Divisi Esports Madura United Resmi Diumumkan dan Siap Bersaing

Langkah ini dinilai tepat mengingat tingginya minat dan pasar esports yang terus berkembang

Perkembangan skena esports rasanya menjadi semakin seru setelah tim sepak bola Madura United FC mengumumkan bakal terjun ke ranah esports. Pengumuman ini disambut sangat baik, apalagi tim tersebut memperpanjang rentetan tim sepak bola yang menuju ke esports.

Sumber: Madura Untied Esports Instagram

Untuk nama sendiri tidak terlalu banyak perubahan yaitu Madura United Esports. Rupanya kehadiran tim ini merupakan hasil kerja sama dari Esports Academy ID bersama dengan manajemen Madura United.

Esports Academy ID sendiri memang vokal dalam menyebarkan manfaat dan perkembangan ekosistem esports, dipimpin oleh beberapa figur penting, salah satunya Edho Zell.

Sumber: Ligagame

Pengumuman tim satu ini sendiri diresmikan langsung oleh Direktur Utama Madura United, Annisa Zhafarina. Menurutnya, ada berbagai alasan menarik dan penting mengapa Madura United resmi melebarkan sayap ke skena esports.

“Karena sebenarnya esports itu di Indonesia sudah lumayan besar ya, industrinya sendiri sudah banyak peminatnya. Dan sayang kalau misalnya kita punya nama Madura United yang besar di olahraga nasional tapi kita juga enggak berekspansi enggak mikirin esports. Karena esports itu menurut saya bagus, hobi yang disukain sama anak-anak itu bisa dijadikan olahraga yang profesional gitu yang produktif,” ujar Annisa.

Sumber: Madura Untied Esports Instagram

Lalu ada juga Direktur Utama Madura United Esports, Arza Satria Djatmika, yang turut memberikan pendapatnya mengenai skena esports serta tantangan terbesar yang akan dihadapi untuk menjadi salah satu tim esports baru.

“Mungkin tantangan terbesar dari sekarang adalah Madura United Esports itu kan baru saja dibuat ya sebagai esports dan tantangannya memang banyak sekali tim esports sekarang yang sedang aktif," ujar Arza Satria.

Sumber: Madura Untied Esports Instagram

Meski belum menyajikan jajaran pemainnya, namun ada beberapa divisi yang akan dibentuk oleh Madura United Esports, seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, VALORANT, e-Football, dan FIFA.

Kehadiran Madura United Esports sendiri menambah sengitnya persaingan dan tentunya meramaikan skena esports Indonesia. Sebelum Madura United Esports, sudah banyak tim sepak bola yang terjun ke industri ini seperti Persija Esports yang baru saja mengumumkan kerja sama dengan EVOS dan membentuk Persija EVOS.