakal meresmikan perangkat seri X-nya pada kuartal yang sama.

Sesuai dengan janjinya yang mengatakan akan menjadi lebih baik, mereka bakal mendengarkan feedback dari para penggunanya. Mereka juga bakal bekerja sama dengan lebih dari 5000 partner di seluruh Indonesia untuk bisa meningkatkan pengalaman penggunaan perangkat Xiaomi.

“Kami konsisten untuk selalu mendengarkan masukkan dari seluruh pihak terkait, setiap saran dan masukan akan sangat berarti bagi kami sehingga dapat membantu untuk memberikan layanan dan inovasi lebih baik agar terus memberikan akses pada seluruh konsumen Indonesia terhadap inovasi Xiaomi,” tutup Wentao.