14 July 2022

by Galih

Saingi Wordle, Spotify Akuisisi Game Tebak Lagu, Heardle

Setelah Roblox, Spotify melakukan ekspansi barunya

Wordle memang jadi fenomena besar satu tahun belakangan dan Spotify pun ternyata iri dan membuat Heardle. Apa itu?

Permainan online tebak kata Wordle memang menjadi salah satu kejutan menyegarkan di tahun 2022 ini. Permainan yang simpel namun adiktif membuat banyak pemainnya terus kembali untuk menebak kata baru setiap harinya.

Popularitas  tersebut bahkan mengantarkan game buatan Josh Wardle pada akuisisi senilai lebih dari $1 juta atau sekitar Rp15 miliar oleh The New York Times. Akuisisi yang terjadi pada Januari tersebut pun menginspirasi banyak developer lain mengembangkan game serupa.

Salah satunya adalah Heardle, yang membawa permainan tebakan trivia ala Wordle ke dalam musik. Sama seperti Wordle pemain diminta untuk menebak penyanyi dan judul lagu dari potongan intro lagunya.

Game ini pun dengan singkat mendapatkan banyak fansnya, terutama mereka yang memang menyukai musik. Dan ternyata nasib baik serupa juga menghampiri Heardle karena game buatan Glenn Angelo ini kini akan diakuisisi oleh raksasa musik, Spotify.

Melalui Newsroom-nya, Spotify mengumumkan secara resmi bahwa Heardle akan segera bergabung dengan Spotify. Mereka melihat Heardle lebih dari sekedar game trivia. Melainkan juga sebagai alat untuk menjelajahi musik.

Spotify merasa bahwa Heardle dapat membantu para penggunanya untuk menemukan kembali lagu lama yang mungkin terlupakan. Menemukan artis baru yang menakjubkan, hingga menemukan judul lagu untuk musik misterius yang menghantui pikiran para pendengarnya.

"Kami selalu mencari inovasi dan jalan yang menyenangkan dalam penjelajahan musik dan membantu para artis menjangkau fans-fans baru," ungkap Jeremy Erlich, Global Head of Music Spotify.

Erlich menjelaskan bahwa Heardle berhasil membuktikan diri sebagai cara yang menyenangkan untuk menyambungkan jutaan fans dengan lagu yang telah mereka ketahui dan juga menyukai lagu-lagu baru.

Image Credit: Spotifyfre

Meskipun akan bergabung dalam ekosistem Spotify, namun mereka menjamin bahwa Heardle akan tetap menjadi game free-to-play yang bebas dimainkan oleh siapa saja. Spotify juga menyebut bahwa tampilan dan nuansa dari permainannya tidak akan berubah.

Namun, mulai hari ini Heardle kedatangan fitur baru yaitu mendengarkan versi penuh dari lagu yang ditebak di akhir permainan. Pemain yang ingin mendengarkan versi penuh lagunya nanti tentu saja akan diarahkan menuju Spotify.

Sayangnya, Heardle versi Spotify ini tidak langsung tersedia di semua negara. Bahkan game ini kini hanya tersedia untuk Amerika Serikat, Inggris Raya, Irlandia, Kanada, Australia, dan Selandia Baru saja. Tetapi Spotify berjanji akan memperluas akses permainan ini ke berbagai negara lainnya.