1 July 2013

by Iqbal Farabi

Windows 8 Akhirnya Lampaui Pangsa Pasar Windows Vista

Setelah berbagai laporan mengenai menurunnya pasar komputer personal yang notabene merupakan domain kekuasaan sistem operasi Windows, kabar baik akhirnya muncul untuk sistem operasi besutan Microsoft tersebut. Berdasarkan statistik terbaru dari NetMarketshare, untuk pertama kalinya pangsa pasar sistem operasi Windows 8 melampaui sistem operasi Windows Vista.

Selain melampaui sistem operasi Windows Vista, Windows 8 juga untuk pertama kalinya mencapai pangsa pasar lebih dari 5%. Seperti yang dilansir oleh The Next Web, Windows 8 mengalami tren yang positif di penghujung bulan Juni lalu. Selama satu bulan tersebut, Windows 8 mengalami peningkatan pangsa pasar sebesar 0,83% dari 4,27% ke 5,1%.

Peningkatan pangsa pasar sistem operasi Windows 8 ini disinyalir sebagai akibat dari dirilisnya Windows 8.1 yang merupakan penerus sistem operasi Windows 8. Dirilis pada acara Build 2013 yang digelar Microsoft pada 26 Juni lalu, Windows 8.1 dikatakan akan bisa diunduh secara gratis bagi pengguna yang sudah memiliki lisensi Windows 8. Windows 8.1 sendiri sejauh ini mendapatkan penilaian yang baik dari berbagai kritikus dan pengamat teknologi.

Sementara itu, naiknya pangsa pasar Windows 8 diiringi dengan menurunnya pangsa pasar Windows 7 dan Windows XP. Dengan pangsa sebesar 44,37%, Windows 7 masih menjadi sistem operasi Windows yang paling populer. Sementara di posisi kedua, Windows XP masih memiliki pangsa pasar sebesar 37,17% meskipun sistem operasi ini sudah berumur hampir 12 tahun.

Statistik lengkap mengenai pangsa pasar sistem operasi Windows bisa dilihat di situs NetMarketshare pada tautan ini.

 

Sumber: NetMarketshare via The Next Web.