Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

World Touring Car Cup 2020 berlangsung di Platform RaceRoom secara Virtual

6 July 2020Narendra Soejoedi

Perpindahan seri balapan ke ruang virtual menjadi hal yang tak terelakkan dan tetap menyajikan tantangan dan keseruan yang sama.

Akhir pekan yang lalu menandai paruh pertama dari seri balapan Esports World Touring Car Cup musim 2020. Dengan tertundanya gelaran langsung WTCR, FIA dan Eurosports, menggelar eventpre-season WTCR secara virtual. Dengan dilangsungkannya balapan ke ranah virtual, kian hari, cabang olah raga otomotif memandang balapan menggunakan simulator adalah hal yang serius.

Pre-season Esports WTCR akan berlangsung selama enam minggu, dimulai di tanggal 14 Juni 2020 yang lalu hingga balapan terakhir di sirkuit Sepang, Malaysia, di tanggal 19 Juli 2020 mendatang.

Situasi balapan | via: YouTube
Situasi balapan | via: YouTube

Di gelaran pekan empat, Norbert Michelisz, pembalap asal Hunggaria akhirnya mendapatkan kesempatan untuk naik ke puncak podium di Ningbo International Circuit. Sekalipun sudah pernah meraih takhta juara dunia di musim 2019, Norbert akan mencoba kembali menunjukkan ketajamannya di ranah sim racing.

Adapun WTCR digelar dengan menggunakan platform RaceRoom. RaceRoom sendiri adalah salah satu platform yang cukup sering digunakan pembalap profesional untuk berlatih di sirkuit pilihan mereka secara virtual. RaceRoom dapat mereplikasi pengalaman mengemudi dan balapan yang mendekati nyata.

Selama balapan, masing-masing pembalap akan menggunakan webcam dan mic. Dengan adanya webcam dan mic, pembalap dapat berinteraksi langsung dengan sesama pembalap dan juga dengan host.

Usai balapan para penggemar juga akan memiliki waktu untuk berinteraksi dengan pembalap favorit meraka secara langsung melalu media sosial. Seluruh peserta yang berkompetisi gelaran Esports WTCR hanya dibatasi pada pembalap yang mendaftarkan diri di musim balapan 2020.

kalender | via: fiawtrc.com
kalender | via: fiawtcr.com

Eurosports dan FIA selaku race organizer melalui gelaran Esports WTCR jugamenjalankan campaign dengan tagar #RaceAtHome sebagai bentuk kepatuhan pada protokol kesehatan selama masa pandemi. Di sela waktu balapan, pembalap akan memperlihatkan setup simulator meraka dan keadaan di sekeliling rumahnya sebagai konten hiburan.

Tidak sampai di situ saja Esports WTCR juga tetap dipandu oleh host dan komentator profesional. Gelaran Esports WTCR disiarkan secara langsung dan tersedia di channel olah raga di 54 negara berbeda. Dengan dukungan dari beberapa brand besar seperti DHL, Goodyear, dan Tag Heuer sebagai sponsor balapan Esports WTCR bisa digelar.

via: YouTube
via: YouTube

Beberapa seri sebelumnya sudah berlangsung di Salzburgring, Hungaroring, dan Slovakia Ring. Dengan posisi klasemen terbaru, Norbert Michelisz hanya terpaut 6 poin dari pemuncak klasemen. Saat ini, masih ada 2 race lagi untuk menentukan siapakah pemenang dari rangkaian balapan pre-season Esports WTCR. Race berikutnya akan berlangsung di Circuito de Guia, Makau 12 Juli mendatang. Akankah Norbert Michelisz bisa mengulang kembalai jaura dunia seperti di waktu sebelumnya?

 

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV