18 April 2017

by Bambang Winarso

WhatsApp Uji Fitur Pemberitahuan ke Teman Saat Anda Ganti Nomor

Tak seperti biasa, pengujian fitur ini dilakukan di platform Windows Phone

WhatsApp dikabarkan kembali menguji fitur baru yang ditujukan untuk memudahkan pengguna saat mengganti nomor ponsel. Berbeda dengan BBM, WhatsApp menggunakan nomor ponsel sebagai identitas seluruh penggunanya, sehingga ketika seseorang mengganti nomor dan ingin tetap terhubung, mereka harus memberitahu seluruh nomor di kontaknya satu per satu. Hal ini sudah barang tentu menyita waktu, tenaga dan biaya. Tetapi rintangan itu sangat mungkin bakal berakhir dalam waktu dekat. Pasalnya, WhatsApp saat ini sedang menguji fitur yang akan memberitahu seluruh teman saat pengguna mengganti nomor ponsel lawas dengan yang baru.

Pembaruan ini tertangkap oleh @WABetaInfo yang punya reputasi apik soal perkembangan terbaru WhatsApp. Secara khusus fitur ini ditemukan di WhatsApp beta versi 2.17.130 untuk Windows Phone dan Windows 10 Mobile. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberitahu semua nomor kontak tentang perubahan nomor Anda, dan bahkan mempertahankan percakapan dan data grup saat nomor baru sudah diaktifkan.

Ada tiga opsi yang dapat dipilih di fitur ini, membagikan nomor baru ke semua kontak, atau membagikan ke kontak yang sudah pernah ngobrol dengan Anda, atau tidak dibagikan ke siapapun. Notifikasi akan dikirimkan ke semua grup secara otomatis, tergantung opsi mana yang dipilih.

Mengusung label beta, fitur ini baru dapat dijumpai di perangkat Windows dan diyakini masih memiliki sejumlah celah kesalahan (unduh di sini). Langkah ini cukup aneh mengingat di banyak pengujian sebelumnya, WhatsApp lebih sering memilih Android ataupun iOS sebagai medan percobaan. Tetapi mengingat ini baru dalam fase beta, kemungkinan besar versi finalnya tetap akan digulirkan ke semua platform. Bagaimanapun, Android dan iOS adalah dua platform yang paling banyak menggunakan WhatsApp.

Sumber berita Twitter/WABetaInfoΒ dan gambar header Pixabay.