7 April 2022

by Adi Nawan

Windows 11 Kini Berikan Penyegaran File Explorer dan Folder untuk Start Menu

Microsoft akhirnya hadirkan dua fitur utama yang telah diminta oleh para pengguna Windows 11

Windows 11 kini menjadi proyek jangka panjang dari Microsoft yang secara berkala mendapatkan improvisasi dan pembaruan untuk membuatnya lebih optimal dan juga tampil fresh.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana penilaian terhadap Windows 11 ini, Anda bisa melihat kompilasi review dari Windows 11 di sini.

Yang terbaru, Windows 11 akan mendapatkan update pada fitur folder untuk Start Menu dan juga penyegaran untuk File Explorer yang membuatnya lebih fleksibel dan bebas untuk dipersonalisasi.

Salah satu fitur baru menarik pada File Expolorer ini adalah hadirnya penambahan opsi 'tab' yang biasanya ditemui pada web browser.

Image Credit: Windows

Hal ini memungkinkan penggunanya untuk menavigasi banyak folder di dalam satu window sekaligus. Sehingga penggunanya tidak lagi dibingungkan dengan banyak window yang tersebar di seluruh layar.

Kemudian, Microsoft memberikan laman utama untuk File Explorer. Pengguna nantinya dapat mengakses beberapa item dengan cepat seperti folder 'Quick Access', dokumen yang terkahir diakses, hingga ke opsi baru yaitu 'Favorites'.

Fitur favorites sepertinya akan menjadi pengganti dari "pin to quick access" yang sebelumnya cukup memenuhi sisi samping dari File Explorer. Lewat fitur baru ini, pengguna dapat mengklik kanan pada file atau folder yang diinginkan dan membuatnya menjadi Favorites. Nantinya file atau folder tersebut akan muncul di laman utama dari File Explorer.

Microsoft juga melakukan peningkatan pada fitur berbagi file-nya. Kini para pengguna dapat secara mudah membagikan file yang ada dalam PC-nya ke kontak yang baru saja dihubungi, ataupun mengirimnya ke aplikasi seperti Microsoft Teams, Outlook, dan juga OneDrive.

Image Credit: Windows

Untuk folder, fungsi utamanya mirip dengan folder pada umumnya yaitu untuk memasukkan beberapa aplikasi yang Anda gunakan di Windows 11 sesuai dengan kategori yang diinginkan.

Tampilan folder-nya sendiri sangat mirip dengan folder yang telah ditemui pada smartphone baik Android maupun Apple. Untuk membuat folder pengguna cukup menarik satu aplikasi ke aplikasi lain yang ingin dijadikan satu folder.

Anehnya, fitur ini sebenarnya sudah ada di Windows 10 dan bahkan Windows 8. Namun Microsoft baru membawa kembali fitur ini pada update yang baru akan dirilis nanti.

Sayangnya, Microsoft tidak memberikan tanggal rilis pasti kapan update fitur ini akan dirilis. namun kemungkinan besar fitur-fitur ini akan ikut di dalam update bulanan dari Windows 11 nantinya.