13 December 2013

by Bambang Winarso

WordPress 3.8 "Parker" Resmi Dirilis, Makin Kece dengan Tambahan Warna dan Desain Baru

Setelah Oktober lalu WordPress 3.7 dirilis dan menghadirkan beberapa update baru, hari ini versi WordPress 3.8 juga menyusul dengan perubahaan yang tak kalah mengesankan. Versi 3.7 lalu WordPress menggunakan kode Basie yang merupakan seorang musisi Jazz, dan di versi terbaru ini tim pengembang menggunakan kode "Parker" yang juga seorang musisi Jazz, lengkapnya Charlie Parker.

Update terbaru ini relatif lebih cepat ketimbang update-update sebelumnya, dipimpin langsung oleh Matt Mullenweg, WordPress 3.8 membawa perubahan radikal terutama dari segi desain dashboard, di samping itu terdapat sejumlah hal baru yang akan membuat aktitifas blogging Anda kian menyenangkan. Apa saja hal-hal baru tersebut? Simak ulasan selengkapnya.

Desain Lebih Modern

Hal baru pertama yang jadi sorotan adalah desain dashboard WordPress 3.8 yang diklaim merupakan desain paling cantik yang pernah WordPress rilis. Tampilan baru dashboard versi 3.8 ini terlihat lebih rapi, jernih namun tetap sederhana. Sulit menemukan kata yang tepat namun dapat dikatakan lebih nyaman di mata dan lebih modern tanpa terkesan rumit.

Tata Teks yang Lebih Jernih dan Tampilan Kontras yang Diperhalus

Teks Open Sans dirancang sedemikian rupa sehingga terlihat cocok sekali dengan desain baru WordPress 3.8 baik untuk versi desktop maupun mobile. Lalu tampilan kontras dashboard kian diperhalus sehingga memudahkan pengguna untuk membaca dan menemukan setiap navigasi yang tersedia.

Definisi Tinggi Namun Tetap Cepat

Fitur selanjutnya yang dihadirkan di WordPress 3.8 adalah berupa kemampuan script untuk menyesuaikan ukuran dengan perangkat yang digunakan untuk mengakses dashboard. Wordpress 3.8 menggunakan sistem desain baru yang meningkatkan ketajaman tampilan, dengan pintar menghilangkan piksel sehingga membantu mempercepat loading halaman.

Tambahan Warna Dashboard

Bosan  dengan warna dashboard yang itu-itu saja? Di versi WP 3.8 ini Anda tak harus merasakan bosan lagi sebab Anda bisa memilih warna kesukaan Anda lalu menerapkannya ke dashboard. Alhasil, tampilan dahsboard kini lebih segar, berwarna dan jauh dari kesan monoton.

Manajemen Tema dan Widget yang Lebih Mudah

Selain segi tampilan, WordPress 3.8 juga diperkaya dengan sejumlah kemudahan di bagian manajemen tema dan widget. Sekarang Anda dapat menemukan sebuah tombol baru yang berfungsi untuk menambahkan tema baru. Kemudian tepat di ikon masing-masing tema yang sudah terinstal terdapat tool baru bernama Theme Details yang apabila Anda klik maka Anda dapat melihat informasi tema tersebut melalui halaman popup, untuk beralih ke tema lain cukup menggunakan tombol panah yang ada di keyboard, proses ini dapat dilakukan dengan hitungan detik sebab tanpa menunggu proses loading.

Pengguna kian dimanjakan dengan cara baru dalam mengatur widget, di mana sekarang pengguna desktop disuguhkan tampilan widget yang lebih langsing, lebih efektif dan cepat sebab widget dikelompokkan dalam grup dan ditempatkan bersebelahan guna memanfaatkan ruang kosong yang ada di tampilan dahsboard WordPress versi sebelumnya, sehingga proses pengaturan widget jauh lebih mudah.

Tambahan Tema Default Baru; Twenty Fourteen

Sobat blogger yang ingin membuat situs berita kini diberi pilihan menggiurkan berupa penambahan tema baru yang dirancang untuk jenis situs berita atau majalah bernama TwentyFourteen. Tema ini otomatis akan ditambahkan ke dashboard Anda, jika tertarik untuk menggunakan tema ini maka Anda dapat memilih antara desain grid atau slider untuk konten featured situs Anda. Kemudian terdapat 3 area widget dan dua template halaman yang bisa Anda gunakan.

Itu dia sejumlah update yang dibawa oleh WordPress 3.8, bagi sobat yang ingin melakukan upgrade bisa langsung melakukannya via dashboard atau mengunduhnya dari situs WordPress.

Sumber berita TheNextWeb dan WordPress.