26 April 2023

by Galih

WhatsApp Hadirkan Fitur Satu Akun Bisa Digunakan di Beberapa Ponsel Sekaligus

Pengguna tidak perlu repot ketika menggunakan banyak smartphone

WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi berkirim pesan atau messenger yang paling populer, termasuk di Indonesia. Sehingga tidak heran bila inovasi dari layanan ini terus dinanti.

Tahun lalu, aplikasi milik grup Meta Platforms, Inc ini telah memperkenalkan fitur multi-perangkat yang memungkinkan pengguna WhatsApp mengakses dari laptop atau PC.

Kini, WhatsApp menghadirkan peningkatan terhadap fitur multi-perangkat tersebut. Sehingga nantinya para pengguna WhatsApp akan dapat aktif dengan menggunakan beberapa smartphonesecara bersamaan.

Fitur ini sendiri menjadi salah satu fitur dengan tingkat permintaan yang sangat tinggi. Sehingga Meta segera merealisasikan fitur tersebut dan membuat pengguna dapat menautkan ponsel hingga empat perangkat sekaligus.

Sama halnya dengan fitur tautan WhatsApp di browser web, setiap smartphone yang ditautkan nantinya akan terhubung ke WhatsApp secara independen. Hal tersebut guna memastikan bahwa pesan, media, dan panggilan pribadi terenkripsi secara end-to-end.

Bahkan bila perangkat utama tidak aktif dalam periode yang lama, akun WhatsApp tersebut akan secara otomatis keluar dari perangkat pendamping lainnya. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir akun WhatsApp-nya menyangkut di salah satu smartphone.

Image credit: Meta

Pengguna nantinya cukup mengunduh WhatsApp di smartphone kedua. Kemudian ketika di laman masuk pengguna dapat memilih "link to existing account" atau "tautkan ke akun yang telah ada".

Kemudian, smartphone kedua akan menampilkan kode QR yang nantinya dapat dipindai menggunakan aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone pertama lewat pilihan "link a device" atau "sambungkan perangkat" yang ada di pengaturan.

Ketika fitur ini aktif, pengguna nantinya dapat berkirim pesan lebih cepat dan mudah. Karena pengguna nantinya dapat beralih di antara beberapa ponsel tanpa harus melakukan proses log out dan login pada setiap perangkat ketika berganti perangkat.

Fitur ini nantinya tentu akan sangat berguna bagi mereka yang memiliki usaha kecil. Sehingga para karyawan dapat langsung menjawab pesan pelanggan langsung dari ponsel mereka dengan akun WhatsApp Business yang sama.

Pembaruan ini sudah diluncurkan kepada pengguna secara global dan nantinya akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu ke depan. Jadi, tidak perlu khawatir bila WhatsApp milik Anda masih belum kedatangan fitur ini untuk sekarang.

Terakhir, Meta juga memastikan bahwa fitur baru ini nantinya dapat diakses oleh para pengguna smartphone Android, maupun para pengguna smartphone iOS.