Dark
Light

Windows Phone 8 Resmi Diluncurkan

by
2 mins read
October 30, 2012

Tengah malam tadi (waktu Indonesia) Microsoft mengumumkan sistem operasi untuk ponsel terbaru mereka Windows Phone 8. Dari peluncuran ini ada beberapa peningkatan fitur yang disediakan Microsoft, antara lain Data Sense, Rooms, Kid’s Corner dan beberapa lainnya.

Rooms pada dasarnya adalah salah satu fitur yang ada di People Hub, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah ‘ruang’ privat yang hanya bisa diakses anggota grup tertentu. Pengguna juga bisa membagikan konten foto, kalender, album video dan catatan. Pengguna Android, iOS dan Windows Phone 7.5 juga bisa mengakses kalender tetapi harus menggunakan Hotmail.

Data Sense adalah fasilitas yang memungkinkan pengguna menikmati pengurangan data atas web yang diakses dari ponsel WP8. Aplikasi ini juga memberikan informasi tentang konsumsi data, jaringan WiFi yang akan menawarkan penggunaan WiFi jika tersedia untuk membantu pengurangan data. Data Sense akan bekerja sama dengan operator telekomunikasi, di AS sendiri Verizon adalah operator yang ‘menikmati’ aplikasi ini untuk pertama kali.

Fitur lainnya adalah halaman awal (home dan lock screens). Halaman awal dari ponsel berbasis Windows Phone 8 kini akan disokong oleh Live Apps, pengguna bisa melakukan personalisasi atas halaman awal ini dengan aplikasi pilihan mereka sendiri. Termasuk aplikasi Facebook atau teks yang terkustomisasi.

Kid’s Corner¬†adalah fitur yang berguna bagi Anda para orang tua yang ponselnya sering digunakan atau dipinjam (mungkin secara paksa) oleh anak-anak Anda, atau mungkin juga ponakan Anda. Fitur ini pada dasarnya menyediakan akses khusus untuk anak-anak agar bisa menggunkan aplikasi yang telah disesuaikan dengan mereka. Aktivasinya dengan melakukan ‘swipe’ ke kiri ketika layar ponsel masih terkunci.

Selain dari beberapa fitur baru atau peningkatan yang ada di atas, Microsoft juga mengumumkan beberapa ketersediaan fasilitas lain bagi pengguna Windows Phone 8, antara lain tersedianya aplikasi dan game yang merupakan aplikasi populer di dunia seperti Temple Run, Cut The Rope, Angry Birds Star Wars. Aplikasi Skype juga dioptimasi untuk Windows Phone 8, aplikasi ini bisa menyala terus sehingga memudahkan untuk mendapatkan pesan atau panggilan.

Windows Phone Marketplace juga mengalami perbaikan untuk kategori Top Paid dan Best Rated. Pengembang juga telah bisa menambahkan fitur pembelian dalam aplikasi di aplikasi mereka. Fitur lain adalah Wallet dan NFC, peninkatan Keyboard dan aplikasi cloud SkyDrive serta Internet Explorer 10 yang dikatakan lebih cepat, serta memiliki deteksi malware untuk situs berbahaya. Untuk SkyDrive, foto yang diunggah ke layanan awan ini akan bisa secara langsung dilihat di PC Windows 8 pengguna dan tidak akan dihapus, jadi pengguna bisa mengakses berbagai foto ini meski foto di ponsel mereka hilang. Untuk peta, Microsoft bermitra dengan Nokia dan menghadirkan layanan navigasi dari perusahaan ini yang akan menjadi aplikasi peta bawaan di perangkat berbasis Windows Phone 8.

Dalam acara peluncuran ini disebutkan juga beberapa data yang berkaitan dengan ekosistem WP 8, antara lain toko aplikasi mereka (Windows Phone Store) telah menyediakan lebih dari 120.000 aplikasi, tersedia di 50 bahasa. Informasi untuk para pengembang, SDK dari Windows Phone 8 ini juga akan dipublikasikan setelah hari peluncuran.

Salah satu hal yang bisa ditarik dari pengenalan dari Windows Phone 8 ini adalah personalisasi dari perangkat ponsel dan berbagai aplikasi dan fitur yang disediakannya dan pengalaman menggunakan. Joe Belfiore dan Steve Ballmer dari Microsoft juga sama-sama mengatakan bahwa With ‘WP8 we reinvented the smartphone around you’.

Berbagai ponsel dengan Windows Phone 8, seperti Lumia dari Nokia, HTC 8X dan Samsung Ativ akan mulai tersedia bulan akhir minggu ini di Eropa dan di Amerika pada bulan November.

Microsoft beberapa hari yang lalu baru saja meluncurkan secara resmi sistem operasi Windows 8 dan tablet Surface mereka. Ponsel berbasis Windows Phone 8 ini menjadi semacam ‘teman’ dari perangkat berbasis Windows 8, serta Suface.

Menarik untuk melihat bagaimana adopsi dari perangkat berbasis Windows Phone 8 ini, terutama dengan persaingan dari merek lain seperti iPhone 5 atau Nexus 4 dari Google. Tentunya, kita juga menunggu kapan ponsel pintar WP8 hadir di Indonesia.

Sumber artikel dan gambar: Cnet dan TheVerge.

Previous Story

[Manic Monday] Your Fans Are Your Monetization Strategy

Next Story

Google Umumkan Nexus 4, Nexus 10 dan Nexus 7 Terbaru

Latest from Blog

Don't Miss

Dampak AI Pada Transformasi Bisnis di Indonesia: TELKOM, BUMA, dan DANA Berbagi Pengalaman

Sadar akan potensi besar yang ada pada teknologi AI ini,

Bangun Infrastruktur Cloud dan AI di Indonesia, Microsoft Siapkan Dana Investasi 27 Triliun

30 April 2024 menjadi hari yang cukup bersejarah bagi perkembangan