Dark
Light

WeddingKu, Strategi Advertising Yang Unik

1 min read
September 19, 2009

Weddingku adalah sebuah situs mengenai pernikahan yang memang sudah eksis cukup lama di dunia bisnis online tanah air. Didirikan sejak tahun 2002 silam, Weddingku merupakan salah satu bisnis yang secara unik mampu menggabungkan bisnis online dan offline. Namun saya tidak akan membahas hal itu secara keseluruhan, cukup dari sisi online-nya saja.

Weddingku memiliki kantor pusat di Sunter, Jakarta Utara, Surabaya serta Bali dan merupakan situs yang bergantung hampir sepenuhnya pada komunitas yang mereka bentuk secara offline. Para anggota situs ini kerap mengadakan kopdar di beberapa tempat dimana mereka yang sudah berpengalaman rajin berbagi cerita kepada para anggota-anggota baru (calon pengantin). Dengan brand yang sudah begitu melekat di pikiran para calon pengantin, Weddingku makin mantap melaju tanpa persaingan yang berarti. Agak kurang seru sih jadinya, tapi tetap menarik untuk diikuti 😀

Kalau anda lihat dari tampilan situsnya, terlihat jelas bahwa Weddingku ini mendapatkan banyak sekali revenue dari advertising. Namun yang menarik adalah strategi advertising yang diterapkan oleh Weddingku ini mampu menjangkau berbagai tipe advertiser mulai dari yang berbudget rendah hingga yang berbudget tinggi.

Berbagai paket iklan tersedia untuk berbagai vendor yang masih relevan dengan pernikahan seperti jasa fotografi, sewa gedung, katering, dan lain-lain. Dan pihak Weddingku ini juga selektif untuk memilih iklan-iklan yang ingin masuk untuk memastikan iklan yang tampil relevan dengan produknya. Dari sini saya simpulkan bahwa memang sudah banyak advertiser yang ingin masuk ke Weddingku sampai-sampai harus ada proses filter. Namun ya bisa dimaklumi juga, berhubung iklan yang tampil sudah cukup banyak maka harus relevan karena kalau sudah banyak ternyata tidak relevan tentu menjadi daya tarik bagi visitor untuk keluar dari halaman tersebut.

Berbagai advertising unit tersedia mulai dari text-link listing usaha yang bisa anda masukkan secara gratis, textlink berbayar yang di-bold untuk memberikan exposure lebih. Ada juga advertising yang bersifat mingguan (weekly featured),ada juga yang berupa banner samping dengan biaya lebih dan pastinya untuk advertiser yang memiliki biaya lebih dapat membayar banner premium di bagian atas dan bawah dari tiap halaman.

Strategi ini nampaknya cukup berhasil diterapkan oleh Weddingku dan patut dicontoh oleh situs-situs lain yang mengandalkan pemasukan dari advertising. Benefit yang ditawarkan sangat banyak dan bervariasi dikemas dalam paket-paket dengan harga yang bervariasi pula, mulai dari harga untuk advertiser kecil sampai advertiser kelas kakap.

Weddingku ini juga memiliki fitur semacam blogging untuk penggunanya yang dinamakan “My Diary“. Di sini pengguna bisa bercerita mengenai pernikahannya mulai dari gaun, katering, gedung, florist dan semuanya. Pengguna juga bisa meng-customize halamannya sesuai dengan theme yang diinginkan dan bisa dikomentari oleh sesama pengguna.

Dari sisi tampilan sebenarnya situs ini cukup bagus, namun agak terlalu ramai dan overloaded. Untungnya latar belakangnya putih dan tampilan banner-banner iklan-pun tidak terlalu mencolok sehingga masih bisa dinikmati.

Well, itu pendapat saya. Bagaimana pendapat anda?

** no, I’m not getting married in near future **

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

8 Comments

  1. Aq mu gabung!! Cranya gmana??
    Hebatt ind0nesia tanah air qu pnya sitUz pertemanan sendiri tp ingt yg bgi yg udah bkin situz ttep rendahin drimu..hee
    chay0o…!!

  2. Aq mu gabung!! Cranya gmana??
    Hebatt ind0nesia tanah air qu pnya sitUz pertemanan sendiri tp ingt yg bgi yg udah bkin situz ttep rendahin drimu..hee
    chay0o…!!

  3. Excellent Shopping For Jewelry – Then and Now
    The way we shop for Jewelry has changed drastically as well. I remember the time when I actually made a whole day of shopping for jewelry. The first question that always comes to mind is: “How can I trust the websites who sell jewelry? Safe and Secure?” First comes the “Trust Factor” for shopping for jewelry online. Next comes the “Reputation Factor”. I recommend typing into Google the name of the business. See if any negative reviews come up. If not, I would feel safe to continue shopping on this site.
    You will likely be entering your credit card information on this site, so its important to verify that is it indeed a secure website! The easiest way to tell is to look at the websites address bar. If this site has https:// before the websites domain name, then it is often secured by an SSL certificate. As you can see shopping for Jewelry online can save you a lot of time, effort, and money! The fact that the online jewelry stores usually don't have physical storefronts allow them to pass the rent and maintenance savings on to you!
    So make sure to follow the guidelines above and have a great time shopping online for jewelry!

  4. Excellent Shopping For Jewelry – Then and Now
    The way we shop for Jewelry has changed drastically as well. I remember the time when I actually made a whole day of shopping for jewelry. The first question that always comes to mind is: “How can I trust the websites who sell jewelry? Safe and Secure?” First comes the “Trust Factor” for shopping for jewelry online. Next comes the “Reputation Factor”. I recommend typing into Google the name of the business. See if any negative reviews come up. If not, I would feel safe to continue shopping on this site.

  5. Well , the view of the passage is totally correct ,your details is really reasonable and you guy give us valuable informative post, I totally agree the standpoint of upstairs. I often surfing on this forum when I m free and I find there are so much good information we can learn in this forum!
    the-boate

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

YouTube Juga Punya Trending Topics

Next Story

DailySocial mengucapkan….

Latest from Blog