Dark
Light

WhatsApp Kembangkan Fitur AI untuk Membuat Avatar

1 min read
July 15, 2024

Rencana Meta dalam mengintegrasikan AI generatif ke dalam berbagai produknya tampaknya akan bertambah lagi.

WhatsApp, sebagai bagian dari Meta, dikabarkan sedang mengerjakan sebuah proyek untuk pengembangan fitur baru berbasis AI generatif. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat avatar mereka sendiri dengan pengaturan gambar yang diharapkan dapat mendekati yang diinginkan pengguna.

Menurut pantauan terkini dari situs WABetaInfo, fitur ini baru muncul di WhatsApp Beta di Android 2.24.14.7. Hasil tinjauan mereka menunjukkan bahwa fitur yang tengah dalam pengembangan ini kemungkinan akan menggunakan formulasi berdasarkan gambar-gambar yang dimasukkan oleh pengguna, text prompt yang berikan pengguna, dan language large model (LLM) milik Meta yakni Llama, untuk memberikan hasil akhir gambar yang dituju.

Untuk menggunakan personalized avatar ini, terlebih dahulu pengguna perlu bermodal foto yang ingin dijadikan avatar yang dipersonalisasi—disarankan tentu menggunakan selfie/swafoto—untuk kemudian digunakan untuk AI Meta mempelajari foto pengguna.

Setelah itu, pengguna perlu mengetik di Meta chat “Imagine me…”, yang diikuti dengan deskripsi situasi/latar yang diinginkan pengguna. Hasilnya, sebagai contoh, pengguna akan memiliki personalized avatar yang menampilkan dirinya sedang berada di luar angkasa, dengan prompt seperti, “@Meta AI bayangkan saya sedang ada di luar angkasa di sekitar planet-planet dan bintang-bintang.”

Fitur AI generatif yang serupa dengan Lensa AI atau Dream milik Snapchat ini konon akan tersedia secara opsional, yang menandakan pengguna perlu mengaktifkannya secara manual di pengaturan WhatsApp agar dapat menggunakan. Gambar yang dijadikan referensi pun dapat dihapus sesuai keinginan pengguna pada pengaturan Meta AI.

Hingga artikel ini diterbitkan, belum terdengar indikasi kapan fitur baru ini akan tersedia secara umum. Di tengah-tengah pengembangan fitur penciptaan gambar ini, WhatsApp juga masih dalam upaya meluncurkan AI Assistant di ekosistem Meta.

Belum genap dua tahun dari peluncuran fitur avatar 3D, WhatsApp kembali “bermain-main” di area avatar dengan pengembangan dan testing avatar berbasis AI generatif yang saat ini tengah berjalan.

Sebagai informasi, pada 2022 akhir, WhatsApp meluncurkan fitur avatar 3D yang juga ditujukan untuk personalisasi avatar dari penggunanya. Saat itu, dan hingga artikel ini diterbikan, WhatsApp tidak melakukan monetisasi apapun pada fitur ini.

Header image: AI using Designer in Copilot.

Adam Yanuar

Gemar teknologi, menulis telah menjadi bagian sehari-hari. Biasa menyusun strategi komunikasi kini Adam kembali menulis informasi terkait teknologi.

Unboxing CMF Phone 1
Previous Story

Impresi Pertama CMF Phone 1: Gegas, Modular dan Menyenangkan!

Next Story

Genjot Solusi Kecerdasan Buatan, AMD Akuisisi Silo AI

Latest from Blog

Don't Miss

Updated: AI di Smartphone Makin Populer, Apa Komentar Pengguna?

Update: Ada perubahan data dari hasil survei sesuai rilis yang

Genjot Solusi Kecerdasan Buatan, AMD Akuisisi Silo AI

Perusahaan pengembang prosesor ternama AMD mengumumkan akuisisi terhadap Silo AI,